Cara Menanam Pepaya California Panen Banyak Untuk Bisnis

Posted on

Memulai usaha tidak melulu harus menggelontorkan dana hingga puluhan juta rupiah. Cara menanam pepaya California pun bisa anda coba, terutama jika lahan pekarangan di sekitar rumah anda tampak luas. Anda bisa mengeruk keuntungan dengan mencoba budidaya buah yang satu ini. Sebab saat ini, pepaya menjadi salah satu makanan sehat, banyak dicari orang dan rasanya yang segar.

Cara Menanam Pepaya California Panen Banyak Untuk Bisnis
Cara Menanam Pepaya California Panen Banyak Untuk Bisnis

Memang, permintaan pepaya California di Indonesia cukup tinggi. Tidak sedikit orang yang mulai membudidayakannya. Walaupun bentuk dan rupanya tampak tidak ada bedanya dengan jenis pepaya lainnya, rasa dan warna pepaya California diakui lebih unggul dibandingkan yang biasa. Apalagi, buah pepaya yang satu ini lebih tebal. Alasan mengapa harus membudidayakan jenis pepaya ini adalah karena produktifitasnya yang lebih tinggi, sehingga memungkinkan anda untuk panen dalam jumlah banyak.

Prospek Keuntungan Menanam Pepaya California

Prospek keuntungan untuk menanam pepaya California cukup besar. Tanaman tersebut mudah tumbuh. Hal ini membuat para pemula memiliki resiko kegagalan yang kecil. Tanaman tersebut juga bisa dipanen jika sudah berusia 8 sampai 9 bulan. Frekuensi panennya bisa mencapai 4 kali per bulan. Buah yang dihasilkan dari sekali panen bisa mencapai 2 sampai 3 ton. Artinya, dalam sebulan saja anda bisa panen hingga 12 ton untuk tiap hektarnya.

Kemudian, buah pepaya California juga terus diminati oleh banyak orang. Permintaan pasar pun tidak pernah sepi. Sebagai varietas pepaya yang unggul, tanaman ini juga memiliki usia genjah. Bahkan, meskipun tanaman sudah berusia 4 tahun, produktifitasnya masih bagus dengan keuntungan yang tinggi untuk sekali tanam. Itulah mengapa jika anda memiliki lahan kosong atau kebun yang tidak terurus, akan lebih baik mencoba peluang bisnis pepaya California dengan membudidayakannya. Nah, bagaimana jika anda tidak tahu cara menanam pepaya California?

Tentu saja, anda tidak perlu kuatir. Anda bisa mempelajari berbagai hal yang harus anda lakukan ketika ingin membudidayakan pepaya California dari syarat tumbuh sampai masa panen.

Syarat Tumbuh

Pepaya California bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah atau dataran tinggi bahkan dengan ketinggian 700 m dpl. Kondisi tanah yang bagus untuk tanaman ini adalah kondisi tanah yang subur tapi berpasir sedikit. Suhu ideal untuk tanaman tersebut adalah 25 sampai 30 derajat celcius. Untuk curah hujan, tanaman ini tumbuh optimal di daerah bercurah hujan 1000 sampai 2000 mm per tahun. Kelembaban udara yang bagus untuk kehidupan tanaman ini adalah 40% dan pH mulai 6 sampai 7.

Tahap Pembibitan

Pembibitan atau penyemaian bisa dimulai dengan mengambil biji Pepaya California yang sudah disemai. Biji yang dipilih harus sehat dan sudah matang dengan sendirinya dari pohon. Berikut beberapa langkah untuk proses penyemaian:

  1. Rendam biji-biji yang sudah dipilih dalam air selama semalam. Besok paginya, ambil biji-biji yang tenggelam saja. Untuk biji yang terapung, buang.
  2. Peram biji-biji tersebut dengan kertas koran atau kain basah sampai 1 minggu. Jaga kelembaban kain atau koran tersebut.
  3. Jika sudah satu minggu, biji-biji pepaya California siap disemai.
  4. Sediakan polybag sesuai dengan kebutuhan, masukkan tanah halus yang sudah dicampur pupuk kompos 2:1.
  5. Masukkan benih dalam tanah dan tutupi tipis-tipis benih dengan tanah. Siram secukupnya.
  6. Letakkan polybag yang sudah diisi benih di area yang terkena sinar matahari.
  7. Bibit bisa ditanam jika umurnya sudah mencapai 1 sampai 1,5 bulan setelah tahap penyemaian.

Tahap Persiapan Lahan Tanam

Jika anda sudah mencoba cara menanam pepaya California dari penyemaian, lakukan proses selanjutnya dengan mengikuti cara berikut:

  1. Lahan tanah yang gembur dibolak-balik dengan cara dicangkul. Cara ini penting agar unsur hara tanah menjadi netral.
  2. Singkirkan gulma atau rumput liar dari sekitar lahan area supaya nanti proses pertumbuhan tanaman tidak terganggu.
  3. Tambahkan bedengan jika ingin menanam dalam jumlah yang banyak. Bedengan sangat penting untuk pertukaran air, sehingga tidak ada genangan di sekitar media tanam. Bedengan juga harus diperhatikan supaya terhindar dari masalah busuknya batang tanaman.
  4. Tambahkan lubang tanam 50 cm, dengan jarak 2,5 x 2,5 m setiap lubangnya.
  5. Lubang ditutup kembali dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang, tetapi jangan sampai lubang benar-benar tertutup.
  6. Aliri lubang dengan air bersih secukupnya.
  7. Tanah pekarangan yang merupaka bekas tanah urug membutuhkan penanganan khusus. Anda harus menyingkirkan tanah dari kerikil, pecahan bata, atau batu bata yang nanti malah akan menghambat proses pertumbuhan pepaya California.
  8. Buat lubang dengan panjang sampai 50 cm.

Cara Menanam Pepaya California

Pada tahap penanaman, anda sudah siap menanam bibit secara langsung ke lubang tanam yang sudah anda buat. Setiap lubang bisa dimasukkan satu bibit. Penanaman sebaiknya dilakukan saat sore hari sebab sore hari waktu yang bagus untuk menanam bibit.

Tahap Perawatan Pepaya California

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai perawatan terhadap tanaman pepaya California supaya bisa tumbuh optimal. Berikut penjelasannya.

  1. Penyiraman

Penyiraman dibutuhkan agar tanaman pepaya California tidak kekurangan air atau kering. Penyiraman tidak boleh berlebihan. Hindari membuat genangan di sekitar media tanam, sebab batang pohon akan mudah menjadi busuk, sehingga kualitas buah menjadi kurang bagus. Penyiraman harus dilakukan secara rutin, secukupnya, dan tidak ada genangan air.

  1. Pemupukan

Pemupukan harus dilakukan untuk menjaga kesuburan tanah dan tanaman. Pada minggu pertama, lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang dan setiap tanaman harus mendapat 40 kg pupuk tersebut. Di minggu kedua, pupuk kembali menggunakan pupuk NPK dengan dosis 200 gram setiap pohon. Kemudian, pupuk tanaman kembali setiap 3 bulan dengan 40 kg pupuk kandang dan 500 gram pupuk NPK setiap pohon. Jika pohon sudah mulai berbuah, tambahkan pupuk KCI.

  1. Pemangkasan

Tunas-tunas, atau dahan-dahan harus dipangkas supaya tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Masa Panen

Jika usia tanaman sudah memasuki 7 bulan atau 9 bulan, kulit buah tampak menguning, maka pepaya sudah matang dan siap untuk dipanen. Cara memanennya juga tidak boleh sembarangan. Anda harus memotong langsung bagian tangkai buahnya. Pemanenan bisa dilakukan selama 4 kali dalam sebulan.

Nah, itulah beberapa informasi dan langkah-langkah mengenai bagaimana cara menanam pepaya California yang benar supaya bisa panen banyak dan menjadi peluang bisnis untuk anda lakukan. Untuk satu kali periode panen saja, anda sangat mungkin bisa meraih keuntungan yang besar, asalkan anda juga menanam banyak pohon pepaya California.

Baca juga :

  1. Cara Menanam Jahe Merah Ekonomis Pakai Karung Bisa Panen
  2. Cara Menanam Daun Bawang Yang Efektif Dan Menghasilkan
  3. Cara Menanam Merica Di Dalam Pot Agar Panen Banyak
  4. Cara Menanam Terong Ungu Atau Terong Bulat Agar Berbuah Lebat

Budidaya tanaman pepaya California akan lebih menguntungkan sebab panennya cukup sering, dengan potensi hasil per bulan. Jadi, anda tidak perlu menunggu bertahun-tahun untuk menikmati penghasilan dari menanam pohon California. Bagaimana, anda berminat untuk mencoba membudidayakannya? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *