Tanaman Hias Cantik Tetapi Berbahaya dan Beracun

Posted on

Memperindah rumah bisa dilakukan dengan banyak cara seperti melakukan pengecatan dengan warna yang cantik, menyusun benda-benda koleksi yang langka dan memberikan hiasan berua bunga atau lukisan. Namun di Indonesia paling banyak orang memperindah rumah dengan tanaman hias. Sesuai dengan namanya tanaman ini untuk menghias rumah dan tentunya untuk mempercantik dan indah sehingga enak untuk dipandang.

Namun siapa sangka ada beberapa jenis tanaman hias yang memiliki bahaya bila di jadikan hiasan dalam rumah, sebab ada beberapa yang memang tanaman hias sangat berbahaya jika Anda tetap memaksakan untuk di jadikan tanaman pengindah rumah namun beracun juga berbahaya.

Berikut ini adalah tanaman hias berbahaya dan beracun versi hijautani.com :

Bunga Nerium Oleander

Gambar 1.1 Tanaman Hias Beracun (Bunga Nerium Oleander)

Bunga memang di kenal sebagai tanaman yang dapat menjadikan keindahan pemandangan begitu juga dengan bunga nerium oleander dimana pohon bunga ini cepat untuk berbunga. Tetapi di balik indahnya ternyata memiliki hal yang buruk yaitu mengandung racun yang bernama Oleandrin dan Neriine.

Racun tersebut sangat berbahaya bila masuk dalam tubuh karena beberapa hal akan terjadi pada Anda atau orang yang terkena, biasanya efek samping si penderita adalah mual, denyut nyadi tidak teratur, muntah, sakit kepala / pusing. Hal ini di sebabkan racun tersebut akan menyerang syaram, peredaran darah hingga pencernaan Anda.

Tanaman ini akan lebih bahaya bila Anda memiliki Anak kecil yang baru belajar menggugut atau sedang aktif sebab getah dari tanaman ini juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit atau alergi. Oleh karena itu bila memiliki anak kecil atau tidak sekalipun hindari memperindah rumah dengan tanaman yang satu ini.

Gympie Gympie

Gambar 1.2 Tanaman Hias Beracun (Gympie Gympie)
Gambar 1.2 Tanaman Hias Beracun (Gympie Gympie)

Bagus dan indah belum tentu juga baik begitulah kira-kira gambaran pohon atau tanaman hias ini. Memiliki daun yang berbentuk seperti hati atau love atau cinta ini ternyata memiliki efek sangat berbahaya. Tumbuhan ini biasa tumbuh di hutan-hutan hujan seperti di Australia dan Indonesia.

Tanaman dapat membunuh seekor anjing, kuda bahkan manusia bila mengkonsumsi atau makan daunnya. Pohon ini memiliki ciri khas batang yang terdapat bulu bulu halus yang juga bila terkena kulit dapat menyebabkan gatal bahkan dekat saja akan merasakkannya karena rontoknya bulu – bulu halus ini.

Bila Anda adalah seorang yang hobi jalan jalan ke hutan dan menemukan tumbuhan Gympie Gympie sebaiknya hindari demi perjalanan yang lebih nyaman dan takutnya terjadi hal yang tidak di inginkan bila mendekatinya.

Atropa Belladonna

Gambar 1.3 Tanaman Hias Beracun (Atropa Belladonna)
Gambar 1.3 Tanaman Hias Beracun (Atropa Belladonna)

Tanaman beracun berikutnya adalah Belladonna tanaman ini di kenal memiliki racun yang dahsyat bila sudah masuk kedalam tubuh mahluk hidup seperti manusia. Bahayanya lagi tanaman ini beracun bukan hanya pada bagian tertentu namun mulai dari akar hingga buah juga memiliki bahaya yang sebaiknya jangan sampai terkena manusia.

Bagian yang paling bahaya ada tanaman ini ada pada buahnya sehingga bila seseorang samai makan buah akan memiliki beberapa dampak yang mungkin sangat terasa.

Berhalusinasi, pupil mata membesar atau menggila adalah dampak atau efek samping dari tanaman ini. Hal ini karena racun yang ada dalam tanaman ini, dan nama racunnya adalah tropane alkoids.

Angels Trumpet / Kecubung

Gambar 1.3 Tanaman Hias Beracun (Angels Trumpet)
Gambar 1.4 Tanaman Hias Beracun (Angels Trumpet)

Cantik indah namun berbahaya itulah julukan yang bisa diberikan pada tanaman angles trumpet atau kecubung atau terompet ini. Tanaman ini memiliki bentuk bunga seperti terompet dan umumnya bewarna putih. Bunga ini di golongkan sebagai tanaman berbahaya karena mengandung zat atropine, hyoscyamine dan scopolamine.

Seseorang yang biasanya yang sudak terkena zat atau kandungan di atas akan mengalami halusinasi atau hilang kesadaran. Oleh karena itu menghindari bunga ini agar tidak di tanam dekat rumah atau erkarangan rumah adalah langkah yang tepat.

Phillodendron

Gambar 1.3 Tanaman Hias Beracun (Phillodendron)
Gambar 1.5 Tanaman Hias Beracun (Phillodendron)

Tanaman hias yang juga di perjual belikan adalah pjillodendron yang memiliki banyak eminat di Indonesia sebab pertumbuhan dan perawatan yang tidak sulit. Tetapi saiapa sangaka di balik semua itu tanaman ini kiga memiliki efek samping yang berbahaya.

Raphites adalah unsur racun yang ada pada tanaman ini dan efek bagi mereka yang sesitif terhada unsur racun tersebut akan merasakan kulit terbakar, iritasi , pembebgkakan pada bibir atau lidah. Sebaiknya bila Anda ingin menghiasi rumah dengan tanaman ini untuk di pikir terlebih dahulu sebab dan akibatnya.

Devils ivy

Gambar 1.6 Tanaman Hias Beracun (Phillodendron)
Gambar 1.6 Tanaman Hias Beracun (Phillodendron)

Tanaman hias yang sering di jumpai pada rumah – rumah adalah bernama Devils ivy. Tanaman ini memiliki kandungan rancun yang juga membahayakan bagi tubuh manusia. tetapi damak yang buruk biasanya terjadi pada kucing dan anjing. Kandungan racun pada bunga ini terdapat pada bagian batang juga daun yang memiliki kalsium oksalat yang tidak larut.

untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan sebaiknya mengganti tanaman hias rumah Anda dengan tanaman hias yang baik dan tentunya tidak mengandung racun.

Keladi Hias atau Caladium

Gambar 1.7 Tanaman Hias Beracun (Keladi Hias atau Caladium)
Gambar 1.7 Tanaman Hias Beracun (Keladi Hias atau Caladium)

Ubi talas mungkin adalah kembaran dari tanaman ini sebab memiliki daun yang hampir sama. Tetapi faktanya ini adalah tanaman caladium atau keladi hias. berbahaya tanaman ini bila Anda makan dan mengira bahwa ini adalah tanaman yang bernama ubi talas.

Dampak bila memakan tanaman ini adalah merasakan terbakarnya ppada bagian tenggorokan sebab tanaman ini memiliki kandungan yang bernama kalsium oksalat.

Tanaman hias Foxglove

Gambar 1.8 Tanaman Hias Beracun (Foxglove)
Gambar 1.8 Tanaman Hias Beracun (Foxglove)

Tanaman hias satu ini sangat terkenal di bumi eropa karena tanaman hias foxglove pernah menduduki peringkat atas sebagai tanaman hias paling populer di masanya terutama di eropa. Tanaman yang meruncing ke atas ini memang memiliki keindahan tetai siapa sangka di balik keindahan tanaman ini memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan.

Tanaman foxglove ini memiliki kandungan zat seperti digitoksin, deslanoside, dan digitalis glikosida yang biasanya akan menyerang urat atau otot jantung dan akan mengakibatkan beberapa masalah serius seperti detak jantung berjalan tidak teratur, kepala yang sakit, muntah bahkan yang paling berbahaya adalah menyebabkan kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *