Jenis Jenis Tanaman Hias Gantung

Posted on

Jenis Jenis Tanaman Hias Gantung – Tanaman hias gantung merupakan tanaman hias yang ditanam didalam pot, tetapi diletakkan di udara dengan cara digantung. Ada berbagai macam jenis tanaman hias, salah satunya tanaman hias yang bisa dirawat dengan cara digantung, baik tanaman hias bunga, daun atau buah. Bagi yang ingin menambahkan tanaman hias gantung di rumah, berikut beberapa pilihan tanaman hias gantung yang bisa digunakan sebagai referensi.

Jenis Jenis Tanaman Hias Gantung

Geranium
Geraniun (pelargoniums) merupakan jenis tanman hias yang  memiliki daun yang tangkainya panjang dan berwarna pucat atau gelap. Tanaman ini memiliki karakter yang agak berbeda, sehingga diperlukan perlakuan khusus dalam perawatannya. Misalnya pencahayaan yang diperlukan sekitar 6-8 jam agar bunganya bisa mekar.  Pada siang hari dibutuhkan tempeatur sekitar 60-70 derajat Fahrenheit sedangkan pada malam hari sekitar 55 derajat Fahrenheit. Anda juga harus memastikan tanaman ini agar terhindar dari serangan hama, seperti kumbang sehingga terjaga dari virus dalam getah yang telah dihisap.

Black Eyed Susan Vine
Black Eyed Susan Vine (Thunbergia Alata) merupakan tanaman hias gantung yang mudah tumbuh ditempat yang dingin, misalnya di wilayah Afrika, Asia dan Madagaskar. Tanaman hias ini mudah untuk dirawat. Black Eyed Susan Vine memerlukan tanah yang lembab, namun tidak terlalu basah dan sinar matahari yang cukup. Pastikan tanaman ini terhindar dari laba-laba yang akan menghambat proses pertumbuhan tanaman ini.

Fucshia
Tanaman dengan bunga yang cantik ini pada dasarnya merupakan semak belukar yang terdiri dari pohon-pohon berukuran kecil. Tanaman hias fuchsia memiliki warna dan tampilan yang menawan untuk dipandang. Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan keindahan tanaman fuchsia ini. Tanaman hias gantung fuchsia bisa ditempatkan pada suhu yang sedang, tidak terkena sinar matahari penuh sepanjang hari, sebab panas matahari yang berlebihan bisa menyebabkan tanaman ini menjadi lemah dan pertumbuhannya menjadi lambat. Media tanam yang digunakan sebaiknya tanah yang lembab dan tidak terlalu basah. Tanah yang basah bisa mengakibatkan akar tanaman membusuk. Pemupukan bisa dilakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali. Anda juga harus merawat dan menjaga tanaman hias ini agar terhindar dari gangguan serangga dan hama lainnya.

Lobelia
Tanaman hias gantung ini memiliki sifat aktraktif dan memiliki banyak varietas. Beberapa bunga lobelia berwarna biru muda keungu-unguan dan daun berwarna kekuning-kuningan. Ada juga yang berwarna merah, putih, pink dan biru untuk varian yang lainnya. Lobelia biasanya tumbuh sekitar 3 sampai 5 inchi, namun ada juga yang tumbuh sampai 3 kaki atau sekitar 90 cm. Tanaman hias gantung lobelia sebaiknya digantung pada tempat yang terkena cahaya matahari penuh dengan tanah yang lembab. Pemberian pupuk bisa dilakukan 6 minggu sekali dengan pupuk cair.

Begonia 
Begonia bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan tanaman hias yang akan ditanam di pot gantung. Begonia biasanya tumbuh didaerah tropis atau subtropis, namun tanaman ini juga bisa tumbuh dilingkungan yang agak berbeda. Perawatan tanaman ini cukup mudah. Tanaman ini juga mudah berbunga sehingga membuat kebun terlihat penuh. Bentuk tanaman ini mirip seperti bunga mawar. Begonia bisa tumbuh tinggi dari 6 sampai 9 inchi. Tanaman ini juga memiliki banyak varian dan warna.

Lantana
Tanaman ini merupakan tanaman yang cukup ideal dijadikan sebagai tanaman gantung. Selain tanaman ini mudah tumbuh, warna bunganya juga lebih cerah sehingga area sekitarnya menjadi berwarna.  Tanaman ini juga memiliki waktu mekar yang panjang, baik ketika musim dingin atau musim panas. Tanaman ini bisa tumbuh 6 inchi atau sekitar 15 cm. Variasi warnanyapun banyak orange, kuning, ungu, merah dan putih.

Portulaca
Portulaca / sun rose / moss rose merupakan tanaman yang indah dan mengagumkan meskipun pertumbuhannya lambat. Tanaman ini biasanya digunakan untuk memperindah bangunan tua, pintu, gerbang atau lorong. Tak aneh jika portulaca bisa tumbuh keluar dan menyebar kebawah jika ditanam di pot gantung.

Baca juga:

  1. Tanaman hias dalam rumah
  2. Cara memupuk tanaman hias
  3. Cara budidaya tanaman hias

Sweet Alyssum
Sweet Alyssum (Lobularia Maritima) merupakan tanaman hias gantung yang banyak dirawat karena memiliki tampilan yang indah, rapi, aroma wangi serta bunga yang berwarna hijau dan bentuknya yang lancip mirip tombak. Tanaman ini sebaiknya diletakkan pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, tanah yang lembab dan memiliki pengairan yang cukup. Pertumbuhan tanaman ini akan terganggu jika kekurangan air. Selain itu Anda juga harus memastikan tanaman ini  terhindar dari gangguan hama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *