Cara Teknis Budidaya Ikan Koi Berhasil

Posted on

Panduan teknis budidaya ikan koi – Koi nerupakan sejenis ikan yang biasanya digunakan sebagai ikan hias. Koi berasal dari bahasa jepang yang memiliki arti ikan karper atau bisa di sebut dengan ikan karper yang memiliki sulaman emas dan perak. Ikan koi di jepang menjadi spesial karena melambangkan persahabatan dan cinta. Ikan koi memiliki banyak warna, pola dan ukurannya. Untuk warna koi adalah hitam, putih, merah, kuning, biru dan krem sedangkan jenis ikan koi adalah kohaku, taisho sanshoku dan show sanshoku.

Cara Teknis Budidaya Ikan Koi
Cara Teknis Budidaya Ikan Koi

Ikan koi memang memiliki sedikit peminat di Indonesia tetapi seiring waktu peminat ikan koi akan terus bertambah. Ikan yang termasuk jenis ikan mas ini sangat mudah untuk dibudidayakan sebagai ikan yang termasuk memiliki harga di pasaran. Salah satu harga yang cukup tinggi adalah jenis tancho sanke doitsu yaitu dengan ukuran 31 – 35 cm di pasaran bisa sampai dijual dengan harga 350000 / ekor.

Baca juga :

Langkah Budidaya Ikan Koi

Memilih Induk Ikan Koi

Hukum umum dalam budidaya baik itu tumbuhan maupun hewan adalah memilih induk yang bagus sebab keturunan akan juga bagus hal ini karena faktor genetik. Untuk mendapatkan induk berkualitas biasanya agak sulit sebab hanya bagi yang hobi terhadap ikan koi lah yang memiliki induk berkualitas diatas rata-rata.

Mengapa para pehobi ? Sebab mereka yang hobi akan ikan akan memilih yang bagus untuk dikonteskan. Memiliki induk bagus namun tidak memiliki keturunan selanjutnya bukankah rugi, maka mengawinkan adalah salah satu cara yang tepat agar ada tumbuh bibit-bibit baru yang juga bagus.

Untuk mendapatkan bibit koi silahkan untuk berkompromi sendiri dengan pemilik ikan dan hasil biasanya pemilik bibit dapat mengambil salah satu hasil dari perkawinan tersebut. Tetapi perlu di catat ada beberapa spesifikasi induk yang baik untuk menghasilkan keturunan yang juga baik yaitu :

  • Umur yang sudah melebihi 2 tahun
  • Jenis ikan koi yang sama
  • Memiliki tubuh ideal, Anda bisa insting dalam hal ini
  • Jika didalam air umumnya ikan bagus akan tenang dan seimbang
  • Memiliki warna kontras atau terang
  • Memiliki pergerakan gesit dan tidak pasif di dasar kolam
  • Sehat

Pemeliharaan induk ikan koi

Untuk pemeliharaannya mohon di perhatikan kolam tempat penampungan induk koi. untuk kedalaman minimal 150 cm jika bisa membuat lebih dalam maka lebih baik. Sedangkan luas memiliki ukuran 4×5 meter dengan isi ikan 20 induk betina dan 40 induk jantan. Mengapa pejantan lebih banyak ? sebab ikan koi jantan memiliki ukurang yang lebih kecil.

Agar tidak perlu mengalami pemberokan lagi maka solusinya adalah induk jantan dan betina harus di pisahkan dalam kolam hal ini dilakukan setelah masa kawin atau ketika induk betina sudah hamil. Untuk pemilihan makanan pilihlah makanan pelet dan berikan makan pada induk sebanyak 3-5% dari bobot tubuhnya. Pemberian makanan pada ikan koi ini adalah 4-5 kali dalam sehari.

Jika pemeliharaan induk ikan koi sudah secara prosedur yang benar atau seperti langkah diatas kemungkinan besar ikan-ikan tersebut akan mendapatkan keturunan yang sama atau bahkan lebih baik. sehingga alam hal ini harus teliti. Tetapi langkah yang kita lakukan belum selesai ada beberapa langkah lagi yang mesti di ikuti untuk budidaya ikan koi ini.

Pemijahan ikan koi

a. Tempat pemijahan

Untuk pembuatan kolam akan lebih baik terbuat dari semen dan memiliki kedalaman 60cm dengan ketinggian air yaitu 40 cm dengan dalam dan ketinggian air seperti itu maka ukuran yang tepat adalah 3×6 meter.

Untuk masalah air masuk dan keluar sebaiknya sangat di perhatikan. berilah saringan kecil baik pada air yang masuk maupun keluar. Fungsi atau manfaatnya adalah agar tidak ada hama yang masuk ke kolam yang akhirnya merusak telur dari ikan koi dan fungsi saringan untuk air keluar agar bibit-bibit ikan koi yang masih menjadi telur tidak ikut hanyut keluar.

Sebelum kolam di isi dengan air sebaiknya kolam di keringkan dan di panaskan dahulu agar bibit penyakit yang bisa membuat gagal ikan koi gagal memperbanyak keturunan. Sedangkan air yang di pergunakan harus diendapkan dahulu selama 24 jam.

Ikan koi adalah ikan yang gemar menempelkan telur nya pada tempat-tempat di sekitaran air, oleh karena itu sebaiknya buatkan tempat yang bisa di  buat dari ijuk atau beri tanaman air lainnya yang bisa di manfaatkan oleh induk ikan koi.

Karena ikan juga perlu oksigen maka akan lebih baik jika kolam tempat penampungan ikan koi anda berikan aerotor, dengan memberikan alat ini maka pemberian oksigen akan maksimal kepada induk ikan koi.

b. Proses pemijahan

Pada tahap ini adalah tahap dimana memasukkan bibit bibit ikan koi baik ikan koi betina maupun pejantan. Akan tetapi yang di dahulukan adalah bibit betina dari ikan koi. biarkan ikan koi betina masuk terlebih dahulu ke dalam kolam tempat pemijahan dan beradaptasi supaya tidak mengalami ikan stres yang berakibat gagalnya bertelur.

Untuk memasukkan induk jantan kurang lebih 2-3 jam setelah induk betina di masukkan kedalam kolam. untuk perbandingannya ikan betina satu senangkan jantan 3-4 ekor hal ini agar meminimalisir kegagalan dalam proses pemijahan.

Pemijahan biasanya akan berlangsung pada malam hari dimana induk betina akan di kejar oleh induk jantan.  Dalam proses pengejaran betina akan menyemrotkan telur di tempat-tempat yang sebelumnya di sediakan. Dan pada saat itulah pejantan akan membuahi telur tersebut.

Jika proses Peijahan ini selesai maka langkah yang bisa di lakukan adalah mengangkat sebua induk dalam kolam pemijahan baik betina maupun jantan hal ini bertujuan agar telur-telur tadi tidak di makan oleh indukan.

c. Penetasan larva

Larva dari ikan koi tadi yang menempel pada tempat-tempat tersedia dan akan menetas dalam waktu 48 jam namun dengan syarat suhu air antara 27-30 derajat celcius. Jika suhu air kurang dari yang di tentukan maka penetasan akan lebih lama. sebaliknya jika suhu melebihi yang di standar kan maka telur tidak akan menetas bahkan cendrung mengalami pembusukan.

Usahakan tempat tempat penetasan lava tadi selalu terendam air oleh karena itu berilah beban yang bisa membuatnya tenggelam sehingga tidak ada yang di atas permukaan.

Setela menetas maka segera angkat tempat penampungan lava tersebut. Bibit yang baru menetas tadi bisa bertahan hingga 4 hari tanpa makanan karena masih memiliki cadangan makanan. Namun setelah persediaan makanan habis bibit ikan koi membutuhkan makanan.

Makanan ikan koi adalah kuning telur yang sudah di rebus. Pemberian makan pada ikan koi dengan telur kuning tidak di rekomendaskan karena dapat membuat kolam kotor dan membuat bibit ikan mati. oleh karena itu harus segera di bersihkan bila kolam kotor.

Ada jenis makanan lain yang lebih baik daripada kuning telur yaitu kutu air (daphnia dan moina) yang telah disaring. Penyaringan kutu dilakukan hingga burayak berukuran 1 cm.

Bila sudah semakin besar maka makanan kutu air tidak usah lagi di saring bahkan Anda bisa memberi jenis makanan lain seperti udang artemia dan cacing sutera. Pemberian makan bisa berlangsung selama 3 minggu dan bila sydaj waktunya bisa anda pindahkan ke kolam pendederan.

d. Pendederan

Langkah ini untuk langkah yang memelihara ikan koi yang sudah berumur 3 minggu. Pada umur ini ikan koi sudah mencapai 15 cm. Untuk ukura kolam buatlah kolam 3×4 meter dengan kedalaman 40cm. kolam seukuran ini bisa menampung ikan koi sebanyak 250-300 ekor.

Umur ikan koi yang sudah mencapai 3 minggu maka pemberian makan sudah bia dilakukan dengan memberikan pelet yang memiliki ukuran kecil. Biasanya 1 ons pelet sudah bisa memberi makan 100 ekor ikan koi. untuk pemberian makan ikan koi adalah 2 kali dalam sehari dan jangan lupa sesekali untuk memberikan makan cacing sutera atau udang artemia.

Jika umur ikan koi sudah mencapai 3 bulan maka pemberian pelet sudah bisa di lakukan dengan ukuran besar. Untuk mengetahui ikan koi sudah kenyang atau tidak biasanya akan ada tersisa pelet yang ada di kolam tersebut. Pemberian makan kan koi 2-3 kali dalam sehari.

e. Penyortiran ikan koi

Pernyotiran ikan koi bisa dilakukan sati masih umur 3 bulan. Peryotiran bisa di lakukan berdasarkan warna dan bentuk. kecil dengan yang kecil dan ukuran besar dengan yang besar.

Ikan koi akan memiliki harga yang tinggi jika ikan memiliki sifat renang yang tenang namun mantap. Untuk warna juga dapat mempengaruhi harga jual ikan koi itu sendiri.  Untuk bentuk yang bagus ikan koi badannya membulat seperti peluru tidak terlalu panjang.

Warna yang cerah dan tegas dalam setiap batas pada ikan koi adalah salah satu ciri ikan koi yang bagus. Tetapi tidak hanya dari segi warna karena harus seimbang dengan bentuk tubuh dan ukuran juga.

Bila semuanya seimbang baik dari warna, bentuk tubuh, dan pergerakan yang tenang maka ini bisa menjadi hasil yang maksimal dalam budidaya ikan koi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *