Mengenal Hama dan Penyakit Pada Tumbuhan

Posted on

Salah satu masalah pada tumbuhan yang sering mengganggu pertumbuhan, buah dan lainnya adalah hama dan penyakit. Penyakit yang terjadi pada tubuhan bisa di sebabkan karena terkena hama yang menularkan virus pada tumbuhan itu sendiri. Ketika tumbuhan terkena hama maka akan banyak hal terjadi sehingga menjaga dan merawat tumbuhan sangat penting agar apa yang di tanam menjadi atau sesuai dengan harapan.

Hama dan penyakit bukan masalah baru ini sudah lama ada dan menjadi masalah bagi para petani. Contohnya adalah para petani padi yang sangat rawan terhadap hama karena dapat menyebabkan kegagalan panen. Tumbuhan tumbuhan yang sering terkena hama adalah tumbuhan dengan umur pendek seperti sayuran, padi namun yang hidup menahun seperti buah-buahan juga tidak menutupi terserang hama.

Mengenal Hama dan Penyakit Tumbuhan
Mengenal Hama dan Penyakit Tumbuhan

Ada beberapa jenis hama yang sering menghatam para petani diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Tikus

Tikus adalah hewan yang di klam nomor satu perusak tumbuhan atau tanaman terutama adalah padi. Para petani padi biasanya sangat mengkhawatikan hal ini. Tikus bisa di bilang sebagai hewan yang sangat rakus dan mudah beradaptasi dalam suatu lingkungan di tambah lagi mereka adalah hewan yang mudah berkembang biak dengan cepat.

Gigi tikus yang tajam dan kuat membuat hewan ini mudah untuk merusak tanaman padi dan paling sering di serang dalam padi adalah bagian batang dan bijinya.

Ini memang bukan permasalah baru sehingga para petani biasanya sudah mengetahui cara-cara untuk mengusir tikus dari sawah dan tanaman padi mereka. Ada beberapa cara yang sering di lakukan petani untuk mengatasi masalah ini di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Memberikan ular yang sudah di jinakkan di persawahan untuk mengusir dan memangsa tikus karena dari rantai makanan tikus adalah makanan dari ular.
  2. Tikus biasanya hidup dengan melobangi tanah karena mereka menganggap ini adalah cara yang aman untuk berlindung dan bersembunyi. Bagi petani ini bukan hal baru sehingga menutup lubang – lubang tikus adalah cara yang bisa di lakukan untuk menghambat merusak tanaman padi.
  3. Tikus juga hewan yang menyukai ubi, oleh sebab itu memberikan ubi yang sudah di beri racun sehingga tikus mati saat memakan ubi adalah cara yang daat di lakukan.
  4. Obat engusir tikus di klaim bisa di jadikan alternatif lain untuk mengusirnya. Obat-obat pembasmi hama biasanya di jual di toko obat khusus pertanian.

Wareng

Setelah tikus muncullah hewan misterius yang sering di sebut dengan wareng. Wareng dapat merusak tumbuhan dan mati sebab yang di makan oleh hewan ini adalah daun juga batang. Wareng sangat mengganggu siklus tumbuh dari tanaman. Untuk memusnahkan hewan hama ini ada beberapa langkah yang biasanya di lakukan oleh para petani.

  1. Memberhentikan menanam tumbuhan palawija. Maksudnya adalah Anda bisa membiarkan lahan tidak di tanamai tanaman sehingga siklus kehidupan dari wareng akan mati atau musnah dan ketika sudah di rasa aman bisa menanam kembali. Jarak yang bisa di atur adalah sekitar 1-2 bulan.
  2. Setiap kehidupan hewan pasti ada rantai makanan sehingga wareng pasti memiliki hewan pemangsa yang memakan dirinya. Untuk membuat tanaman aman ada beberapa jenis hewan kecil yang juga dapat di manfaatkan sebagai pencegah wareng yaitu kepik Micovelia douglasi, kumbang Paederuss fuscipes, Ophinea nigrofasciata dan laba-laba Lycosa Pseudoannulata.
  3. Langkah terakhir bila cara alami atau manual di atas tidak kunjung berhasil atau hanya sedikit efeknya maka penggunaan obat kimia adalah yang teakhir. Penggunaan obat kimia sering di lakukan bila cara cara lebih alami kurang berhasil. Penggunaan obat kimia ini sebaiknya harus sesui sebab bahan kimia juga bisa membahayakan bila di gunakan berlebih dan tidak sesui dengan aturan.

Walang Sangit

Anda pasti tahu hewan satu ini sesuai dengan namanya bau yang di hasilkan sangatlah mengganggu indra penciuman. Bagaimana tidak ketika kita menyentuh hewan ini maka mereka akan beradaptasi dengan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan perpaksa kita harus menutup hidung. Hewan ini mirip seperti belalang pada umumnya namun ada perbedaan yang jelas, pergerakan hewan ini juga gesit dan juga sangat liar bisa loncat dari batang satu ke yang lainnya. Namun walangsangit dewasa yang lebih ganas sebab lebih menimbulkan kerusakan parah pada tumbuhan.

Beberapa langkah pencegahan walang sangit adalah :

  1. Menanam tumbuhan secara serentak agar saat masa pertumbuhan habis walang sangit tidak bisa hidup.
  2. Membersihkan area sawah, ladang, kebun dari rumput-rumput liar yang mengganggu dan menjadi tempat perkembangbiakan walang sangit.
  3. Menangkapi walang sangit sehingga populasinya menjadi berkurang.
  4. Menanam jamur yang tidak di sukai oleh walang sangit dan menaruh predator laba-llaba di sekitar tumbuhan
  5. Serta yang terahir adalah dengan menggunakan insektisida.

Ulat

Beda ulat beda juga ular. Bila ulat adalah hewan kecil yang biasanya berbulu. Ulat sangat mengganggu sebab mereka banyak hidup di daun daun tumbuhan dan makanan mereka adalah daun. Bila Anda seorang petani sayuran ulat adalah masalah umum yang banyak di jumpai.

Untuk mengantisipasi masalah ini ada beberapa hal yang bisa di lakukan yaitu dengan cara berikut :

  1. Membersihkan daun dari ulat-ulat atau calon ulat yang biasanya masih berbentuk telur.
  2. Menggunakan pestisida untuk melakukan pembasmian / pengusiran ulat pada tumbuhan.

Ada beberapa jenis Penyakit yang sering menghatam para petani diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Penyakit Tungro

Penyakit Tungro merupakan penyakit yang umumnya menyerang tanaman padi. Tanaman padi yang di serang akan menghasilkan panen yang buruk bahkan gagal panen atau hasil tidak sesuai modal. Penyakit ini biasanya akan tertular pada wareng sehingga wareng akan menularkan pada tanaman-tanaman yang lain.

Wareng yang terus berkembang biak akan menghasilkan populasi baru dan kemungkinan populasi baru yang hidup juga sudah terkena dari Penyakit Tungro.

Gejala Penyakit Tungro :

  1. Muncul seminggu sesudah inokulasi
  2. Adanya diskolorasi berwarna kuning
  3. Adanya klorisi pada daun

Penyakit Embun Tepung

Penyakit ini sangat mengganggu dan merusak bagi tumbuhan. Penyakit Embun Tepung biasanya di sebabkan oleh jamur yang Peronospora parasitica jamur ini pada umunya akan menyerang kecambah dan daun sehingga akan membuat tumbuhan gundul, kredil dan lama kelamaan akan mati.

Daun yang sudah terinfeksi penyakit ini akan terlihat bintik hitam dan jelas sudah tidak sehat lagi. Penyakit Peronospora parasitica biasanya ada di daerah lembab seperti pegunungan dan biasanya penyakit ini menyerang pada pagi hari di mana suasanya udara masih lembab.

Penyakit Layu Cabai

Anda pernah melihat cabai layu bila Anda seorang petani cabai maka hal ini bukan hal yang baru. Karena salah satu penyebab layunya cabai adalah penyakit yang bernama Layu fusarium merupakan penyakit yang disebabkan oleh cendawan bernama Fusarium oxysporum.

Cabai biasanya layu juga di sebabkan oleh bakteri dimana bakteri ini akan membuat cabai menjadi layu, keriting dan akhirnya mati / kering dan kurus. Bakteri ini bernama Pseudomonas solanacearum. Jika tanah memiliki kelembabpan tinggi maka akan menyebabkan bakteri ini mudah berkembang biak.

Cara Mengatasinya adalah :

  1. Lakukan pergiliran tanaman
  2. Gunakan plastik mulsa, utamanya pada musim hujan
  3. Gunakan semprotan bakterisida
  4. Memusnahkan tanaman yang sudah terinfeksi
  5. Gunakan benih yang tahan terhadap serangan bakteri Pseudomonas solanacearum

Selain Hama dan penyakit di atas masih banyak nama-nama penyakit lainnya yaitu :

Hama : 

  1. Kutu Kecil (Tungau)
  2. Babi Hutan
  3. Burung Pipit
  4. Belalang
  5. Lalat Buncis
  6. Kumbang
  7. Lalat Buah

Penyakit :

  1. Penyakit Hawar Daun Kentang
  2. Penyakit Mosaik
  3. Penyakit Daun Berlubang
  4. Penyakit Semai Roboh
  5. Penyakit Pembusukkan Bawang
  6. Penyakit VSD (Vascular Streak Diaback)
  7. Penyakit Bubuk Coklat

Sebagai petani yang mengerti akan masalah hama dan penyakit akan lebih mempermudah mengatasinya sehingga tanaman atau tumbuhan akan sesui yang di inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *