Inilah Rahasia Agar Tanaman Tumbuh Dengan Baik Dan Tidak Gampang Mati

Posted on

Agar Tanaman Tumbuh Dengan Baik dan subur – Manusia tidak akan bisa dipisahkan dari tanaman. Rumah yang penuh dengan tanaman, bukan hanya membuat pekarangan tampak cantik. Akan tetapi, membuat udara di sekitar rumah terasa lebih segar. Akan tetapi, tidak serta merta memiliki tanaman membuat rumah jadi lebih sehat. Dibutuhkan kesabaran agar tanaman tumbuh dengan baik. Jika bisa merawat tanaman dengan baik dan tampak sehat, yang mendapatkan untung pun tentu pemilik rumah.

Inilah-Rahasia-Agar-Tanaman-Tumbuh-Dengan-Baik-Dan-Tidak-Gampang-Mati
Inilah Rahasia Agar Tanaman Tumbuh Dengan Baik Dan Tidak Gampang Mati

Nah, apa saja sih yang harus dilakukan agar tanaman tumbuh dengan baik dan tidak mudah mati? Berikut beberapa informasi yang harus Anda simak.

  1. Gunakan Abu

Jika Anda senang sekali merawat bunga, misalnya saja bunga Mawar, maka sebaiknya Anda menggunakan abu.

Perawatan ini tergolong sederhana dan murah meriah. Tidak perlu menggelontorkan biaya yang tinggi. Bahkan, bisa dikatakan bahwa cara ini sangat praktis dan mudah.

Caranya:

Siapkan beberapa batang kayu kering dan bakar untuk diambil abunya. Abu bisa ditaurkan ke akar tanaman bunga mawar. Lakukan perawatan ini paling tidak seminggu sekali dengan rutin. Hasilnya, bunga Anda pun akan tampak lebih cantik, dan subur.

  1. Gunakan Kulit Pisang

Percaya atau tidak, Anda bisa memanfaatkan kulit pisang agar tanaman tumbuh dengan baik. Mungkin anda sering dibuat putus asa karena bunga anda tampak layu, daunnya menguning dan rontok sehingga mati. Bunga-bunga yang ditanam di pot akan mengalami hal demikian sebab unsur hara yang sangat sedikit. Akibatnya, tanah menjadi kurang subur.Menggunakan kulit pisang bisa menjadi solusi agar tanaman lebih subur.

Caranya:

Siapkan kulit pisang dan simpan dalam beberapa hari. Jika sudah tampak cokelat dan mengering, tumbuk sampai lembut. Gunakan tumbukan tersebut untuk ditaburkan di tanaman bunga Anda ketika pagi dan sore.

  1. Gunakan Ampas Kelapa

Tanaman yang tumbuh dengan baik adalah tanaman yang mudah sekali berbuah dan tidak lamban dalam produktivitasnya. Ketika anda membeli tanaman buah di pasar dan menanamnya disekitar pekarangan rumah, anda mungkin bingung karena tanaman tidak kunjung berbuah.

Caranya:

Gunakan ampas kelapa untuk membantu tanaman agar cepat berbuah. Jika setelah memasak apapun, jangan buang ampas kelapa tersebut. Gunakan ampas kelapa untuk dijadikan pupuk sebanyak dua kali tiap minggunya.

  1. Perhatikan Cara Memupuk Tanaman Yang Benar

Hanya karena pupuk mampu membuat tanaman tumbuh subur, bukan berarti semakin banyak pupuk yang anda berikan, maka semakin besar pula tingkat kesuburannya. Pupuk memang sangat penting untuk tanaman apapun. Akan tetapi, memberikan pupuk juga harus sesuai dosis. Artinya, tanaman membutuhkan takaran yang tepat ketika anda memberinya pupuk.

Caranya:

Tanaman yang baru ditanam dan masih pada fase pertumbuhan vegetatif, maka bagusnya adalah menggunakan pupuk yang memiliki unsur nitrogen yang tinggi. Akan tetapi, jika tanaman tersebut adalah generatif, maka pupuk yang bagus untuk tanaman adalah pupuk yang memiliki unsur fosfor yang tinggi. Jadi, pastikan anda tidak mengimplementasikannya secara terbalik.

  1. Gunakan Tanaman Pengusir Hama

Hama serangga adalah faktor pertama mengapa tanaman anda tidak bisa tumbuh dengan baik dan mudah sekali rusak bahkan sampai mati. Pencegahan terbaik yang bisa anda lakukan adalah pencegahan alami.

Caranya:

Anda harus menambahkan beberapa bunga seperti generanium, aster, kristan dan nasturtium yang ada di sekitar pekarangan anda. Semua bunga tersebut membuat serangga menjauh karena bau dan zat yang terkandung didalamnya. Bukan hanya itu,dengan tambahan bunga-bunga tersebut maka tanaman anda pun akan tampak cantik.

  1. Gunakan Ampas Teh

Agar tanaman tumbuh dengan baik, maka sebaiknya anda menggunakan ampas teh. Ampas teh besar sekali manfaatnya. Sebab, anda bisa menggunakannya untuk membuat tanaman hias anda tampak subur, lebih sehat dan bisa membantu tanaman cepat berbuah.

Caranya:

Jika anda memiliki tanaman hias yang ditanam dalam pot, anda hanya perlu menggunakan ampas tersebut untuk ditabur di sekitar akar tanaman dan sedikit dibenamkan dalam tanah. Cara ini juga berlaku untuk teh celup sehingga anda harus membuang bungkusnya.

  1. Gunakan Kulit Bawang

Setiap hari, semua orang menghabiskan waktu paginya untuk memasak dan mengolah masakan juga tidak terlepas dari tambahan bawang merah dan bawang putih. Biasanya, ketika memasak kita sering membuang kulit bawang begitu saja. Padahal, manfaat kulit bawang untuk tanaman sangatlah besar. Kulit bawang tersebut bisa digunakan untuk pupuk organik tanaman.

Caranya:

Kumpulkan kulit bawang merah dan bawang putih. Rendam semua kulit tersebut kedalam air dalam semalam. Besoknya, anda bisa menyiramkan air tersebut termasuk dengan kulit bawangnya ke tanaman anda. Cara ini harus dilakukan secara rutin agar tanaman tetap subur.

  1. Gunakan Es Batu

Agar tanaman tumbuh dengan baik, maka dibutuhkan penyiraman secara rutin. Untuk tanaman bunga di dalam pot gantung, anda mungkin sering mengeluh karena ketika disiram, yang ada malah membuat lantai depan rumah jadi kotor, sebab air yang meresap menetes dan mengotori lantai. Anda bisa menggunakan es batu untuk menjaga tanaman tersebut tetap mendapatkan air yang sesuai dan tidak mati kekeringan.

Caranya:

Siapkan es batu untuk diletakkan di bawah tanaman. Es batu perlahan demi perlahan akan mencair sehingga bisa terserap secara optimal dan tidak akan menetes ke lantai. Dengan cara ini maka tanaman masih bisa mendapatkan supplai air yang cukup untuk tetap subur dan sehat.

  1. Gunakan Cabe Keriting

Di sekitar rumah anda, mungkin anda merasa sebal bahwa tanaman yang anda sayangi seringkali dihinggapi hama. Jika dibiarkan, maka tentu saja hama-hama tersebut akan membuat tanaman menjadi rusak. Cara yang paling praktis dilakukan adalah menggunakan cabe keriting. Anda bisa menggunakan cabe keriting sebagai pestisida alami dan ramah lingkungan.

Caranya:

Siapkan segenggam cabe keriting dan gunakan blender untuk menghaluskan. Cara lainnya adalah dengan ditumbuk. Kemudian, campur cabe yang sudah halus tersebut dengan 500 ml air. Jemur campuran tersebut dibawah sinar matahari dalam beberapa menit. Lalu saring dan ambil larutan cabe untuk dimasukkan kedalam botol semprotan. Pestisida alami ini dapat anda gunakan untuk mengusir semua hama yang merusak tanaman Anda.

  1. Gunakan Cangkang Telur

Telur adalah sumber protein dengan harga terjangkau dan juga sangat mudah diolah dalam berbagai menu. Limbah cangkang telur seringali dibuang begitu saja. Padahal, manfaat cangkang telur sangat bagus untuk tanaman. Cangkang telur memiliki kandungan kalisum yang cukup tinggi. Sehingga, memberikan cangkang telur untuk tanaman dapat membantu memperkuat tangkai.

Caranya:

Kumpulkan semua cangkang telur dan keringkan agar sisa putih telur tidak ada sama sekali. Semua cangkang telur dihancurkan sampai halus hingga menjadi serbuk. Gunakan serbuk ini untuk disebar disekeliling tanaman. Perawatan ini bisa dilakukan sebanyak sebulan sekali. Sehingga, anda memiliki cukup waktu untuk mengolah limbah cangkang telur.

Baca Juga :

Itulah informasi dan kiat-kiat tentang bagaimana agar tanaman tumbuh dengan baik. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *