Cara Budidaya Tanaman Hias

Posted on

Cara budidaya tanaman hias – Tanaman hias merupakan tanaman yang sengaja ditanam dengan tujuan sebagai dekorasi taman, kebun atau untuk hiasan ruangan agar terlihat lebih indah. Umumnya tanaman hias memiliki tampilan yang menarik. Biasanya bagian yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias tidak hanya bunganya saja, tergantung kesan keindahan yang dimiliki tanaman tersebut. Bisa daun, buah, batang, aroma dan bentuk atau bahkan ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar  diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan dapat dijadikan sebagai tanaman hias.

Menanam tanaman hias tidak hanya membuat rumah terlihat lebih indah, lebih segar dan lebih sejuk. Menaman tanaman hias juga bisa dijadikan sebagai bisnis yang dapat menambah penghasilan Anda. Bagi Anda yang berminat menanam tanaman hias sebagai mata pencaharian, setidaknya Anda harus mengetahui cara membudidayakan tanaman hias yang baik dan benar.

Cara Budidaya Tanaman Hias

Berikut beberapa langkah / cara untuk membudidayakan tanaman hias :

Persiapan Membudidayakan Tanaman Hias
Siapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk memulai budidaya tanaman hias. Kebutuhan yang diperlukan biasanya meliputi peralatan dan perlengkapan untuk menanam dan merawat tanaman. Selain itu sebagai pemilik budidaya tanaman hias, Anda harus terus mengembangkan teknik dan memperbanyak pengetahuan tentang budidaya tanaman hias sehingga budidaya tanaman hias Anda bisa semakin berkembang. Anda juga bisa meningkatkan bahan, alat dan menambah varian tanaman hias.

Pemilihan Tanaman Hias
Memilih jenis tanaman tentu merupakan bagian penting dalam membudidayakan tanaman hias. Setiap tanaman memerlukan perawatan dan kebutuhan yang berbeda. Ada banyak jenis tanaman hias, anda dapat memilih beberapa tanaman hias yang akan Anda budidayakan. Hanya saja, untuk pemula yang baru mengetahui budidaya tanaman hias, sebaiknya pilihlah jenis tanaman hias yang tingkat perawatannya mudah, tidak sensitive dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Pemilihan tanaman juga dapat disesuaikan dengan ketertarikan atau kesukaan Anda, sehingga Anda akan semakin maksimal dalam melakukan perawatan tanaman hias tersebut.

Peralatan
Peralatan yang digunakan untuk menanam tanaman hias cukup sederhana seperti pot, sekop kecil, semprotan air, tanah / media tanam dan pupuk kompos. Biasanya pemilik budidaya menggunakan pot yang bisa dipindahkan dengan mudah dan pilihlah ukuran pot yang sesuai dengan ukuran jenis tanaman hias yang akan ditanam. Selain itu, pastikan ketersediaan air yang akan digunakan untuk menyiram tanaman hias.

Media Tanam
Pemilihan media tanam yang tepat untuk tanaman hias merupakan salah satu unsur penting dalam keberhasilan budidaya tanaman hias.  Media tanam dibagi menjadi dua, yaitu media tanam berbahan organik dan anorganik. Media tanam berbahan organik memiliki banyak unsur hara yang dapat digunakan untuk membantu pertumbuhan tanaman. Media tanam organik biasanya berupa pupuk kandang, humus, cacahan pakis, arang sekam, sabut kelapa, kompos dan moss. Sedangkan media tanam anorganik memiliki kandungan mineral yang baik. Media tanam anorganik berupa pasir, spons, kerikil, batu dan pecahan batu.

Penanaman Tanaman Hias
Menanam tanaman hias tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus memperhatikan jenis tanaman hias yang akan ditanam. Setiap tanaman hias memiliki cara penanaman yang berbeda. Biasanya penanaman dilakukan pada tempat yang telah tersedia.

  • Siapkan pot dan media tanam. Jika media tanam yang digunakan adalah tanah, maka campurkan dahulu dengan pupuk kompos agar tanah memiliki nutrisi dan unsure yang baik untuk proses pertumbuhan tanaman hias. Media tanam sebaiknya dibuat beberapa hari sebelum proses penanam tanaman hias. Hal itu bertujuan agar tanah bisa menyerap kandungan pupuk kompos secara menyeluruh.
  • Selanjutnya Anda bisa langsung menanam tanaman hias sesuai dengan jenis tanamannya. Bisa dari biji, anakan atau yang lainnya. Jika bibit yang digunakan adalah biji, maka Anda harus memastikan bahwa biji yang akan ditanam tersebut memiliki kualitas baik. Setelah media tanam siap untuk ditanami dan bibit siap untuk ditanam, Anda bisa langsung memasukkan dan menanam bibit tanaman. Lalu, siramlah dengan air secukupnya. Agar bibit tanaman tumbuh dengan baik, Anda perlu memastikan kebutuhan air tanaman hias tercukupi pada awal penanaman.
Baca juga :

Itulah beberapa langkah / cara Budidaya Tanaman Hias. Semoga beberapa cara tersebut bisa membantu Anda untuk membudidayakan tanaman hias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *