Cara menanam bawang daun dalam pot

Posted on

Menanam daun bawang baik di media pot maupun polybag memiliki proses yang sama dan perawatan sama tetapi memang ada hal – hal lain yang mungkin sedikit berbeda terutama dalam melakukan perawatan. Karena media tanam yang berbeda jelas ada perlakuan khusus dari media tanam masing – masing.

Bawang daun atau daun bawang memiliki ciri-ciri panjang dan bulat atau seperti pipa dengan bagian tengah bolong dan pangkal yang padat serta bagian ujung yang runcing. Daun bawang di manfaatkan sebagai penyedap makanan karena aromanya yang khas dan harum.

Menanam Daun Bawang
Menanam Daun Bawang

Daun bawang memiliki pertumbuhan yang mudah jika cuaca yang cocok yaitu sekitar 10-24 derajat celcius dan memiliki kelembapan yang tinggi. Namun daun bawang juga bisa hidup di daerah yang panas namun perlu perawatan yang lebih. Bila Anda ingin memulai penanaman daun bawang maka ada beberapa langkah atau cara yang bisa di lakukan yaitu seperti berikut ini :

Menyiapkan Benih

Daun bawang memiliki dua jenis benih yang pertama adalah benih yang berasal dari anak – anak atau pecahan dari daun bawang yang sudah tumbuh atau ditanam dan yang kedua dari biji daun bawang.

Pertama kita akan mencoba menanam daun bawang melalui benih atau biji daun bawang caranya cukup mudah dan simpel sekali sehingga Anda bisa mencobanya.

  1. Siapkan bibit daun bawang yang sudah di semai
  2. Bila Anda tidak menggunakan polybag / pot maka cukup membuat jalur panjang dengan lebar 1 cm dan dengan jarak antara bibit adalah 10 cm.
  3. Bila Anda menanam menggunakan media tanam seperti Pot atau polybag maka setiap pt beri 1-2 biji daun bawang dengan kedalaman 10 cm setiap polybagnya.
  4. Setelah semuanya selesai maka tutup dengan karung yang basah Anda juga bisa menggunakan alternatif lain yaitu menggunakan daun pisang.
  5. Bila sudah tumbuh menjadi kecambah bisa buka penutup tadi dan lakukan penyiraman secara rutin di pagi dan sore hari. Jangan lupa untuk mempupuk dengan pupuk urea atau organik cair.
  6. Bila bibit yang Anda tanam sudah berumur 2 bulan atau setidaknya tinggi kecambah sudah mencapai 10 – 15 cm maka bisa di pindahkan ke tempat pembesaran.

Kedua menggunakan pembibitan dari benih benih daun bawang yang berumur 75 hari dan ilihlah benih yang tumbuh subur, gemuk, tidak mengandung hama. langkah langkahnya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mengambil bibit atau anakan daun bawang dan sebaiknya untuk pengambilan jangan di cabut agar akar tetap terbawa maka dengan cara di gali baik dengan tangan mauun kored.
  2. Bila sudah bersihkan akar-akar tersebut dari tanah yang menempel dengan tangan. Bila Anda melihat daun dan akar sudah layu atau tua maka potong atau buang bagian yang layu dan tua saja.
  3. Pecah atau bagi trumpunan daun bawang tersebut menjadi masing masing dua sampai tiga bagian.
  4. Papas bagian atas daun bawang kira-kira sepertiga. Melakukan angkah ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan daun bawang yang baru.
  5. Bila sudah Anda bisa langsung menanamnya dan jangan biarkan lewat dari seminggu atau tujuh hari. Jika Anda tidak sempat menanam hari ini simpan di tempat yang lembab untuk menjaga kandungan air dari daun bawang tersebut.

Menanam

Menanam daun bawang dipolybag tidak jauh beda dengan sayuran sayuran lainnya. Anda bisa menyiapkan tanah dengan pupuk kompas dengan perbandingan 2:1. Jika Anda menanam daun bunga bawang ini menggunakan polybag maka ukuran yang tepat adalah 0.08 x 30/15 x 30. Sedangkan media tanam menggunakan pot sebaiknya menggunakan wadah cat yang berukuran 5kg, perlu di catat dalam memasukkan tanah sebaiknya jangan di injak karenaakan menyebabkan terlalu padat tanah.

Aduk media tanah yang sudah di campurkan pupuk tadi hingga merata sehingga daun bawang siap untuk di tanam. Untuk penanaman ini sebaiknya di lakukan pada sore hari ketika tidak ada matahari dalam 12 jam.

Untuk posisi sebaiknya penanaman di lakukan dengan posisi tegak atau lurus dan lubangi media tanam pot atau polybag tersebut sedalam 10 cm. Jangan lupa untuk menyiram dan pastikan bibit tersebut kooh tertanam agar tidak mudah robh saat di lakukan penyiraman.

Penyiraman rutin dilakukan pada awal pembibitan dan sebaiknya jangan sampai ada air yang tergenang karena dapat menyebabkan akar akan menjadi busuk. Untuk penyiraman bisa di lakukan 2-3 hari sekali tergantung dari cuaca karena bila hujan kita tidak perlu untuk menyiramnya. Untuk jam penyiraman yang tepat adalah pada pukul 09.00 dan 17.00.

Masa panen yang tepat adalah di lakukan setelah 2.5 bulan setelah bibit di pindah atau 5 bulan dari pertama Anda melakukan persemaian bibit. Ciri – ciri bibit yang sudah bisa di panen adalah saat sudah menguning bagian daunnya atau sudah tumbuh lebat dan banyak anak-anak daun bawang tersebut. Namun bila ingin di gunaan sehari-hari tidak perlu mennunggu terlalu lama seperti yang sudah di jelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *