Cara Mudah Ternak Lovebird Koloni Agar Berhasil Untuk Pemula

Posted on

Akhir-akhir ini, banyak sekali peminat burung kicau yang memutuskan untuk berternak burung lovebird. Selain sebagai burung kicau, lovebird banyak diminati karena warnanya yang menarik, sehingga sangat cocok dijadikan burung hias. Kepopulerannya yang terus meroket membuat hampir para peminatnya tersebar di seluruhI Indonesia.

Anda mungkin sudah biasa ketika mendengar ada kontes lovebird untuk lomba kicau dan warnanya. Bagi yang sudah mahir, ternak lovebird koloni bukanlah hal yang sulit. Namun, hal ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi pemula.

Ternak Lovebird Bagi Pemula
Ternak Lovebird Bagi Pemula

Memilih Indukan Lovebird

Berternak lovebird dimulai dengan memilih indukan yang sudah siap. Anda harus mencari indukan betina dan jantan yang berkualitas. Kemudian, cara menjodohkan sepasang lovebird adalah dengan direndengkan. Cara ini sangat penting agar kedua indukan bisa melihat satu sama lain. Perhatikan apakah keduanya sudah akrab atau tidak. Jika sudah tampak cocok, anda bisa meletakkan keduanya dalam satu kandang. Hal paling menantang dalam tahap ini adalah Lovebird terkadang suka pilih-pilih pasangan. Sehingga, meskipun anda sudah menyatukan keduanya dalam waktu lama, keduanya tidak akan kawin.

Itulah mengapa ternak lovebird koloni bisa dicoba sebagai cara efektif supaya Lovebird bisa menemukan jodohnya sendiri. Ternak dengan sistem ini membuat anda tidak perlu pusing mencarikan jodoh.

Cara Berternak Lovebird Koloni

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk anda yang ingin berternak lovebird dengan sistem koloni. Berikut beberapa langkah yang bisa anda coba di rumah.

  1. Siapkan Kandang Yang Sesuai

Anda akan meletakkan beberapa burung Lovebird di dalam kandang ini. Jadi, pastikan bahwa kandang yang disiapkan mampu memberikan ruang bebas untuk semua burung. Kandang yang ditambahkan bisa mengikuti selera anda, selama burung memiliki ruang gerak yang cukup besar. Glodok atau sarang lovebird juga harus ditambahkan sesuai dengan banyaknya pasangan. Akan lebih baik jika anda menambahkan dalam jumlah yang lebih, bukan kurang.

  1. Siapkan Beberapa Indukan Yang Cukup Umur

Indukan yang cukup umur bisa disiapkan untuk mengisi kandang. Pilih berdasarkan kualitas burung yang menurut anda paling bagus. Agar hasilnya lebih bagus, sebaiknya anda meletakkan lima pasang Lovebird dalam kandang tersebut. Jika kandang tampak penuh, anda bisa menguranginya menjadi sekitar 3 pasang Lovebird.

Indukan yang sudah siap bisa diletakkan dalam kandang. Anda bisa menaruh Lovebird yang sudah pasangan atau yang masih belom berjodoh. Dengan demikian, Lovebird yang tidak memiliki jodoh akan menemukan jodohnya sendiri di kandang tersebut.

  1. Perhatikan Kebersihan Kandang

Perawatan adalah hal penting agar Lovebird anda tetap sehat dan bebas dari penyakit. Caranya adalah dengan rutin membersihkan kandang Lovebird. Anda juga harus memberikan makanan yang sesuai untuk kebutuhan gizi, seperti kangkung atau jagung muda.

Nah itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin memulai ternak lovebird koloni.

Keuntungan Ternak Lovebird Koloni

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan jika ingin mencoba berternak lovebird dengan sistem koloni. Berikut ulasannya.

  1. Hemat Dana Dan Tempat Kandang

Membuat kandang untuk Lovebird koloni dapat menghemat dana dan menghemat tempat kandang itu sendiri. Biayanya menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan harus membeli masing-masing kandang untuk setiap indukan.

Jika dilihat, biaya untuk satu kandang ternak bisa mencapai hingga 130.000 ribu rupiah. Ketika anda mempunyai hingga 10 indukan, total biaya untuk beli kandang ternaknya bisa mencapai hingga 1.300.000 ribu rupiah. Semua uang ini harus anda gelontorkan hanya untuk membeli kandangnya. Berbeda dengan mempunyai satu kandang koloni yang mampu menampung 10 sampai 20 indukan. Itulah mengapa sebaiknya anda membuat kandang yang besar supaya dapat menampung semakin banyak indukan dan memangkas pengeluaran anda.

  1. Memiliki Ruang Gerak Bebas dan Burung Tidak Mudah Stres

Lovebird yang diletakkan di kandang koloni tentu tidak akan mudah stress. Hal ini dikarenakan banyak teman dan ruang geraknya lebih besar dibanding di kandang. Sehingga, Lovebird yang diletakkan di kandang koloni tentu tidak mengalami masalah kegemukan.

  1. Lebih Mudah Memberi Pakan Dan Minum

Saat memberi pakan dan minum pada Lovebird, bisa lebih cepat jika diletakkan di kandang koloni. Sehingga, akan menghemat waktu anda. Selain itu, memiliki kandang koloni untuk Lovebird membuat anda bisa membersihkan kandang dalam satu waktu saja. Berbeda jika anda menggunakan kandang untuk tiap sepasang Lovebird, sehingga anda harus memiliki waktu lebih banyak untuk membuka masing-masing kandang ketika ingin memberi pakan, minum, atau membersihkannya.

  1. Jumlah Telur Menetas Lebih Banyak

Pada kandang koloni, jumlah telur Lovebird yang menetas bisa lebih banyak dibandingkan pada telur di kandang satu pasang. Hal ini dikarenakan burung di kandang koloni tidak akan mudah stress dan memiliki ruang gerak yang lebih besar.

Kekurangan Ternak Lovebird Koloni

Nah, anda sudah tahu banyak tentang apa saja kelebihan yang bisa anda punya dari beternak burung Lovebird secara koloni. Namun, ketika anda menggunakan sistem koloni, tentu saja ada kelemahan yang harus anda perhatikan walaupun kelemahannya tidak banyak.

Kelemahan berternak lovebird di kandang koloni adalah ketika salah satu lovebird sedang sakit, maka bisa menular pada yang lain. Misalnya saja, jika salah satu lovebird terkena flu burung, maka resiko yang lain pun bisa tertular. Itulah mengapa anda harus mengantisipasinya.

Antisipasi atau pencegahan terhadap penyakit penular saat ternak lovebird secara koloni bisa dilakukan dalam beberapa hal. Berikut adalah hal-hal yang harus anda perhatikan ketika salah satu lovebird sedang terkena penyakit tertentu.

  1. Jika salah satu lovebird tampak tidak sehat, segera ambil dan karantina. Pisahkan burung tersebut di kandang sendiri. Anda bisa meletakkannya di kandang kapsul atau kandang ternak. Kemudian, beri treatment atau vitamin supaya lovebird tersebut bisa sehat kembali. Setiap hari, tugas anda harus memantau burung tersebut , supaya bisa memeriksa kondisi kesehatannya.
  2. Penyakit bisa dicegah dengan menjaga kebersihan kandang. Sehingga, ketika anda memutuskan untuk mencoba berternak lovebird dengan sistem kandang koloni, maka kebersihan adalah prioritas anda yang utama. Untuk membersihkan kandang, anda bisa membersihkannya setiap seminggu sekali. Jika kandang tersebut menampung pasangan Lovebird yang cukup banyak, maka sebaiknya bersihkan setiap lima hari sekali. Bersihkan kandang dari kotoran lovebird, ganti air minum setiap hari agar air minum juga tetap segar. Selain itu, anda juga harus memeriksa apakah makanannya sudah habis atau masih banyak. Jangan lupa memberikan multivitamin pada Lovebird anda setiap tiga minggu atau satu bulan sekali untuk menjaga daya tahan tubuh setiap Lovebird supaya tidak mudah sakit.

Nah bagaimana? Ternak lovebird koloni tentu lebih menguntungkan dan tidak ribet. Apalagi kelemahannya hanya terletak pada masalah kesehatan yang bisa menular. Jika anda mampu menjaga kebersihan kandang setiap hari dan memberikan multivitamin pada setiap Lovebird dalam periode tertentu, tentu saja anda tidak akan mengalami masalah dengan penyakit menular. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *