Tips Mudah perawatan Bunga Dahlia

Posted on

Tips Mudah perawatan Bunga Dahlia – Bunga dahlia adalah salah satu jenis tanaman hias yang sangat popular di kalangan masyarakat terutama bagi orang yang gemar mengkoleksi tanaman hias. Selain itu bentuk bunganya yang begitu indah membuat bunga dahlia menjadi tanaman hias yang paling banyak di tanam di pot dan di letakkan di teras rumah untuk mempercantik tampilan rumah.

Bunga dahlia ini juga digemari karena banyaknya variasi warna bunganya seperti merah, pink, kuning serta jingga. Dalam pembudidayaannya bunga dahlia tergolong jenis tanaman yang mudah untuk dibudidayakan, maka dari itu banyak sekali petani tanaman hias yang menjadikan bunga dahlia sebagai salah satu tanaman yang menjanjikan penghasilan.

Bunga dahlia merupakan tanaman hias yang berasal dari Negara meksiko, bunga ini memiliki sifat tahunan yang berarti akan berbunga sekali dalam setahun dan biasanya akan berbunga pada musim panas sampai musim gugur saja.

Di Indonesia sendiri bunga dahlia begitu popular sampai  menyebar di berbagai daerah. Begitu banyak sekali jenis bunga dahlia seperti juarezii, pinnata, variabilis dan coccinea. Tubuh bunga dahlia dapat tumbuh sekitar 5 cm sampai 30cm, bunga dahlia merupakan tanaman yang sangat memerlukan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Tanaman ini sangat cocok sekali jika di tanam di daerah yang memiliki ketinggian 700 meter sampai 1000 meter di atas permukaan laut.
Media tanah yang baik untuk menanam bunga dahlia haruslah tanah yang memiliki tingkat keasaman atau PH sekitar 6 sampai 8. Jenis tanah yang  baik untuk menanam bunga dahlia adalah tanah jenis lempung berpasir yang banyak mengandung humus.

Cara penanaman bunga dahlia pada umumnya sama dengan tanaman hias lainnya, yaitu dengan cara pembibitan dari benih bunga atau stek. Cara penanaman menggunakan benih bunga bertujuan untuk mendapatkan variasi warna bunga. Sedangkan penanaman menggunakan cara stek bertujuan untuk menduplikasi bunga.

Sedangkan untuk perawatan bunga dahlia, umumnya sama dengan tanaman hias lainnya. Yaitu seperti penyiraman, pemupukan dan lain sebagainya, untuk lebih jelasnya berikut akan kami paparkan penjelasan bagaimana cara merawat bunga dahlia dengan baik dan benar.

Tips Mudah perawatan Bunga Dahlia

Tips Mudah perawatan Bunga Dahlia


Penyulaman dan penjarangan
Untuk mendapat bibit yang unggul dan seragam umumnya memerlukan jangka waktu sekitar tiga minggu. Biasa pada saat proses penanaman bibit, bibitnya tidak akan tumbuh secara sempurna karena biasanya tidak mendapatkan air dalam jumlah yang cukup. Untuk itulah di adakan penjarangan bunga terutama pada bunga dahlia jenis kaktus (putih), dilakukan penjarangan pada jenis bunga dahlia ini agar bunga dalam satu tangkai tidak terlalu banyak jumlah bunganya.

Penyiangan
Penyiangan adalah suatu kegiatan mencabut gulma yang ada di sekitar tanaman. Sedangkan gulma adalah tanaman liar yang tumbuh di sela-sela tanaman kita tanam. Penyiangan dapat anda lakukan sesuai dengan pertumbuhan gulma, biasa dilakukan dengan cara mencabutnya atau membunuhnya dengan obat gulma.

Penyiraman secara rutin
Dalam melakukan penyiraman yang baik terhadap bunga dahlia, adalah melihat terlebih dahulu pertumbuhan dari bunga dahlia tersebut. Jika bunga dahlia pada awal pertumbuhannya biasa membutuhkan penyiraman harus dilakukan secara rutin, tanah yang dekat dengan batang bunga sampai bagian terluar jangan sampai kering. Biasanya memerlukan penyiraman sebanyak 2 sampai 3 kali sehari tergantung cuaca, selepas itu anda dapat melakukan penyiraman setiap 5 hari sekali.

Pemupukan
Pemupukan pada bunga dahlia pada dasarnya hampir sama dengan bunga-bunga yang lain, namun pada bunga dahlia membutuhkan perhatian khusus karena memang bunga dahlia berkembang biak sedikit terlambat. Pemupukan bunga dapat anda lakukan selama 10 hari sekali, pupuk yang digunakan biasanya adalah urea, SP-36 dan KCI masing-masing pupuk hanya membutuhkan sebanyak 2 gram saja. Atau anda juga dapat menggunakan pupuk NHK sebanyak 5 gram.

Baca juga:

  1. Cara Merawat Bunga Bougainvillea
  2. Tanaman yang menyerap racun
  3. Menanam bunga matahari hingga berbunga
  4. Merawat Tabulampot dengan baik

Bunga dahlia memang bunga yang indah jadi jika perawatan yang salah pasti akan membuat bunga menjadi tidak bagus dan akan menyebabkan hal-hal yang buruk lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *