Cara membuat kolam ikan mudah dan sederhana

Posted on

Cara membuat kolam ikan mudah dan sederhanahijautani.com : Membuat kolam ikan sendiri di halaman rumah akan menjadikan kamu hemat biaya selain itu pengawasan juga mudah. Dengan perawatan maksimal kolam dekat dengan perkarangan rumah akan mudah untuk di percantik dengan berbagai tumbuhan hias.

kolam ikan hias halaman rumah
kolam ikan hias halaman rumah

Membuat kolam sederhana yang cantik diperkarangan rumah memang hal yang harus kamu ketahui dan coba. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan bila memilikinya. Misalnya saja bisa untuk menghilangkan stres, membuat ada tempat untuk melihat kehidupan lain (kehidupan ikan & tumbuhan yang menghiasi)

Oleh sebab itu mari kita bahas tentang membuat kolam ikan sederhana diperkarangan rumah yang mungkin cara-cara di bawah ini bisa menjadi refrensi bagi kita semua untuk menemukan ide terbaru seputar pembuatan kolam ikan yang sederhana tetapi terlihat cantik dan indah.

Membuat kolam ikan dari beton

Banyak cara yang bisa di lakukan untuk membuat kolam ikan sederhana baik itu bahan, langkah dan tips. Untuk yang pertama kita membuat kolam ikan dari bahan beton. Adapun persiapan yang harus di siapkan adalah sebagai berikut ini :

1. Sisa Batu Bata
2. Plastik
3. Semen dan pasir kalau ada

Langkah yang harus dilakukan oleh kamu adalah membuat sebuah lubang yang sudah di rencanakan sebelumnya baik itu tempat, bentuk dan ukuran. Anda bebas membuat ukuran yang bisa di sesuaikan dengan luas tanah. Untuk bentuk bisa persegi, persegi panjang atau segitiga dan lingkaran.

Bila sudah melakukannya maka segera lakukan pekerjaan. jika sudah terbentuk maka jangan lupa untuk meletakkan plastik yang sudah tersedia pada lubang yang sudah anda gali tadi.

membuat kolam ikan
membuat kolam ikan

memakai plastik membuat atau meminimalisir terjadinya keretakan baik itu terjadi pada dinding kolam maupun pada dasar kolam. Keretakan yang terjadi pada dasar maupun dinding dapat membuat kolam menjadi rusak dan longsor pada bagian samping.

Jika sudah memberikan plastik dan beres maka sekarang kamu bisa langsung memasang bata pada atas plastik kolam ikan tersebut :

Proses peletakkan Bata
Proses peletakkan Bata

Jika sudah lengkap pemasangan bata dan plastik maka kamu sekarang bisa langsung menyemennya. Jika memang kurangnya dana untuk membeli semen dan pasir kamu tidak usah khawatir menggunakan bata saja bisa dengan syarat harus rapi dalam pemasangan bata agar kuat antara sisi satu dengan yang lainnya.

Untuk jenis plastik yang di gunakan bisa memilih plastik yang khusus untuk ikan. Banyak jenis plastik yang bisa di gunakan untuk membuat kolam ikan. Untuk merek yang sudah terkenal bermerek Trash Bag atau plastik ikan (Packing Fish) yang warnanya bening.

Produk Packing Fish ini sudah banyak di gunakan oleh para pengusaha ikan di seluruh Indonesia jadi mungkin rekomendasi dari hijautani.com adalah plastik tersebut.

Jangan lupa untuk memperindah kolam ikan berilah tanaman hias yang baik di sekitaran kolam yang Anda buat. dan jangan sampai memilih tanaman hias beracun untuk kolam ikan kamu.

Langkah terakhir yang bisa di lakukan adalah memastikan kolam ikan yang di buat sudah kokoh untuk menampung air, melihat atau menganalisis bahwa tidak ada lagi kebocoran di sisi kolam dan Pastikan sudah ada rencana ikan yang akan di siapkan untuk kolam tersebut dan  pastinya jenis ikan tawarlah yang cocok masuk pada kolam yang kamu buat.

Berikut ini adalah beberapa contoh kolam ikan di perkarangan rumah yang cantik yang bisa di jadikan refrensi bagi  kamu:

contoh kolam ikan 2
contoh kolam ikan
contoh kolam ikan 3
contoh kolam ikan 2
contoh kolam ikan
contoh kolam ikan 3

Itulah beberapa penerapan pembuatan kolam ikan yang sederhana namun tetap terlihat cantik dan indah semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu dalam pembuatan kolam ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *