Cara Jitu Ternak Jangkrik Sukses

Posted on

Cara beternak jangkrik – Beternak jangkrik adalah salah satu komoditas dan juga salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan bagi para pencinta jangkrik serta juga burung. Usaha beternak jangkrik merupakan salah satu yang beberapa tahun ini semakin meningkat. Jangkrik merupakan jenis serangga yang mempunyai sayap serta juga memiliki suara yang sangat khas sekali. Alasan yang pertama bagi para peternak jangkrik adalah untuk mendapatkan penghasilan. Jangkrik tersebut bisa di jual dan juga bisa di gunakan sebagai salah satu bahan pakan burung peliharaan.

Cara Jitu Ternak Jangkrik Sukses
Cara Jitu Ternak Jangkrik Sukses

Di dalam beternak jangkrik hanya ada beberapa macam jenis jangkrik yang dapat di budidaya. Jenis jangkrik tersebut diantaranya yaitu kalung madu, upo, aduan, sliring alam, genggong, gangsir putih. Jenis -jenis jangkrik tersebut memang mempunyai alasan di dalam proses budidaya yang pada notabene nya yaitu sebagai bahan pakan hewan peliharaan. Cara beternak jangkrik ini memang berbeda beda. Seperti jika anda membudidayakan jenis jangkrik kalung serta juga jangkrik berjenis sliring. Berbeda dengan membudidayakan jangkrik jenis aduan, jangkrik jenis ini biasanya induknya di ambil dari alam bebas. Sedangkan untuk jangkrik jenis kalung dan juga sliring induknya serta telur jangkrik tersebut sudah banyak sekali di per jual belikan.

Dalam pelaksanaan beternak jangkrik yang paling penting sekali dan juga harus di lakukan terlebih dahulu yaitu menentukan lokasi dan juga mempersiapkan kandang yang nantinya di gunakan untuk membudidayakan jangkrik. Pemilihan lokasi untuk beternak serta juga mempersiapkan kandang jangkrik tersebut merupakan hal yang paling utama yang harus anda perhatikan. Karena 2 hal tersebut sangat penting sekali untuk menunjang hasil panen yang di dapatkan nantinya. Jadi modal utama agar usaha beternak jangkrik anda sukses yaitu mencakup 2 hal penting tersebut diantaranya adalah pemilihan lokasi dan juga mempersiapkan kandangnya.

Hal terpenting lainnya yang perlu anda perhatikan sebelum beternak jangkrik adalah suhu lingkungan. Jangkrik ini tidak tahan dengan suhu yang dingin, suhu yang dingin bisa mengakibatkan jangkrik bisa mudah mati dan juga tidak bisa tumbuh dengan optimal. Jangkrik ini juga tidak tahan dengan suhu yang terlau panas, jika suhu di lokasi tersebut terlalu panas maka jangkrik juga bisa mudah mati karena kekeringan. Jadi untuk penentuan lokasi ini di setiap daerah selalu berbeda. Jangkrik ini sangat menyukai daerah yang memiliki suhu yang tidak terlalu panas serta juga tidak terlalu dingin.

Setelah anda sudah menentukan lokasi untuk beternak jangkrik yang nyaman serta juga aman untuk kandang peternakan jangkrik. Selanjutnya anda harus membuat box/kandang jangkrik anda bisa menggunakan kardus, tripleks, kayu, bambu, serta juga alumunium. Bahan -bahan tersebut bisa nada gunakan untuk membuat kandang jangkrik sesuai dengan ukuran yang ingin anda buat.  Selanjutnya yaitu membuat media untuk membantu kelangsungan hidup jangkerik tersebut di dalam kandang. Media tersebut anda bisa menggunakan kardus bekas wadah telur, anda juga dapat menggunakan dedaunan yang sudah kering seperti misalnya daun tebu yang sudah kering, daun pisang, serta daun kering lainnya yang sangat di sukai jangkrik saat berada di alam bebas. Berikut ini ada langkah -langkah cara beternak jangkrik diantaranya yaitu:

Menentukan lokasi yang tepat untuk media hidup jangkrik (rumah box serta box pembesaran jangkrik)

Setelah menemukan dimana lokasi yang sangat cocok untuk box rumah jangkrik. Selanjutnya adalah membuat model kandang/box yang cocok dengan karakter lingkungan hidup jangkrik. Hal tersebut di lakukan karena secara garis bawah jangkrik merupakan salah satu hewan serangga musiman. Keberadaan serta populasi jenis serangga yang satu ini tidaklah selau ada di setiap musim. Namun hanya bisa hidu pada musim tertentu saja. Hal tersebut tentunya menjadi sebuah problem yang bisa menjadi hambatan bagi para peternak jangkrik pemula. Namun semua hal tersebut tidak lah menjadi sebuah masalah yang berat yang tidak ada solusinya. Berikut ini ada beberapa cara membuat setting kandang dan juga media hidup untuk jangkrik yang bebar.

  • Anda harus memilih lokasi yang sebaiknya tidak ramai dan juga sebaiknya jauh dari keberadaan aktivitas manusia.
  • Lokasi yang sudah di pilih untuk menyimpan kandang jangkrik tersebut harus mendapat sirkulasi udara agar penyesuian suhu ruangan jadi lancar.
  • Sebisa mungkin jauhkan kandang jangkrik tersebut dari keramaian suara apapun, dari binatang ternak, suara mesin dan suara berik lainnya.
  • Jauhi tempat yang menjadi aktivitas manusia, karena jangkrik ini sangat suka tempat yang sepi serta juga yang gelap.
  • Setting ruangan sebaiknya jauh dari sorot matahari langsung, usahakan lah selau dalam keadaan gelap
  • Lokasi yang baik sebaiknya jauh dari bawah pepohonan
  • Jauhkan dari kandang hewan peliharaan lainnya
  • Usahakan rumah jangkrik ini jauh dari ancaman hewan pemangsa misalnya seperti tikus, tokek, cecak, ayam, kucing, dan lain sebagainya.

Jika beberapa syarat tersebut sudah di penuhi maka langkah selanjutnya yaitu membuat kandang jangkrik yang benar.

Cara membuat rumah/gubuk untuk menyimpan kandang jangkrik

Apabila budidaya jangkrik di lakukan dengan skala besar maka gubuk/kandang jangkrik di buat dengan fungsi dan juga kegunaannya. Untuk budidaya jangkrik dalam skala kecil yang sederhana, hal tersebut bisa membuat hemat biaya awal anda dalam beternak jangkrik. Berikut ini ada cara membuat rumah/gubuk untuk kandang jangkrik yang benar dan juga hemat.

  • Untuk dapat menghemat biaya yang di keluarkan, untuk area dasar rumah cukup menggunakan tanah. Asalkan area dasar tersebut tidak becek atau kemasukan air.
  • Usahakan posisi dasar kandang jangkrik lebih tinggi, hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi masuknya air.
  • Untuk tipe kandang yang menggunakan batako, di bagian bawahnya cukup menggunakan batako dengan ukuran 1,5 meter. Dan juga di atasnya menggunakan asbes serta juga di beri angin -angin. Bisa lebih menghemat lagi jika dinding kandang menggunakan asbes dengan ketinggian 2 meter.
  • Untuk bagian atapnya usahakan menggunakan asbes
  • Untuk tinggi rumah jangkrik ini hanya sekitar 2-4 meter saja.
  • Jika pembuatan rumah kandang jangkrik sudah selesai maka langkah selanjutnya membuat kandang jangkrik nya.

Cara membuat kandang/box jangkrik

Di dalam tahap ini sebenarnya sangat mudah sekali di lakukan. Pada dasarnya anda hanya perlu membuat kandang jangkrik yang berbentuk kotak seperti peti. Cara membuat kandang/box jangkrik tersebut yaitu sebagai berikut.

  • Siapkan kayu reng, kayu reng ini untuk membuat kerangka pada kandang jangkrik
  • Siapkan tripleks untuk membuat dinding kandang/box jangkrik
  • Paku secukupnya untuk merakit kerangka serta juga untuk menempelkan tripleks tersebut
  • Siapkan semen putih serta juga lem kayu, untuk menutup celah di setiap sudut kandang tersebut
  • Solasi/lakban yang berwarna cokelat bening untuk menempelkan kardus sebagai media hidup jangkrik.
  • Untuk penutup bagian atas box anda bisa menggunakan jaring.
  • Bahan terakhir yang di gunakan yaitu terpal/plastik tebal untuk menutup kandang jangkrik di saat suhu dingin.

Cara membuat madia hidup jangkrik di dalam kandang/box

Pada tahap ini membahas tentang bagaimana membuat setting di dalam kandang/box jangkrik. Hal tersebut bertujuan agar jangkrik ini bisa merasakan kenyamanan dan juga sensasi hidup seperti berada di alam bebas. Untuk membuat media hidup jangkrik ini anda bisa menggunakan TRE. TRE adalah sebuah wadah telur yang di buat dari bahan karton, untuk budidaya jangkrik ini TRE ini sangat bagus sekali untuk di jadikan sebagai media hidup jangkrik. Jangkrik tersebut sangat menyukainya karena bisa bersembunyi di celah -celah tumpukan TRE yang sudah anda buat.

Bentuk TRE ini sangat bagus sekali untuk bersembunyi jangkrik -jangkrik tersebut. Dengan demikian jangkrik bisa merasa hidup di alam bebas seperti di dalam rongga -rongga tanah.

Perawatan dan pemberian pakan untuk ternak jangkrik

Di sini kita akan membahan tentang cara merawan jangkrik meliputi pemberian pakan serta juga minuman dengan secara benar dan tepat. Jika telur telut jangkrik sudah menetas kemudian sudah menjadi larva jangkrik. Langkat anda selanjutnya adalah memberikan pakan jangkrik tersebut dengan tepat dan juga benar. Jika larva jangkrik tersebut dapat tumbuh dengan maksimal maka dapat mempercepat pula masa panen jangkrik tersebut, serta bisa semakin tinggi pula laba yang bisa di hasilkan.

Jika panen di lakukan lebih cepat maka tentunya juga bisa menghemat biaya pakan jangkrik tersebut. Perlu anda ketahui bahwa pakan jangkrik ini tergolong tidak sedikit, memang hewan serangga yang satu ini memiliki tubuh yang kecil tetapi mereka hidup bergerombol maka banyak juga pakan yang harus di berikan.

Jenis makanan jangkrik yang tepat

Jenis makanan jangkrik yang harus di sediakan memang harus tepat jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Jenis pakan jangkrik terdiri atas pakan utama, makanan tambahan, serta juga makanan kesemuanya. Jenis -jenis makan jangkrik tersebut kini sangat mudah sekali untuk di dapatkan karena banyak sekali di jual di toko -toko pakan ternak terdekat. Berikut ini jenis makan jangkrik diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Konsentrat/poor untuk pakan ayam (pakan utama)

Konsentrat/poor ini merupakan jenis pakan utama jangkrik, jenis makan ini sangat di butuhkan oleh jangkrik agar bisa tumbuh secara optimal. Dalam memiliki jenis pakan yang satu ini sebaiknya pilih yang lembut, hal ini bertujuan agar jangkrik lebih mudah mencerna nya.

  • Sayur sayuran dan buah buahan (jenis pakan tambahan)

Pemberian jenis pakan tambahan juga sangat penting sekali dalam usaha beternak jangkrik. Hal tersebut bertujuan agar jangkrik tersebut tidak bosan dengan memakan jenis makanan yang utama saja. Jenis pakan jangkrik pendamping bisa berupa sayur sayuran, buah buahan, serta jenis dedaunan hijau yang lainnya. Pemberian pakan pendamping ini bisa lebih baik jika di berikan memiliki kandungan air yang cukup tinggi agar bisa menjadi salah satu sumber minuman untuk jangkrik itu sendiri.

Perlu anda ketahui juga bahwa di alam bebas jangkrik ini sangat suka sekali memakan dedaunan hijau yang sangat segar. Hal tersebut tentunya bisa menjadi salah satu pelajaran bagi para peternak jangkrik supaya juga memberikan jenis makanan hijau serta juga buah. Jika di alam bebas jangkrik ini sangat suka sekali dengan daun krokot. Untuk para peternak jangkrik bisa menggunakan misalnya daun pisang, daun kedondong, dan yang lainnya sebagai makanan pendamping.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *