Contoh Tanaman Hidroponik

Posted on

Bercocok tanam secara hidroponik memiliki beberapa keuntungan, salah satunya tidak memerlukan lahan yang begitu luas. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang mulai bercocok tanam secara hidroponik, terutama masyarakat daerah perkotaan. Teknik hidroponik juga tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya, itulah sebabnya tanaman yang ditanam secara hidroponik terlihat lebih segar dan bersih. Tidak semua tanaman dapat ditanam secara hidroponik. Hanya ada beberapa tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik. Tanaman yang ditanam umumnya merupakan tanaman hijau, bisa berupa sayur-sayuran atau bunga hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan tanaman yang masa pertumbuhan dan pembuahannya singkat atau tidak memerlukan waktu lama. Berikut bebrapa contoh tanaman hidroponik.

Inilah Keuntungan Menanam Secara Hidroponik
Inilah Keuntungan Menanam Secara Hidroponik

Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang banyak disukai oleh masyarakat. Bayam yang ditanam secara hidroponik memiliki kandungan vitamin yang lebih baik dan rasa yang lebih gurih, jika dibandingkan dengan bayam yang ditanam di tanah. Bayam biasanya diolah menjadi sup, keripik bayam dan masakan lainnya. Bayam yang ditanam secara hidroponik, harus diperhatikan pertumbuhannya. Usahakan agar tumbuhnya tidak terlalu besar, sebab bayam yang tumbuh terlalu besar dapat mengganggu sirkulasi udara. Waktu yang dibutuhkan untuk memanen bayam tidak terlalu lama, justru terbilang sangat cepat. Pemanenan bayam biasanya dilakukan pada hari ke-26 hingga ke-29. Pemanenan sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 29 hari, jika lebih maka bayam akan terasa pahit. Setelah hari ke-29 bayam diganti dengan bibit yang baru dan lakukan penanaman kembali.

Kangkung

Kangkung merupakan salah satu sayuran paling populer, bahkan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang lezat setelah diolah, kangkung juga memiliki manfaat yang baik. Kangkung dipercaya dapat mengatasi insomnia atau gangguan susah tidur. Bagi anda yang sangat menyukai sayuran kangkung, ada baiknya jika sayuran ini ditanam secara hidroponik.

Sawi [Menanam Sawi Secara Hidroponik]

Sama halnya dengan bayam dan kangkung, sayuran lain yang banyak digemari adalah sawi. Sawi dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Sawi banyak ditanam karena harga bibitnya murah. Sawi yang ditanam secara hidroponik harus dirawat dengan baik. Usahakan agar pengairannya tidak tersendat atau terhambat, sebab jika pengairan tersendat akan mengakibatkan sayuran tidak dapat tumbuh dan hasilnya pun akan merugikan.

Mentimun [Menanam Ketimun Secara Hidroponik]

Salah satu tanaman hidroponik lainnya yang sering ditanam adalah mentimun. Mentimun bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti acar, asinan dan lalapan. Selain itu mentimun juga memiliki berbagai manfaat, diantaranya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi jerawat dan menghaluskan kulit. Menanam mentimun secara hidroponik membutuhkan lahan yang sedikit lebih luas dan perawatan yang ekstra dibandingkan dengan tanaman lainnya. Oleh karena itu, ilmu dan pengetahuan tentang hidroponik sangat diperlukan, sebab akan menentukan hasil dari tanaman yang akan ditanam.

Tomat

Salah satu tanaman yang dapat dengan mudah ditanam secara hidroponik adalah tomat. Bahkan tomat dapat ditanam didalam ruangan, asalkan mendapatkan intensitas cahaya yang cukup agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang bagus. Tomat yang ditanam secara hidroponik memiliki kandungan vitamin yang lebih baik dan menghasilkan rasa ayang lebih manis. Hal yang harus diperhatikan ketika akan menanam tomat secara hidroponik adalah memilih bibit. Pastikan bibit yang dipilih adalah bibit yang paling baik, agar memperoleh hasil panen yang memuaskan.

Selada

Salah satu tanaman yang baik untuk ditanam secara hidroponik adalah selada. Sebab selada akan tumbuh subur meskipun tidak memerlukan perawatan yang rumit. Ketika bibit selada disemai, bibit selada akan tumbuh setidaknya dua daun dalam waktu kurang dari 2 minggu. Setelah tumbuh daun, bibit selada dipindahkan ke media tanam, kemudian dialiri dengan larutan nutrisi agar proses pertumbuhannya cepat sehingga akan mempengaruhi masa panen menjadi lebih cepat. Ketika bagian luar daun salada dipotong, maka bagian dalam salada akan tumbuh dengan cepat dan menggantikan daun salada yang dipotong. Mengkonsumsi selada secara rutin akan memberikan dampak positf bagi kesehatan tubuh. Di Indonesia sendiri, selada biasanya sering dijumpai sebagai lalapan untuk makan ayam goreng, pecel lele dan sebagainya.

Strawberry [Menanam Strawberry Secara Hidroponik]

Strawberry menjadi salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Strawberry banyak diolah sebagai bahan makanan seperti selai, bahan minuman bahkan pemanis untuk beberapa jenis kue. Strawberry yang masih segar biasanya dengan mudah ditemui di daerah dataran tinggi dan bersuhu dingin, seperti pegunungan. Namun saat ini strawberry sudah banyak ditanam secara hidroponik dengan menggunakan sistem tetes yang lebih mudah dalam perawatannya.

Itulah beberapa contoh tanaman yang dapat ditanam secara hidroponik. Anda bisa memilih salah satu jenis tanaman tersebut untuk ditanam di rumah Anda. Selain membuat rumah menjadi lebih menarik, menanam tanaman juga akan membuat udara rumah terasa lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *