Cara Budidaya Melon lengkap dan Sukses

Posted on

Sebelum membahas bagaimana budidaya lemon lengkap dan sukses tidak ada salahnya kita mengenal sedikit tentang buah melon itu sendiri. Pasti disini sudah tahu bentuk buah melon tetapi melon itu buah seperti apa sih, apakah buah melon sama dengan buah lainnya ?

Buah Melon - Menanam buah Melon yang Menghasilkan
Buah Melon – Menanam buah Melon yang Menghasilkan

Buah melon merupakan buah yang masuk kedalam suku labu-labuan dan termasuk tanaman sekaligus buah-buahan yang menghasilkan dan pastinya hasil yang dapat di manfaatkan bagi manusia. Buah melon dapat di manfaatkan sebagai campuran jus buah serta isi atau daging buah melon ini memiliki tekstur lunak yang berwarna putih hingga merah.

Budidaya atau menanam buah melon memang mudah karena banyak cara yang bisa kita temukan di internet. tetapi jika sampai alah dalam memilih cara bukannya buah melon tumbuh subur dan menghasilkan justru rugi karena hama tumbuhan.

Menanam Melon yang berhasil di perkarangan rumah tentunya di bagian belakang atau samping rumah akan memiliki beberapa manfaat yang tidak akan di dapatkan bila tidak menanam melon yaitu :

  1. Sebagai tempat refresing.
  2. Buah melon yang cukup mahal sehingga jika memiliki ladang sendiri bukankah kita tidak perlu membeli dan hanya cukup mengambil langsung dari kebun sendiri.
  3. Jika memang tidak habis di konsumsi bisa di jual atau untuk bermanfaat bagi orang lain kita bisa berbagi untuk saudara, keluarga, tetangga dan yang lainnya.
  4. Mengkonsumsi buah hasil tanaman sendiri akan lebih puas dari pada membeli di pasar.

Menanam melon dalam pot/polybag jelas berbeda dengan menanam pepaya california karena ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi sebelum menanam di antaranya adalah sebagai berikut ini :

Persiapan Media Tanam pot/polybag

> Untuk menjadikan melon berhasil dalam melakukan budidaya atau penanaman dalam pot/polybag pastikan tanah yang di gunakan mengandung banyak unsur hara dan memiliki unsur tanah yang gembur. Tidak lupa untuk mencampurkan beberapa jenis kedalam polybag seperti campuran tanah, pupuk kandang, sekam bakar/arang sekam dan sekam mentah. Dari antara semua jenis bahan tersebut harus memiliki perbandingan tidak bisa semua bahan memiliki ukuran yang sama. Adapun perbandingannya adalah 3:2:1:1.

> Untuk pH media tanam melon haruslah tepat pemberiannya. Tanaman melon akan tumbuh baik jika pH antara 6-7 dan jika di rasa kurang bisa menambahkan dolomit untuk meningkatkannya. Untuk mengukur pH bisa menggunakan pH meter.

> Tanah yang tepat untuk melakukan penanaman melon ini adalah tanah yang berada di atas permukaan. Ada beberapa jenis tanah yang sangat direkomendasikan yaitu tanah dekat dengan pembakaran sampah atau tanah yang berada di atas rumpun bambu.

> Untuk hasil yang maksimal pastikan tanah yang di pilih sudah di bersihkan baik dari akar-akar, sampah, dan sisa bahan organik lainnya.

> Media yang sudah anda siapkan untuk menanam tumbuhan tadi jangan langsung ditanamai biarkan hingga lima hari sampai media dingin dan hindari dari hujan.

Persiapkan Pot/Polybag yang akan digunakan

Media tanam bisa menggunakan pot/polybag seperti bekas jerigen atau bahan yang lainnya. Sedikit informasi penting akar melon memiliki pertumbuhan yang banyak dan panjang sehingga media tanam yang kecil akan mempengaruhi maka pilihlah pot/polibag yang berdiameter 40cm.

Bibit Melon dalam Pot/Polybag

Contoh Semai Melon
Contoh Semai Melon

> Bibit melon bisa di dapatkan dengan membeli baik secara offline maupun online. Bila berjumlah besar lebih baik untuk untuk membeli di toko pertanian disekitar kota dimana Anda tinggal saja.

> Untuk bibit sebaiknya dilakukan semai dahulu agar pertumbuhan lebih cepat.

> Rendam bibir melon yang sudah disiapkan kedalam air hangat selama 2 jam, jika sudah bungkus menggunakan kertas koran namun sebelumnya kertas koran harus sudah di basah dan bibit hasil rendaman harus sudah ditiriskan.

> Koran yang sudah membungkus benih tadi simpan lagi ke dalam plastik hitam dan simpan di tempat kering dan juga gelap selama 24 jam.

> Jika sudah tumbuh kecambah dari benih yang sudah di gelapkan tadi maka saatnya melakukan penanaman di media semai dan jangan lupa untuk melubangi media tanam semai untuk meletakkan benih melon tersebut.

> Pastikan dan hati-hati jangan sampai benih yang sudah tumbuh menjadi patah. Jika sudah satu minggu maka benih sudah siap di pindahkan ke media tanam yang lebih besar. Untuk Catatan : Pencampuran tanah semai adalah tanah dan pupuk kandang yang memiliki perbandingan 3:1

Penanaman bibit ke dalam Pot/polybag

> Penanaman bibit yang sudah di semai dalam 1 minggu bisa langsung di pindahkan.

> Lubangi wadah atau pot sebesar polybag saat semai dan jangan sampai membuat bibit melon patah.

> Untuk menghindari ke layuan akan lebih baik melakukan penanaman pada sore hari. Jangan lupa untuk menyiram dahulu media tanam bibit lemon.

> Penanaman yang sudah siap bisa di letakkan langsung pada sinar matahari.

Pemeliharaan tanaman Melon

Jika semuanya sudah selesai maka saatnya untuk melakukan perawatan dan pemeliharaan untuk calon tumbuhan melon yang ditanam. Langkah-langkah yang bisa di lakukan adalah sebagai berikut ini :

Lanjaran atau Anjir - Ilustrasi
Lanjaran atau Anjir – Ilustrasi

> menyiapkan langsung ajir-ajir untuk di letakkan pada media tanam yang sudah kita siapkan. lihat gambar di atas sebagai contoh ajir atau lanjaran.

> Jangan lupa untuk melakukan penyiraman sebab melon adalah tumbuhan yang memerlukan air. Sebaiknya jangan juga terlalu banyak yang justru akan membuat busuk batang. Anda bisa mengira mengira seberapa banyak air tersebut tergantung tingkat kelembapan.

> Selalu membersihkan media tanam baik dari rumput liar maupun tanaman pengganggu lainnya.

Pemangkasan dan pemeliharaan

> Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan pada batang melon. Pemangkasan dilakukan di bagian cabang atau tunas pertama hingga ke enam. Tidak lupa daun yang terkena penyakit atau mengering juga di lakukan pemangkasan.

>  Calon buah yang dapat di pelihara adalah cabang nomor tujuh keatas, sehingga pada bagian ini perlu benar-benar di lakukan perawatan dengan baik.

> Pilihlah calon buah yang memiliki ukuran dan bentuk paling bagus. Biasanya dalam satu pohon akan tumbuh 2-3 buah melon saja tergantung dari kondisi pohon itu sendiri.

Pemupukkan Tanaman Melon

Takaran Pupuk Lemon
Takaran Pupuk Lemon

Pemupukan adalah hal penting dalam melakukan penanaman agar panen yang di hasilkan maksimal. Adapun pupuk yang cocok untuk tanaman melon adalah NPK 16:16:16 dan pupuk KNO3. Pemupukan dilakukan dari masa awal hingga akan panen. Adapun dosis yang di butuhkan adalah sebagai berikut ini :

Pupuk Melon
Pupuk Melon

Pengendalian hama dan masa Panen

Pengendalian hama dalam menanam pohon melon supaya berbuah sangat penting sebab hama sangat buruk dan mengganggu tumbuhan. Untuk tanaman melon pada umumnya biasanya menggunakan Pestisida nabati dan fungisida untuk pengendalian jamur.

Anda bisa menyemprotkan bahan tersebut pada tanaman yang di rasa atau perlu melakukan perawatan lakukan penyemprotan 4-5 hari sekali.

Untuk masa panen atau buah yang bisa di panen adalah 90 hari dari masa tanam. Adapun ciri-ciri lain adalah buah mulai harum khas melon, Retakan-retakan kecil pada melon, dan jaring-jaring mulai terlihat jelas pada melon pada saat inilah tepat untuk melakukan pemanenan.

Proses Panen Melon
Proses Panen Melon

Untuk Menambah Wawasan maka akan kami berikan beberapa informasi mengenai jenis melon yang ada dan tumbuh :

  1. Inodorus – Memiliki ciri lonjong dan bulat, Tidak memiliki khas aroma atau memiliki aroma netran. buah yang Berwarna putih hingga kuning
  2. Raticalatus – Adalah melon yang memiliki peminat paling banyak, memiliki aroma khas melon dan memiliki daging berwarna putih hingga kuning.
  3. Cantalupensis – Merupakan melon yang memiliki bentuk gelombang, aroma kuat dan Warna buah yang berwarna kuning.

Demikianlah informasi mengenai penanaman melon pada pot/polybag semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam melakukan budidaya tanaman melon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *