Macam Macam Tanaman Budidaya Yang Menguntungkan

Posted on

Berbicara soal usaha, tidak ada yang lebih menyenangkan selain membuka usaha sendiri di rumah. Sebab, jika dibandingkan menjadi pegawai yang harus berangkat pagi pulang sore, lembur setiap hari dengan gaji yang tidak seberapa, tentu mencoba membuat usaha sendiri di rumah memberikan penghasilan yang lebih menjanjikan. Ada berbagai pilihan usaha yang bisa anda jalani, seperti di bidang seni, teknologi sampai di bidang pertanian dengan mempelajari macam macam tanaman budidaya yang menguntungkan anda.

Ya, tidak sedikit orang yang bekerja di kantoran memutuskan untuk berhenti bekerja, menggunakan tabungan untuk mengelola lahan dan memilih menjadi petani setelah mengetahui berbagai macam tanaman yang bisa dibudidayakan dan memberikan keuntungan tersendiri, seperti berikut.

Macam Macam Tanaman Budidaya Yang Menguntungkan
Macam Macam Tanaman Budidaya Yang Menguntungkan

1. Budidaya Tanaman Herbal

Tanaman herbal memang terdengar sepele. Sebab, pohonnya rata-rata berukuran kecil, apalagi buahnya yang terdengar seperti tidak dicari banyak orang di pasaran. Sebab, jika anda sudah membudidayakan, anda pun akan memperoleh keuntungan yang banyak. Hal ini karena semua tanaman herbal tumbuh dengan cepat, sehingga perawatannya pun jauh lebih berbeda dengan berbagai pohon yang besar seperti tanaman buah termasuk durian atau mangga.

Tanaman herbal juga seringkali di ekspor, sehingga peminatnya terbilang banyak. Dunia internasional saat ini benar-benar memiliki prioritas dan perhatian yang lebih pada bahan-bahan obat natural dan herbal tanpa efek samping. Itulah mengapa berbudidaya tanaman herbal menjadi fokus yang tepat, bahkan mereka tidak keberatan untuk membayar harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan masyarakat lokal. Beberapa tanaman herbal yang bisa anda budidayakan adalah jahe, temulawak, kunyit dan lainnya.

2. Budidaya Paprika

Pilihan lainnya untuk meraup untung dengan berbudidaya tanaman adalah mencoba menanam paprika. Hal ini disebabkan masih sangat jarang petani Indonesia yang menanam paprika. Sehingga, harganya menjadi begitu tinggi ketika dipanen. Budidaya tanaman ini bisa dimulai di daerah yang sedikit curah hujannya. Sebab jika curah hujan sedang tinggi, maka tanaman ini tidak bisa tumbuh dengan optimal dan kualitas buah pun kurang bagus. Untuk itu, ketika anda ingin berbudidaya paprika, akan lebih baik untuk menentukan waktu yang tepat sebelum menanamnya.

Harga paprika yang tidak murah menjadikannya masuk dalam golongan sayuran yang tersedia untuk mereka dengan kondisi ekonomi tingkat menengah ke atas. Paprika seringkali digunakan untuk tambahan bumbu masakan tumis-tumisan. Biasanya, paprika sering digunakan untuk menu masakan Barat.

3. Tomat

Tomat tergolong sebagai salah satu dari macam macam tanaman budidaya yang menguntungkan sebab tomat bisa tumbuh dalam waktu yang tergolong singkat. Perawatan dalam budidaya tomat juga tergolong tidak rumit, jika dibandingkan dengan cabe. Anda mungkin pernah mendengar bahwa harga tomat turun drastis, tetapi tomat masih masuk dalam salah satu budidaya tanaman yang menguntungkan karena walaupun harganya sedang turun, tetap saja anda masih bisa menjualnya, karena sering digunakan di berbagai olahan makanan.
Saat ini, yang paling terkenal adalah tomat rasa kurma. Olahan tomat dibuat dengan rasa dan bentuk yang mirip sekali dengan kurma. Ketika harga tomat sedang anjlok, anda pun tidak perlu panik. Selama anda memiliki ide kreasi yang unik, budidaya tomat bisa anda coba.

4. Budidaya Sayuran

Sudah menjadi fakta bahwa setiap rumah pasti akan menyediakan sayuran untuk disajikan pada keluarga. Sehingga, bukan hal yang remeh jika anda memutuskan untuk memulai budidaya sayuran setiap harinya. Di Indonesia saja, misalnya ada banyak ratusan orang yang masak sayur sop pada hari yang sama, sehingga bisa dijamin bahwa hasil panen sayuran anda pun tidak akan sia-sisa.
Sayuran masjuk pada kumpulan budidaya tanaman yang menguntungkan karena hal tersebut tidak ada matinya. Anda bisa menjualnya langsung ketika sudah memanennya di lahan anda.

5. Budidaya Kakao

Kakao sampai saat ini adalah salah satu sumber dana terbesar di Indonesia. Kakao adalah salah satu bisnis para petani yang betul-betul menguntungkan. Sebab, budidaya ini hasilnya juga sudah di incar oleh pasar luar negeri, jadi bukan hanya di pasar lokal saja. Memulai budidaya kakao membutuhkan waktu sekitar 2 tahun untuk anda yang ingin mendapatkan hasil yang sesuai.

6. Budidaya Rempah-Rempah

Hampir banyak negara tidak bisa lepas dari kebutuhan rempah-rempah. Di jaman yang modern ini, hampir semua lahan di banyak negara digunakan untuk permukiman, sehingga mereka tidak punya banyak pilihan selain menggantungkan negara lain untuk mendapatkan salah satu sumber kebutuhan mereka, termasuk dalam hal rempah-rempah. Sehingga, kondisi ini dapat anda manfaatkan dengan memulai berbudidaya rempah-rempah.
Indonesia sampai saat ini, masih menjadi raja dalam hal ekspor rempah-rempah terbesar di dunia. Banyak petani memilih berbudidaya rempah-rempah karena permintaan yang tinggi, selain itu penanamannya juga mudah. Beberapa rempah-rempah yang paling laris dicari oleh luar negeri adalah kunir, laos, jahe, kayu manis dan lainnya.

7. Budidaya Tanaman Hias Bunga Mawar

Saat ini, bisnis tanaman hias juga memberikan keuntunga yang besar bagi mereka yang berani menjadi petani bunga. Dalam budidaya tanaman hias bunga mawar, anda bisa menawarkan berbagai pilihan seperti menjual bibitnya, menjual bunga mawar dalam pot dan terakhir adalah menjual bunga mawar potong untuk hiasan atau dekorasi.

Beberapa pengusaha yang sudah menjalani bisnis ini bisa meraup hingga20 juta hanya dalam waktu sebulan dengan mengandalkan bisnis bunga mawar potong dalam skala industri rumahan. Fantastis kan? Sehingga, jika dibangun dalam skala bisnis yang lebih besar, maka bukan tidak mungkin untuk mendapatkan untung hingga ratusan juta setiap bulannya.

8. Budidaya Tanaman Hias Bunga Anggrek

Jika menurut anda bunga mawar bukan pilihan terbaik di lingkungan anda, opsi lainnya adalah mencoba berbudidaya tanaman hias bunga anggrek. Bunga anggrek sama dengan bunga mawar, masih menjadi favorit di kalangan masyarakat. Di Indonesia sendiri, bunga Anggrek lebih sering dijumpai di pekarangan rumah jika dibandingkan dengan bunga mawar. Sebab penggemarnya yang tidak sedikit, bunga anggrek pun bisa dijadikan salah satu tanaman hias yang betul-betul menguntungkan.
Dalam berbudidaya bunga anggrek, ada dua pilihan usaha yang bisa anda jalankan yaitu dengan berjualan bibit bunga anggrek atau menjual bunga anggrek yang sudah dewasa. Tentu saja, penanaman bunga anggrek sangat membuka lebar peluang bisnis, walaupun potensinya masih jauh lebih besar bunga mawar. Sebab, bunga anggrek tidak bisa dijual sebagai bunga potong.

Nah bagaimana? Apakah anda siap untuk keluar dari kantor anda, menggunakan uang tabungan anda untuk memanfaatkan lahan keluarga yang sudah anda punya dan beralih menjadi petani? Macam macam tanaman budidaya yang sudah dijelaskan di atas bisa anda pilih sesuai dengan kondisi lingkungan, cuaca dan perawatan yang anda inginkan. Kemudian, pelajari ilmunya baik secara online atau dengan berkonsultasi pada beberapa petani yang sudah berpengalaman di sekitar lingkungan anda. Tentu saja mereka tidak akan segan berbagi beberapa tips perawatan dengan anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *