Tips Merawat Bunga Agar Tidak Layu

Posted on

Tips Merawat Bunga Agar Tidak Layu – Semua wanita pasti menyukai bunga dong ya  tanaman dapat berbunga cepat , lebat dan tetap segar yaitu dengan cara penanaman yang baik dan benar.Tapi sudah taukah kamu bagaimana cara merawat bunga yang baik dan benar agar tidak mudah layu ? disini kita akan membahas bagaimana tips merawat bunga agar tidak layu dan tetap segar sepanjang hari. Sebenarnya cara merawat bunga itu cukup mudah, bahan-bahan yang digunakan untuk merawatnya pun juga sangat mudah untuk didapatkan. Perawatan ini tidak hanya disiram dengan air saja, tetapi membutuhkan perawatan yang lebih jika kita menginginkan bunga tetap mekar dan tidak layu.

Tips Merawat Bunga Agar Tidak Layu

Berikut cara merawat bunga segar :

Bunga dalam pot
Sebelum kita tanami bunga, pot harus dalam keadaan bersih. Lalu masukkan tanah dan pupuk secukupnya agar bunga dapat tumbuh degan baik. Selanjutnya siram bunga dengan air hangat. Hindarkan bunga dari paparan sinar matahari langsung agar bunga tidak cepat layu, letakkan bunga ditempat yang teduh. Penyiraman bunga dilakukan setiap hari agar bunga tetap segar dan indah.

Kebun Bunga
Untuk membuat sebuah kebun pastikan tanahnya subur agar bunga yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik dan mendapatkan nutrisi yang cukup. Pemberian pupuk kompos dapat mempercepat pertumbuhan bunga anda. Perhatikan jangan sampai tumbuh rumput-rumput liar disekitar tanaman bunga karena dapat menghambat pertumbuhan bunga. Penyiraman bunga sangat diperlukan dalam merawat kebun bunga agar tanah tetap subur dan bunga tetap mekar dan indah. Penyiraman dapat dilakukan setiap pagi dan sore hari. Penyiraman lebih baik menggunakan semprotan agar tanaman dapat tersiram secara merata. Yang disiram adalah bagian akar atau media tanamnya, jangan sampai terkena daun dan bunga nya agar tidak mudah layu.

Penasaran apa saja penyebab tanaman bunga dapat layu dan cara mengatasinya ? itu juga akan kita bahas dibawah ini, jadi tetap melanjutkan membacanya ya.

Tanaman kurang cairan
Penyebab paling utama bunga layu adalah kekurangan air. Sebagian besar kebutuhan hidup bunga adalah air. Jadi pastikan bahwa bunga yang anda tanam selalu mendapatkan air yang cukup dengan cara menyiram tanaman bunga secara rutin dan juga tidak berlebih.

Terserang penyakit akibat jamur atau bakteri
Penyakit pada tanaman juga dapat mengakibatkan tanaman bunga ini layu. Untuk mengobatinya anda dapat memotong bagian yang terserang penyakit tersebut agar ia tidak menyerang bagian yang lainnya sehingga bagian bunga yang lainnya dapat tetap hidup dengan baik. Agar tidak mudah layu, tanaman perlu diberi semprotan pestisida atau suntikan anti hama agar tidak diganggu oleh hama atau penyakit-penyakit tanaman lainnya.

Kekurangan cahaya matahari
Cahaya matahari sangat diperlukan tanaman untuk berfotosintesis. Apabila ia kekurangan cahaya matahari maka ia akan kesusahan untuk memenuhi kebutuhan tanaman bunga tersebut. Perhatikan jenis bunga mana yang membutuhkan sinar matahari lebih dan mana yang harus berada ditempat teduh. Karena tidak semua jenis bunga cocok ditempatkan pada area yang terkena sinar matahari langsung yang dapat menyebabkan bunga menjadi mudah kering dan layu.

Baca juga :

  1. Menanam bunga anggrek di pot dan tanah
  2. Agar bunga atau pohon melati subur
  3. Merawat serta menanam tanaman hias
  4. Agar melati cepat berbunga
  5. Menanam dan merawat bunga melati

Mungkin itulah beberapa tips yang bisa anda praktikkan agar bunga yang anda tanam tetap segar dan tidak mudah layu. Semoga tips yang kami beri dapat sedikit membantu dan menambah informasi wawasan anda tentang merawat bunga segar. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *