Bagian-bagian bunga kembang sepatu

Posted on

Bagian-bagian bunga kembang sepatu – Pada dasarnya bunga terdiri dari dua macamyaitu bunga yang sempurna dan bunga tidak sempurna. Bunga sempurna yaitu bunga yang memiliki bagian bunga lengkap, seperti bunga mawar melati, bunga sepatu, dll. Sedngkan bunga tidak sempurna yaitu bunga yang hanya memiliki satu alat kelamin baik putik ataupun benang sari. Contohnya salak, siwalan, melinjo, jagung dan kelapa.

Mengapa bunga kembang sepatu? Karena kami akan membahas tentang bagian-bagian bunga sepatu. Bagi kalian yang belum tahu apa saja bagian-bagian dari bunga kembang sepatu maka, saya disini akan memberikan informasi tentang apa saja sih bagian dari bunga sepatu serta pengertian dan fungsi dari masing-masing bagian bunga kembang sepatu tersebut.

Sebelum membahas bagian- bagian bunga kembang sepatu, maka kita harus mengetahui bunga kembang sepatu itu. Bunga kembang sepatu memiliki bentuk bunga yang besar, dengan warna merah dan tidak berbau. Bunga ini merupakan tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunga ini juga merupakan bunga nasional Malaysia.

Bagian-bagian bunga kembang sepatu

Bagian-bagian bunga kembang sepatu :

Bunga kembang sepatu terdiri dari 2 bagian, yaitu bagian steril dan bagian fertil. Bagian streril merupakan bagian bunga yang bukan merupakan bagian dari reproduksi. Bagian streril terdiri dari

  • Ibu tangkai bunga (pendunculus) merupakan aksis pembungaan sebagai lanjutan dari batang atau cabang.
  • Tangkai Bunga (pedicellus) merupakan cabang terakhir yang menopang bunga.
  • Daun pelindung (brachtea) merupakan daun terakhir yang di ketiaknya tumbuh bunga.
  • Dasar bunga (receptacle) berfungsi sebagai tempat kedudukan bunga itu sendiri, dan dasar bunga ini berada pada bagian bawah yaitu di atas tangkai bunga.
  • Daun tangkai (brachteola) merupakan daun pelindung yang terletak di pangkal tangkai bunga.
  • Perhiasan bunga, terdiri dari 
  1. Daun kelopak merupakan daun perhiasan bunga yang terletak paling pangkal berwarna hijau, berkelompok membentuk kelopak bunga yang berbentuk seperti daun, dan berfungsi sebagai pelindung mahkota bunga saat masih kuncup.
  2. Mahkota bunga mempunya varian warna yang menarik. Dengan warna yang menarik mahkota bunga ini sering disebut dengan perhiasan bunga dan berfungsi untuk memikat serangga-serangga untuk proses penyerbukan. Daun kelopak dan mahkota bunga mempunyai struktur sama, yaitu terdapat banyak sel parenkimatis. Parenkim terletak antara bagian epidermis bawah dan atas. Daun kelopak memiliki struktur yang sederhana, sel-selnya juga mengandung zat hijau daun. Sementara sel-sel daun mahkota memiliki epidermis yang berbentuk berupa tonjolan yang disebut dengan papila yang dilapisi dengan kutikula.

Bagian Fertil merupakan bagian organ reproduksi yang terdiri dari benang sari dan putik (pistillum)

  • Mikrosporofil yaitu berupa benang sari (stamen) yang terdiri dari kepala sari (anthera), tangkai sari (filamen), dan pendukung kepala sari.
  • Makrosporofil berupa daun buah (carpel), terdiri dari bakal biji dan membentuk putik. Yang akan menjulur ke luar dari dasar bunga.

Benang sari dan putik yang terdapat pada bunga sepatu memiliki struktur yang sangat berbeda.
Benang sari dan putik merupakan organ reproduksi bagi bunga itu sendiri. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina. Putik terdiri dari dua bagian yaitu kepala putik dan tangkai putik.

Demikian penjelasan tentang bagian-bagian dari bunga kembang sepatu dari saya, semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta dapat bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *