Panduan Cara Merawat Bunga Bougainvillea

Posted on

Cara merawat bunga bougenville – Bunga bougenville mungkin saat pertama kali mendengar nama itu terlintas merupakan bunga yang sangat indah sekali, terutama bagi orang yang tidak terlalu menyukai bunga. Namun tahukah anda sebenarnya bunga bougenville tersebut merupakan sebuah nama lain bunga kertas. Bunga kertas sendiri berasal dari amerika bukan dari Indonesia, namun anda dapat menemukan bunga kertas banyak di tanam dipekarangan rumah terutama di daerah-daerah perumahan. Selain dapat menghiasi rumah, bunga bougenville juga memberikan  warna dekorasi rumah dan di jadikan sebagai tanaman hias yang begitu fantastik. Fungsinya ternyata bisa digunakan sebagai pembatas atau pagar atau sekedar tanaman pot hiasan.

Daya tarik dari bunga kertas ini adalah banyaknya pilihan warna seperti putih, merah, ungu, orange, kuning serta biru dan bentuk pohonnya yang mudah sekali bila kita bentuk sesuka hati. Selain itu kelopaknya yang tidak sepenuhnya mekar, dengan tiga buah tajuk yang ada di dalamnya, ikut berbunga di dalamnya seakan mempercantik tampilannya juga merupakan daya tarik bunga ini, serta kelopak bunga yang mirip kertas warna-warni juga  sangat unik.

Bunga bougenville atau bunga kertas memiliki ciri khas saat mereka sedang berbunga, biasanya saat bunganya muncul mereka akan merontokkan daun sendiri sehingga membuat bunganya terlihat menutupi daunnya atau bunganya terlihat lebih ribun dari pada daunnya.

Untuk itu jika anda seseorang yang awam mengenai bunga dan ingin terjun dalam bisnis bunga atau  ingin menanam bunga dipekarangan rumah anda sendiri. Anda dapat mencobanya dengan cara merawat bunga bougenville ini, kenapa harus bunga bougenville? Karena bunga ini dapat tumbuh dimana saja dan perawatannya cukup mudah untuk dilakukan. Maka dari itu sebaiknya anda mengikuti cara yang sangat sederhana dalam merawat bunga bougenville ini. Berikut caranya:

Panduan Cara Merawat Bunga Bougainvillea

Panduan Cara Merawat Bunga Bougainvillea


Penyiraman
Pada saat melakukan penanam  bunga bougenville memerlukan air yang cukup banyak untuk tumbuh, ini sama halnya dengan tanaman lain pada saat penanaman. Karena akar yang baru saja tumbuh membutuhkan nutrisi air lebih banyak di bandingkan dengan akan yang sudah tubuh besar. Jadi ketika bunga bougenville sudah tumbuh dewasa ia tidak akan membutuhkan air sebanyak saat dalam fase pertumbuhan awal.

Fase ini biasanya terjadi saat bunga bougenville mulai memperlihatkan kuncupnya yang siap untuk berbunga, pada saat fase ini anda tidak perlu melakukan penyiraman karena jika anda lakukan dapat membuat bunga bougenville tidak jadi mekar, dan pada dasarnya akan berlangsung selama 4 hari. Setelah seluruh bunga sudah mekar semua barulah anda bisa melakukan penyiraman seperti biasanya.

Sinar matahari yang cukup
Bunga bougenville merupakan jenis tanaman bunga yang sangat memerlukan sinar matahari yang cukup banyak dalam sehari, ia membutuhkan sinar matahari sekitar 75% bahkan dalam keadaan panas sekalipun. Oleh karena itu sebaiknya anda menempatkan bunga bougenville tersebut di tempat yang terbuka, agar cukup mendapatkan sinar matahari.

Pemupukan tanaman
Bunga bougenville tidak membutuhkan pemupukan secara khusus, hanya seperti tanaman bunga lainnya. Bunga bougenville dapat anda berikan pupuk secara berkala dalam jumlah yang sudah sewajarnya. Namun jangan anda tidak berikan pupuk pada bunga bougenville, secara bunga tersebut dapat hidup dimana-mana. Karena bunga yang diberika pupuk  akan terlihat berbeda dengan yang tidak diberikan pupuk. Pada umumnya bunga yang diberikan pupuk akan terlihat lebih indah, subur dan lebat.

Pemangkasan secara rutin
Bunga bougenville memiliki sifat yang dapat tumbuh secara rimbun, sehingga tanaman ini dapat tumbuh dan berbunga dengan lebat. Untuk itu di perlukan pemangkasan secara rutin agat tanaman tidak tumbuh menjalar kemana-mana, dengan pemangkasan secara rutin dapat membuat tanaman bunga bougenville memiliki bentuk yang anda inginkan. Seperti bentuk pagar rumah yang dapat mempercantik tampilan rumah atau anda dapat membuat bentuk bonsai, selain itu pemangkasan juga bertujuan untuk menghidari penyakit dan hama tanaman.

Penyemprotan cairan anti hama
Untuk menghidari tanaman bougenville anda dari serangan ulat, hama dan penyakit lainnya, sebaiknya anda melakukan penyemprotan cairan yang dapat mengusir ulat dan hama sumber penyakit dari tanaman bunga bougenville anda. Sehingga tanaman dapat tumbuh subur dan dapat berbunga dengan lebat.

Baca juga:

  1. Tanaman yang menyera racun
  2. Maanam bunga matahari hinga berbunga
  3. Merawat tabulampot dengan baik
  4. Cara menanambiji bunga matahari

Sekian pembahasan tentang perawatan bunga Bougainvillea semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat jangan lupa baca artikel kami lainnya yang mungkin sedang anda ccari. Terimakasih

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *