Tanaman Hias Dalam Rumah

Posted on

Tanaman Hias Dalam Rumah – Pada umumnya, tanaman hias ditanam diluar ruangan. Namun ada juga beberapa tanaman hias yang dapat ditanam dalam ruangan. Selain untuk keindahan dan membuat ruangan tetap segar, tanaman hias juga bermanfaat untuk membersihkan udara dalam rumah. Dengan begitu udara di dalam rumah akan menjadi lebih segar, lebih sejuk  dan tentunya rumah akan semakin nyaman dan terlihat asri dengan adanya tanaman. Berikut beberapa tanaman yang bisa Anda tanam di ruangan rumah Anda.

1. Lidah Buaya
Lidah buaya (Aloe Vera) merupakan tanaman hias yang memilki banyak manfaat. Selain bermanfaat sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan dikembangkan sebagai bahan pembuatan kosmetik, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai tanaman hias dalam rumah yang berfungsi untuk membersihkan udara karena mampu menyerap karbondioksida, karbonmonoksida, formalhedida, dan monoksida. Lidah buaya dapat tumbuh dan bertahan hidup didaerah yang kering. Cara penanaman dan  perawatannyapun cukup mudah. Lidah Buaya hanya perlu waktu satu 1 jam untuk mendapatkan sinar matahari. Siram setiap hari pagi dan siang dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak. Biasanya pada daun lidah buaya terdapat bintik-bintik hitam jika lidah buaya sudah menyerap banyak racun.

2. Lidah Mertua
Lidah mertua (sanseviera) merupakan tanaman yang masih satu golongan dengan lidah buaya. Tanaman ini memiliki bentuk penampilan yang khas sehingga mudah dikenali. Daun yang keras, panjang, tegak dan bagian ujungnya meruncing. Lidah mertua dapat berfungsi sebagai penyaring ruangan / tanaman penyerap racun. Lidah mertua dapat menyerap karbondioksida, formaidehyde, benzene, dan trichloroethylene. Tanaman ini juga mampu menyerap berbagai jenis racun di ruangan seluas 100 meter persegi meskipun hanya dengan 5 helai daun saja. Tanaman ini juga digunakan untuk menghilangkan bau peralatan rumah tangga di Jepang.

3. Bunga Krisan
Bunga krisam (Chrysanthemum Morifollu) merupakan tanaman bunga yang terkenal karena kecantikan warnanya.  Merah, kuning, ungu, putih, pink dan masih banyak lagi. Bunga Krisan / bunga seruni dijadikan sebagai tanaman bunga nasional dan dikenal dengan nama bunga kiku di Jepang.  Bunga ini bisa tumbuh hingga tinggi 9cm. Selain bunganya yang cantik, tanaman ini juga memiliki aroma yang harum. Bunga krisan juga mampu menyerap zat berbahaya seperti benzene yang terdapat pada cat, lem, deterjen dan plastic. Bunga krisan bisa ditanam diluar atau dalam pot. Anda juga bisa memasukkan bunga krisan yang sudah dipetik kedalam pot air agar  bisa bertahan lebih lama dan membuat rumah terlihat lebih indah.

4. Sirih Gading
Selain sirih yang digunakan sebagai pengobatan, ada juga jenis sirih yang bisa dijadikan tanaman hias dan berguna untuk membersihkan udara. Sirih gading bisa ditanam dalam ruangan dengan media air. Setelah tanaman ini tumbuh lebat, sirih gading akan merambat dan menjuntai kebawah. Anda bisa menggunakan pot gantung sebagai wadah  agar tanaman ini terlihat lebih indah.

5. Sirih Belanda
Sirih belanda (scindapsus aureus) memiliki manfaat yang banyak selain sebagai tanaman hias dirumah Anda. Jenis tanaman merambat ini memiliki daun berbentuk hati dan masuk dalam family tanaman araceae. Sirih belanda merupakan salah satu tanaman hias yang wajib ada dirumah anda. Terutama jika dirumah anda ada orang yang suka merokok. Tanaman ini mampu menyerap, menyaring  dan menghilangkan racun-racun yang dikeluarkan oleh asap rokok. Sirih gading bisa bertahan hidup meskipun dalam keadaan  cuaca kering.

6. Kaktus
Kaktus merupakan tanaman yang dapat bertahan hidup ditempat yang kering karena tanaman ini mampu menyimpan air. Pada tanaman kaktus terdapat lapisan lilin yang dapat mencegah penguapan air. Selain digunakan sebagai penghias ruangan, kaktus juga bisa dimanfaatkan sebagai penyaring yang sangat baik dan sebagai anti radiasi yang mampu menghilangkan bakteri-bakteri yang ada di ruangan. Kaktus dapat menyerap karbondioksida pada malam hari dan mengeluarkn oksigen. Tanaman ini juga sangat mudah dirawat, yang terpenting harus terkena sinar matahari setiap harinya.

7. Palem Kuning
Palem kuning banyak dijumpai atau ditemukan ditempat-tempat umum seperti digedung perkantoran atau mall. Tidak hanya digunakan sebagai tanaman hias, palem kuning juga berfungsi sebagai pembersih udara dengan cara menyerap racun-racun yang dikeluarkan asap kendaraan atau asap rokok. Dalam sehari, tanaman ini diletakkan diluar ruangan minimal 1 jam agar tekena sinar matahari untuk menjaga kesuburannya.

8. Anggrek
Tanaman cantik ini cocok ditempatkan dalam rumah. Selain sebagai tanaman hias, bunga anggrek juga berfungsi untuk membersihkan udara pada malam hari dan mengeluarkan oksigen sehingga udara ruangan menjadi segar. Namun, perawatan tanaman ini lumayan sulit dan merepotkan.

9. Rubber Plant 
Rubber Plant / Karet Kebo merupakan tanaman hias dalam ruangan yang berfungsi untuk kesehatan, kerena getahnya bisa digunakan sebagai obat bisul. Tanaman ini memiliki tekstur daun yang licin, tebal dan berwarna hijau. Cara perawatannya cukup mudah, hanya mengelap daunnya agar tidak terlihat kusam dan berdebu.

10. Dragon Tree
Dragon Tree (Dracaena Marginata) merupakan tanaman yang berasal dari Madagaskar dan masih satu golongan / family dengan  Asparagaceae. Tanaman ini termasuk dalam tumbuhan semak. Tanaman ini cocok diletakkan dalam ruangan karena mampu menyerap sejenis xylene yang berasal dari pernis atau bensin.

11. Monstera Delicosa
Monstera Delicosa merupakan tanaman hias indoor dan outdoor berdaun lebar yang unik. Sebagai tanaman hias indoor, monstera delicosa bisa ditempatkan dalam pot dan diletakkan pada ruangan yang memiliki suhu alami bukan AC. Tanaman ini tumbuh dengan cepat dan lebat, sehingga untuk perawatannya Anda harus rajin memangkas tanaman ini.

12. Suplir Adiantum
Tanaman yang termasuk dalam tumbuhan paku ini merupakan tanaman hias yang cocok diletakkan dalam ruangan kerja anda. Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora yang terdapat dibawah daun ini memiliki bentuk daun yang memanjang tetapi sedikit membulat dibagian ujungnya. Selain sebagai tanaman hias yang tidak suka matahari, tanaman ini juga mampu menyerap radiasi yang dikeluarkan oleh printer dan monitor. Suplir Adiantum juga berfungsi menyerap racun dari rokok dan zat berbahaya lainnya. Itulah kenapa tanaman ini sangat cocok diletakkan di ruang kerja.

Baca juga:

  1. Cara memupuk tanaman hias
  2. Cara budidaya tanaman hias
  3. Merawat dan menanam anggrek bulan
  4. Menanam dan merawat bunga cempaka

Itulah beberapa tanaman hias dalam ruangan yang wajib ada dalam rumah atau ruangan kerja anda.  Selain sebagai tanaman hias yang menjadikan ruangan terasa lebih segar dan  sejuk, tanaman-tanaman tersebut juga ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *