Cara Menanam Merica Di Dalam Pot Agar Panen Banyak

Posted on

Cara menanam merica didalam pot tentu saja menawarkan kelebihan tersendiri. Anda yang tidak punya pekarangan yang luas, menggunakan pot untuk menanam merica akan membantu anda membudidayakannya.

Merica sangat dibutuhkan untuk para ibu rumah tangga, sebab seringkali digunakan sebagai bumbu dapur. Merica di pasar juga harganya tergolong mahal. Nah, anda bisa menghemat uang belanja jika anda tahu bagaimana dan apa saja yang dibutuhkan agar dapat menanam merica atau lada di pekarangan rumah yang sempit dengan menggunakan pot atau polybag.

Cara Menanam Merica Di Dalam Pot Agar Panen Banyak
Cara Menanam Merica Di Dalam Pot Agar Panen Banyak

Merica adalah rempah asli Indonesia, yang sudah populer sejak berabad-abad yang lalu. Merica adalah penyedap makanan dengan sensasi rasa pedas dan hangat. Harga merica juga terus merangkak naik di pasaran. Sehingga, membudidayakannya di rumah sendiri tentu bisa membuat anda menghemat banyak uang belanja. Menanam merica di pot jugadisebut sebagai lada perdu, sebab tanamannya tidak merambat, tetapi persis seperti perdu.

Mengapa Budidaya Merica Di Pot

Membudidayakan merica di pot atau lada perdu tentu tidak memakan banyak lahan. Jika sebelumnya anda hanya sering menanam dan menghiasi pekarangan anda dengan tanaman hias yang tidak memiliki nilai jual, maka anda bisa menghemat dan bahkan menambah penghasilan dengan menanam merica. Hal ini dikarenakan lada perdu adalah tanaman yang terus berbuah sepanjang tahun. Bahkan, setiap potnya mampu menghasilkan hingga 300 gram merica. Jika tanaman sudah berusia lebih dari tiga tahun, tanaman tersebut bisa menghasilkan hingga 500 gram tiap potnya. Kaena berbuah sepanjang tahun, dalam setahun saja anda bisa memanen dua kali. Apalagi, harga per kilo merica di pasaran bisa mencapai 100 ribu rupiah. Anda bisa bayangkan potensi budidaya merica atau lada perdu jika anda tidak segan.

Tahap Pembibitan

Bibit lada perdu bisa diperoleh dari stek cabang primer dan sekunder. Atau bisa juga dari cabang primer dengan stek bertapak, sehingga anda harus menyertakan sulur panjang. Semai bibit tersebut pada media semai seperti polybag atau pot yang sudah diisi tanah, pupuk Trichokompos serta pasir dengan perbandingan 7:3:1. Jika bibit sudah ditanam didalam polybag, maka tutup menggunakan plastik yang masih bisa dimasuki sinar matahari sekitar 60 sampai 70%. Jika perlu, tambahkan jaring supaya biji lada bisa terlindungi dari serangan hama.

Waktu yang baik untuk melakukan penyemaian adalah 3 sampai 4 bulan sehingga akar tanaman sudah bisa kuat dan cukup baik untuk kemudian dipindahkan. Gunakan zat organik Trichoderma di bagian media persemaian guna merangsang pertumbuhan akarnya.

Cara Menanam Bibit Merica

Jika menurut anda melakukan pembibitan lada perdu cukup membuat anda kerepotan, maka cara yang paling efektif adalah dengan membeli bibit yang sudah jadi. Akan tetapi, harga bibit tentu berbeda di tiap daerah. Saat bibit yang anda miliki sudah siap tanam, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dengan segera.

Bibit merica yang sudah siap bisa langsung ditanam di pot atau polybag yang berukuran 60×40 cm. tingkatkan kesuburan tanah dengan menambahkan pupuk kandang kedalam pot sebanyak 10 kg, pupuk Trichokompos 10 kg,Trichoderma 100 gram, dan terakhir kapur 500 gram. Cara yang benar adalah memberikan pupuk dasar terlebih dahulu ke media tanam, dan tunggu sampai 2 minggu sebelum anda memulai menanam bibit. Untuk memastikan bahwa tanaman lada anda bisa tumbuh optimal, pemupukan harus dilakukan secara rutin dengan menggunakan pupuk kandang sebanyak 5 kg setiap tahun. Pada tahun pertama, tanaman tersebut membutuhkan pupuk Trichokompos sebanyak 2 kg. Kemudian, naikkan dosis tersebut di tahun kedua dan selanjutnya sebanyak 3 kg. Lakukan pemupukan ini sebanyak 4 kali untuk setahun.

Cara Memelihara Dan Merawat Merica / Lada Perdu

Bibit lada perdu yang sudah ditanam di pot dan sudah diberikan pupuk kemudian dirawat dan dibudidayakan dengan benar. Berikut beberapa hal yang harus anda lakukan.

  1. Melindungi Tanah Dari Jamur

Ketika tanaman lada perdu anda tampak bercabang dan begitu rembun, tentu saja tanaman menjadi mudah sekali terserang penyakit. Serangan yang sering membuat anda kerepotan adalah jamur P. Capsici yang bisa muncul karena tingkat kelembaban udara di sekitar tanaman tersebut begitu tinggi. Penanganan yang tepat adalah dengan membuat penyangga dari kayu yang tampak seperti para-para.

  1. Mengendalikan Hama Dan Penyakit

Agensi hayati dan bipestisida adalah solusi yang tepat untuk membantu anda mengendalikan serangan hama serta penyakit. Ada beberapa penyakit yang paling sering menjangkiti lada perdu. Pertama, Jamur Trichoderma yang sering digunakan untuk mengendalian penyakit busuk pangkal batang. Kedua, gunakan bakteri Pasteuria penetrans untuk mengendalikan penyakit kuning. Terakhir, anda bisa menggunakan jamur Beuveria Bassiana yang dapat mengendalikan hama seperti walang sangit.

Untuk biopestisida, anda bisa menggunaka ekstrak biji bengkoang, ekstrak akar tuba, dan tepung cengkeh supaya dapat mengendalikan hama lada perdu.

Tahap Panen

Jika anda sudah menanam merica atau lada perdu selama 12 bulan, maka anda sudah siap untuk memanennya. Ya, lada perdu sudah siap dipanen ketika usianya sudah mencapai 12 bulan. Akan tetapi, sangat disarankan untuk membuang bunga dan buah yang sudah terbentuk terlebih dahulu sebelum memanen. Hal ini sangat efektif guna membuat pertumbuhan tanaman lebih baik. Selain itu, cara ini juga sangat bermanfaat jika anda ingin mendapatkan hasil panen yang berlimpah.

Baca juga :

  1. Cara Menanam Timun Yang Praktis Agar Berbuah Lebat
  2. Cara Menanam Lidah Buaya Agar Tumbuh Subur Dalam Pot
  3. Cara Menanam Kacang Tanah Agar Panen Melimpah

Nah bagaimana? Anda tertarik mencoba cara menanam merica di atas dengan menggunakan pot atau polybag? Jika anda takut gagal, anda tidak perlu langsung mencobanya dengan menanam dalam skala yang besar. Untuk pengalaman saja, anda bisa mencoba menanam dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Pelajari apa saja yang sering menjadi kendala serta masalah ketika awal anda menanam sampai masa panen. Masa percobaan ini sangat penting agar anda tahu apa saja antisipasi yang harus dilakukan jika di masa mendatang masalah yang sama datang pada tanaman merica yang anda budidayakan dalam skala yang besar.

Menanam merica atau lada perdu adalah keputusan yang tepat jika anda tertarik mengembangkan budidaya tanaman tertentu yang memiliki nilai jual yang tinggi. Budidaya merica juga bisa menjadi pilihan yang tepat mengingat harganya yang terus meroket naik dan nyaris tidak pernah turun. Berbeda dengan budidaya cabe atau tanaman lainnya seperti menanam daun bawang yang cenderung naik turun, tidak pasti, dan masih rentan membuat anda mengalami kerugian. Cara menanam merica sudah dibahas secara lengkap didalam artikel ini. Yang perlu anda lakukan adalah mencobanya terlebih dahulu dalam skala yang kecil, kemudian mengembangkannya ke skala yang lebih besar seiring dengan meningkatnya pengalaman anda di lapangan. Apalagi, dalam sekali panen saja tiap pot merica bisa menghasilkan hingga 300 gram. Untuk tanaman yang sudah berusia tiga tahun, panen tiap potnya bisa mencapai 500 gram. Jadi, apalagi yang anda tunggu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *