7 Tanaman Apotik Hidup Yang Wajib Anda Punya Dan Khasiatnya

Posted on

Bukan hal yang salah jikselangit seolah-olah diperuntukkan bagi mereka saja yang berduit. Sebab, memang pada zaman ini, jika tidak ada uang, maka jangan harap ada bantuan. Apalagi untuk sesuatu yang penting, misalnya kesehatan dan sudah menyangkut nyawa. Itulah mengapa sangat penting memiliki beberapa tanaman apotik hidup untuk melengkapi kebutuhan tubuh.

7 Tanaman Apotik Hidup Yang Wajib Anda Punya Dan Khasiatnya
7 Tanaman Apotik Hidup Yang Wajib Anda Punya Dan Khasiatnya

Bisa anda bayangkan, bagaimana jika anda memiliki tanaman tersebut, sehingga ketika anda merasa kurang sehat, anda bisa membuat ramuan sendiri dari pekarangan rumah anda tanpa harus menggelontorkan sejumlah uang.

Baca Juga :

  1. Cara Menanam Pepaya California Panen Banyak Untuk Bisnis
  2. Cara Menanam Terong Ungu Atau Terong Bulat Agar Berbuah Lebat
  3. Cara Menanam Jahe Merah Ekonomis Pakai Karung Bisa Panen
  4. Cara Menanam Daun Bawang Yang Efektif Dan Menghasilkan

Nah, untuk kepentingan dan kebaikan anda sendiri, berikut beberapa tanaman apotik hidup yang wajib anda punya di area pekarangan rumah, lengkap dengan khasiatnya.

  1. Daun Miana

Coleus atropurpureus, atau Daun Miana mungkin saat ini hanya dijadikan tanaman hias yang ada di pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang khas, menyerupai hati. Ujung daunnya tampak berwarna hijau muda, sedangkan bagian tengah daunnya tampak berwarna ungu kemerahan. Daunnya memang tergolong cantik, serta sangat mudah tumbuh. Menanam daun Miana sangat bagus, terutama jika anda memiliki beberapa masalah dalam kesehatan anda.

Ya, daun Miana sudah banyak dibuktikan menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi bisul di kulit. Bahkan, jika digunakan sebagai obat dalam, daun ini bekerja efektif untuk mengatasi wasir. Cara menggunakan daun Miana sebagai obat bisul juga sangat pratis. Anda hanya perlu menghangatkan daun tersebut di atas api kompor. Pastikan jika daun tersebut tidak gosong. Lalu, kompreskan daun tersebut ke area kulit yang terinfeksi dalam beberapa menit.

Khasiat lainnya dari daun Miana adalah untuk menurunkan demam, mengatasi menstruasi yang tidak teratur, mengatasi diabetes, dan mengatasi gejala influenza.

  1. Jintan Hitam

Mungkin anda sering melihat berbagai produk herbal dengan komposisi Nigella Sativa, atau jintan hitam. Misalnya saja, Habbatussauda yang sudah populer. Karena khasiatnya yang mujarab, tidak heran jika orang-orang banyak memburu obat herbal tersebut berkat kandungan jintan hitam yang padahal bisa anda tanam sendiri sebagai tanaman apotik hidup di area rumah anda.

Jintan hitam sendiri sudah diolah menjadi berbagai jenis produk herbal mulai dari bentuk serbuk, madu, pil, atau lainnya. Tetapi, jika anda memetik langsung dari pekarangan rumah anda, dalam kondisi yang masih segar, tentu saja akan lebih berkhasiat. Ada berbagai manfaat yang bisa anda ambil dari tanaman jintan hitam seperti saponin, minyak atsiri, nigellone, alkaloid, dan thimoquinone.

Selain berkhasiat untuk melancarkan buang angin, jintan hitam juga berkhasiat untuk mengatasi sakit perut, meningkatkan sistem imunitas, menurunkan kadar gula didalam darah sehingga dapat mengobati diabetes, serta menekan pertumbuhan sel kanker karena adanya kandungan thimoquinone dan sifatnya sebagai antibakteri.

  1. Temulawak

Curcuma anthorrhiza atau temulawak memiliki banyak sekali khasiat yang tidak akan membuat anda rugi jika secuil lahan yang anda miliki digunakan untuk menanam tanaman ini. Manfaat temulawak untuk kesehatan adalah untuk mengatasi masuk angin, mengatasi sakit kepala, untuk obat sakit ginjal, mengatasi sariawan, mengatasi sembelit, meningkatkan nafsu makan, dan obat limpa. Tidak heran jika banyak orang menyebutnya sebagai tanaman ajaib. Kandungan kurkumin didalamnya juga sangat baik untuk membuat nafsu makan anda kembali.

Menanam temulawak juga sangat mudah. Tanaman ini bisa hidup subur di dataran rendah dan juga dataran tinggi. Walaupun bentuknya sangat mirip dengan kunyit, temulawak memiliki perbedaan seperti warna rimpangnya yang lebih cerah dengan warna oranye yang tidak begitu pekat dibandingkan dengan kunyit.

  1. Sirih

Tanaman apotik hidup ini juga layak ditanam di pekarangan rumah anda. Sirih atau Piper betle adalah tanaman merambat yang menjadi primadona, terutama untuk kalangan lansia. Biasanya, mereka suka mengunyah daunnya dengan kapur. Sudah menjadi resep nenek moyang bahwa cara ini sangat efektif untuk mencegah gigi berlubang. Itulah rahasia mengapa orang jaman dahulu giginya tidak mudah ompong.

Tanaman sirih kaya akan minyak terbang atau betlephenol, kavikol, samak, seskuiterpen, serta pati yang sangat berperan penting untuk membasmi kuman, anti jamur, dan anti oksidan. Manfaatnya sudah tentu banyak seperti menjaga kesehatan gigi, mengatasi batuk, menyembuhkan luka luar, mengatasi sakit pada pencernaan, dan menghentikan pendarahan.

  1. Daun Sembung

Daun Sembung atau Blumea Balsamifera memiliki khasiat penting untuk mengatasi berbagai penyakit mulai dari masalah diare, gatal di area kulit, influenza, kembung, nyeri karena haid, bahkan sampai masalah penyakit beri-beri.

Tanaman yang satu ini adalah tanaman perdu. Sehingga, bisa tumbuh walaupun tidak ada yang menanamnya. Jadi, anda pun bisa menanamnya dengan mudah untuk melengkapi kebutuhan tanaman obat keluarga (TOGA). Daunnya memiliki beberapa senyawa penting seperti sesquiterpen, miristin, borneol, limonene, dan pirokatechin.

  1. Lidah Buaya

Ciri khas tanaman lidah buaya adalah daunnya yang panjang, dengan gerigi disekitarnya, dan daging buah yang tebal yang sangat bermanfaat baik di dunia kesehatan atau dunia kecantikan. Tidak heran jika saat ini di berbagai iklan kosmetik, ada banyak produk kecantikan yang mencantumkan Aloe Vera sebagai komposisi utama untuk menjaga anda tetap cantik. Manfaatnya yang seabrek membuat tanaman ini dijadikan sebagai bahan dasar untuk berbagai produk mulai dari shampoo, masker, sampai produk penyubur rambut.

Bahkan saat ini, lidah buaya juga dijadikan sebagai bahan untuk agar-agar, atau minuman. Daging lidah buaya memiliki banyak khasiat seperti meningkatkan sistem imunitas tubuh, menjaga jantung tetap sehat, membuat berat badan mudah turun, mengatasi peradangan, dan membantu peredaran darah agar tetap lancar. Khasiat lainnya dari tanaman lidah buaya adalah memberikan pasokan mineral dan vitamin yang cukup tinggi untuk tubuh, sehingga dapat menjaga badan tetap fit.

  1. Kumis Kucing

Orthosiphon Aristatus, kumis kucing merupakan tumbuhan yang memiliki bunga dengan bentuk helaian-helaian yang membuat anda pasti akan teringat kumis kucing jika anda melihatnya. Tanaman yang satu ini merupakan bagian dari apotek hidup. Kumis kucng sangat mudah untuk ditanam, sehingga bisa menjadi tambahan jika anda ingin menanam tanaman yang bermanfaat dan tidak ribet untuk dirawat. Selain itu, kumis kucing juga memiliki warna bunga yang indah, akan sangat cocok jika dijadikan sebagai tanaman hias. Jika anda tinggal di daerah Jawa Tengah, anda mungkin mendengarnya dengan sebutan remujung. Sedangkan untuk masyarakat yang tinggal di Madura, mereka menyebut tanaman kumis kucing sebagai songkot kuceng.

Pekarangan rumah anda yang memiliki tanah yang subur dan kaya akan unsur hara rasanya akan sangat sayang jika hanya ditanami bunga-bunga hias yang mungkin fungsinya hanya sebagai hiasan saja. Jadi, bukan hal yang merugikan jika anda menambahkan kumis kucing di area lahan tersebut karena khasiatnya yang banyak seperti untuk mengobati rematik, masuk angin, sembelit, encok, dan membuat buang air kecil jadi lebih lancar. Caranya adalah dengan menggunakan daun dan bunganya, kemudian dijemur dan direbus untuk diminum airnya.

Itulah beberapa tanaman apotik hidup yang wajib anda punya jika anda ingin sehat tanpa harus mahal, semoga bermanfaat!a banyak masyarakat berpikir bahwa pengobatan yang modern dengan harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *