Tanaman Hias yang Menyerap Racun

Posted on

Tanaman Hias yang Menyerap Racun – Tanaman hias tidak hanya dapat mempercantik perkarangan rumah dan di dalam ruangan, ternyata ada beberapa tanaman hias yang mampu menyerap racun yang ada di udara. Pencemaran udara tidak hanya disebabkan oleh pabrik, kenalpot kendaraan, asam rokok dan lainnya. Hal itu dapat terjadi dimana saja baik di tempat kerja, jalanan bahkan di dalam rumah anda sendiri.

Untuk menjaga kesegaran udara yang ada di sekitar anda, cobalah untuk menanam beberpa tanaman hias yang dapat membersihkan udara atau menyerap racun, seperti bunga lili, lidah mertua dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya silakan simak penjelasannya dibawah ini.

Tanaman Hias yang Menyerap Racun

Tanaman Hias yang Menyerap Racun


Bunga lili
Bunga lili sangat terkenal dan efektif dalam menetralisir racun benzene yang terkandung dalam asam rokok. Bunga cantik berwarna putih ini juga mampu meminimalisir kandungan berbahaya lainnya seperti alcohol, aseton, trikloro dan formaldehida yang terkandung pada alat tulis kantor. Hal tersebut membuat bunga lili sangat cocot bila di letakkan di dalam ruang tamu maupun ruang kerja anda di dalam kantor.

Bunga lidah mertua
Lidah mertua merupakan tanaman hias yang paling banyak kita temui di dalam ruangan, selain dapat mempercantik ruangan lidah mertua ternyata mampu menyerap 107 unsur polutan udara, termasuk senyawa formaldehida yang ada di dalam asam rokok. Tidak hanya itu, lidah mertua juga mampu menyerap radiasi akibat peralatan elektronik.

Bunga sirih belanda
Bunga sirih belanda atau dengan nama latin scindapsus aureus ternyata juga ampuh untuk meminimalisir terhadap senyawa formaldehida dan benzene yang terkandung dalam asam rokok. Dalam jangka waktu sehari saja sirih belanda mampu menyerap kedua racun tersebut sebanyak 50%, selain itu juga sirih belanda juga mampu menyerap gas karbon monoksida yang dihasilkan oleh ruangan tersebut sebanyak 75%. Yang membuatnya digemari adalah karena cara penanaman dan perawatannya yang terbilang sangat mudah.

Palem kuning
Tanaman ini sangat mudah sekali untuk dikenali, anda dapat mengetahuinya dengan sekali melihatnya. Ciri khas dari tanaman ini adalah batangnya yang cenderung berwarna kuning, terutama jika terkena sinar matahari. Palem kuning ternyata dapat lebih banyak menyerap rancun dibandingkan dengan tanaman lainnya, seperti menyerap formaldehida, benzene, karbon monoksida, ammonia dan xylene.

Pakis boston
Dari namanya saja sudah diketahui bahwa bunga ini tidak berasal dari Indonesia, ya memang benar. Bunga pakis boston memang tidak berasal dari Negara kita melain dari Negara paman sam(amerika). Namun bagi pencinta tanaman hias pakis boston atau nama lainnya yaitu pakis pedang sudah tidak asing lagi ditelinga.

Stomata yang terdapat di dalam bunga ini  berguna sebagai vacuum cleaner, yang dapat menyedot berbagai macam racun yang di sebabkan oleh asam rokok, racun-racun tersebut akan dimasukkan dalam metabolisme pakis boston dan di jadikan zat yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Sri rejeki
Tanaman sri rejeki merupakan jenis tanaman dari keluarga talas-talasan. Nama sri rejeki di kenal hanya di Indonesia saja, sedangkan nama keren dari tanaman ini adalah aglaonema. Sri rejeki dipercaya mampu menghadapi polutan-polutan yang ada di dalam rumah, termasuk yang disebabkan oleh asap rokok.

Di sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah Universitas yang ada di malang, menunjukkan bahwa jika menempatkan sri rejeki usia dewasa di tambah dengan lidah mertua, mampu mengantikan fungsi air purifier untuk menetralisir kandungan berbahaya.

Bunga gerbera
Bunga gerbera biasanya di jadikan salah satu bunga buket, alasannya karena bunga yang beragam dan menawan. Bunga gerbera ternyata juga di tanam di vas berisi air dan diletakkan di dalam ruangan untuk mempercantik tampilan ruangan tersebut.
Selain bentuk bunganya yang indah, gerbera ternyata juga dapat menyerap racun dari asam rokok dan polutan sebanyak 90%. Bunga gerbera juga dapat menghasilkan uap air yang dapat menyegarkan udara, untuk lebih mendapatkan kesegaran bunga ini anda bisa meletakkan 2-3 bunga di dalam sebuah ruangan.

Kembang sepatu
Kembang sepatu selain memiliki tampilan yang sangat cantik, ternyata mampu menyerap gas nitrogen yang ada di sekitar rumah. Tidak hanya itu, kembang sepatu juga ampuh dalam menetralkan segala  macam racun. Namun jangan sekali-kali anda meletakkan bunga ini di dekat ruang radiografi, karena kembang sepatu dapat meneruskan radiasi yang sangat berbahaya bagi orang di sekitar bunga dan ruang radiografi tersebut.

Baca juga:

  1. Menanam bunga matahari hingga cepat berbunga
  2. Menanam Tabulampot dengan baik dan benar
  3. Cara menanam biji bunga matahari
  4. Cara mudah merawat bunga adenium

Itulah beberapa tanaman hias yang dapat meyerap racun, dengan menanamnya udara rumah kita akan menjadi lebih sejuk dan segar. Tanaman-tanamanya juga sangat mudah untuk di temukan di sekitar tempat tinggal kita.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *