Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur

Posted on

Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur – Jika anda menanam sebuah tanaman hias jangan sekali-kali anda menanamnya tanpa tahu bagaimana merawat tanaman tersebut dengan baik dan benar. Karena jika anda tidak mengetahui cara merawatnya bagaimana tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik dan subur, kunci dari menanam suatu tanaman adalah dengan melakukan perwatan yang tepat. Hal ini sangat penting karena tanaman hias membutuhkan perhatian khusus dibandingkan dengan tanaman jenis lainnya.

Tanaman hias memiliki fungsi untuk memperindah sebuah ruangan atau dapat memperindah pekarangan rumah anda, kalau tanaman hias tersebut tumbuh dengan baik. Tetapi jika tanaman hias tidak tumbuh dengan subur maka sangat percuma anda menanamnya.

Merawat tanaman hias agar dapat tumbuh dengan subur biasa dapat anda lakukan dengan melakukan pemupukan, penyiraman, pemangkasan dan lain sebagainya. Asalkan anda melakukannya dengan tepat dan sesuai dengan jenis tanaman hias yang anda tanam. Karena ada beberapa jenis tanaman hias yang membutuhkan perawatan khusus, seperti bunga anggrek, dan bunga dahlia. Untuk lebih jelasnya simak beberapa penjelasan berikut ini.

Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur

Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur


Pilih jenis tanaman terbaik
Melakukan pemilihan jenis tanaman terbaik memang kunci utama agar tanaman tersebut dapat tumbuh dengan subur. Jika anda menginginkan tanaman hias yang indah, hendaknya anda memilih jenis tanaman hias yang terbaik dan yang paling bagus. Anda dapat mengetahui jenis tanaman terbaik dari beberapa kriteria seperti besarnya batang, kondisi daun dan daya tahan tanaman terhadap serangan hama. Maka dari itu anda harus memilih bibit tanaman terbaik sehingga dapat menghasilkan yang terbaik pula.

Pilih media tanam yang baik
Media tanam juga harus anda perhatikan dalam penanaman sebuah tanaman, terutama tanaman hias. Karena media tanam dapat memperngaruhi kesuburan tanaman yang anda tanam. Media tanam pada umumnya dapat dilakukan dengan dua cara yang penanaman secara langsung di tanah dan penanaman menggunakan media pot.

Jika anda menanam tanaman hias menggunakan media pot, sebaiknya anda memperhatikan betul-betul susunan tanah yang ada dalam pot. Pastikan media tanam yang dipilih sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jika tidak diperhatikan maka biasanya tanaman dapat tumbuh subur di awal saja.

Pemberian pupuk yang tepat
Pemberian pupuk juga dapat mempengaruhi kesuburan dari tanaman hias yang anda tanam. Kegiatan pemupukan sebaiknya anda lakukan dengan dua cara yaitu dengan pemupukan dasar dan pemupukan tambahan. Pemupukan dasar sebaiknya anda menggunakan pupuk organic yang kemudian dapat anda campurkan dengan media tanamnya secara langsung, sedangkan pemupukan tambahan anda dapat menggunakan pupuk kimia, namun harus diperhatikan juga bila menggunakan pupuk kimia komposisinya harus sesuai dengan tanaman dan jangan terlalu banyak.

Penyiraman secara teratur
Setiap makhluk pasti membutuhkan air, begitu juga dengan tanaman hias yang anda tanam. Jika tanaman hias anda kekurangan air maka ia akan layu dan kemudian bisa mati, sedangkan jika kebutuhan air tanaman dapat dipenuhi maka tanaman hias tersebut dapat tumbuh dengan subur dan segar. Penyiraman yang tepat dapat anda lakukan pada waktu pagi hari dan sore hari.
Saat melakukan penyiraman, sebaiknya anda memperhatikan tingkat kebutuhan air tanamannya. Karena ada beberapa jenis tanaman yang membutuhkan banyak air da nada juga tanaman yang tidak terlalu membutuhkan air banyak. Dan anda juga harus memperhatikan cuaca jika akan melakukan penyiraman.

Penyiangan 
Penyiangan adalah kegiatan mencabut atau membunuh gulma (tanaman liar yang tumbuh disekitar tanaman). Anda dapat melakukan penyiangan apabila tanaman di tanam di media tanam tanah dan terdapat gulma seperti yang sudah di jelaskan kemarin pada artikel cara merawat bunga dahlia.

Pemangkasan secara teratur
Pemangkasan dapat anda lakukan jika tanaman hias anda tumbuh dengan lebatnya dan menjalar kemana-mana. Pemangkasan sebaiknya dilakukan dengan memotong daun dan ranting-ranting, pemangkasan juga dapat berfungsi menjadikan tanaman hias anda semakin menarik dan dapat anda bentuk sesuai dengan keinginan anda.

Memperhatikan kebutuhan sinar matahari
Kebutuhan sinar matahari juga harus anda perhatikan, karena ada beberapa jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari dengan porsi yang tepat. Jika cuaca sedang ektrim panasnya sebaiknya anda tidak membiarkan tanaman terkena sinar matahari, karena ada jenis tanaman yang membutuhkan banyak penyinaran.

Menganti media tanam
Pergantian media tanam dilakukan jika anda menanam tanaman hias tersebut dengan menggunakan media pot. Pergantian dapat anda lakukan secara berkala sehingga unsur hara yang dibutuhkan tanaman dapat terpenuhi dan menjadi baru lagi. Dan apabila tanaman sudah tumbuh besar sebaiknya anda mengganti potnya dengan ukuran yang sesuai dengan tanamannya.

Baca juga:

  1. Cara mudah merawat bunga dahlia
  2. Panduan Cara Merawat Bunga Bougainvillea
  3. Tanaman hias yang menyerap racun
  4. Menanam bunga matahari hingga berbunga

Tanaman yang baik dan tepat perawatannya pasti akan menghasilkan buah maupun bunga yang baik pula oleh sebab itu kita perlu mengetahui cara-caranya dan beberapa cara diatas adalah yang umum dilakukan agar menjadikan tanaman anda menjadi subur dan menjadi lebih kuat terhadap serangan hama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *