Merawat Tabulampot Dengan Baik dan Benar

Posted on

Merawat Tabulampot Dengan Baik dan Benar – Tabulampot bukan sebuah jenis nama dari tanaman, melainkan merupakan sebuah singkatan dari Tanaman Buah Dalam Pot. Nyatanya banyak sekali sekarang tanaman buah yang bisa kita tanam didalam pot, ini bertujuan agar tanaman mudah untuk dipindah-pindah. Sebenarnya banyak sekali yang dapat kita lakukan agar tanaman buah di dalam pot dapat berbuah dengan cepat.
Melakukan budidaya tanaman buah dalam pot juga dapat memberikan nilai estetika dihalaman rumah anda.

Namun banyak kita jumpai tabulampot yang dibudidayakan hanya untuk menunjukkan kuantitas pertumbuhan daunnya yang lebat tanpa tidak pernah menunjukan kapan tanaman tersebut berbuah meski sudah lama ditanam. Untuk itu anda bisa melakukan cara berikut ini agar tanaman buah dalam pot lebih cepat berbuah.

Merawat Tabulampot Dengan Baik dan Benar

Merawat Tabulampot Dengan Baik dan Benar


Stress air 

Stress air berfungsi untuk merangsang tanaman buah dalam pot berbuah lebih cepat, yang perlu anda lakukan adalah jangan menyiram tanaman tersebut dalam jangka waktu tertentu. Misalnya anda menyiramnya sekali dalam seminggu, atau anda bisa melakukan penyiraman sebulan sekali saja.
Cara melakukan trik dengan stress air dapat anda lakukan dalam waktu tiga bulan saja, tujuannya hanya untuk merangsang tanaman. Kemudian setelah itu anda dapat melakukan penyiraman secara normal seperti biasa yaitu penyiraman setiap pagi dan sore.

Dengan begitu dalam waktu beberapa bulan saja tanaman buah dalam pot anda akan berbuah lebih cepat.

Selain itu juga jangan lupa anda harus memberikan pupuk NPk dengan takaran yang sudah disesuaikan, biasanya setiap satu tanaman membutuhkan satu sendok pupuk. Taburkan secara merata di sekitar tanaman agat daun dan batang tanaman tubuh dengan subur. Cara ini biasanya paling banyak digunakan oleh para penjual tanaman buah dalam pot untuk menarik pembeli.

Intensitas cahaya matahari

Cahaya matahari pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh semua makhluk yang tinggal di muka bumi, tidak terkecuali dengan tanaman buah. Tanaman buah sangat membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk melakukan kegiatan fotosintesis. Yang perlu anda ingat adalah jangan memberikan sesuatu terhadap tanaman secara berlebihan atau terlalu banyak karena dapat menimbulkan hal buruk atau bahkan tanaman bisa mati.

Ada beberapa tanaman buah yang sangat membutuhkan cahaya matahari dalam porsi yang tepat seperti tanaman buah kelengkeng, mangga, ceri dan sirsak. Sedangkan tanaman buah yang membutuhkan cahaya matahari dalam porsi sedang  adalah tanaman buah manggis dan belimbing.
Pemangkasan secara teratur pada tanaman

Pemangkasan secara rutin pada umumnya sangat dibutuhkan oleh tanaman buah dalam pot, terutama melakukan pemangkasan terhadap daun-daun tanaman yang sudah tua. Apabila pemangkasan dilakukan secara teratur maka tanaman buah dalam pot akan terlihat lebih menarik dan kokoh.
Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, sebaiknya anda melakukan kegiatan pemangkasan sejak tanaman mulai di bibit dan di tanam dalam pot.

Pengendalian hama dan penyakit

Pengendalian hama dan penyakit sebaiknya anda lakukan sejak dini. Pilihlah bibit tanaman yang memiliki ketahanan terhadap hama dan penyakit, pemilihan bibit yang tepat dapat membantu anda dalam melakukan perawatan tabulampot.

Langkah dalam melakukan pencegahan hama dan penyakit terhadap tabulampot adalah membersihkan semak berlukar atau rumput liar yang ada disekitar tanaman atau kebun anda. Namun jika tabulampot sudah terserang hama dan penyakit yang anda harus lakukan adalah membuang daun atau ranting yang sudah terserang hama dan penyakit tersebut.

Pada saat tabulampot sudah mulai berbuah anda dapat melingdungi buahnya dengan plastic atau jaring buah, agar buah terhindar dari serangan hama buah. Anda juga bisa mengusir hama tersebut dengan cara menyemprotnya dengan pestisida, namun yang perlu anda ingat pestisida yang digunakan haruslah pestisida organic, karena buahnya nantinya akan anda konsumsi sendiri.

Media tanam dan pot

Pemilihan media tanam yang digunakan juga dapat menunjang tumbuhnya sebuah tanaman, pot yang digunakan pun harus di sesuaikan dengan ukuran tanaman buah yang akan anda tanam. Tanah yang digunakan haruslah tanah yang subur dan gembur, yang lebih penting memiliki unsur yang baik bagi tanaman.

Baca juga:

  1. Menanam bunga matahari hingga berbunga
  2. Cara menanam biji bunga matahari
  3. Cara merawat bunga adenium
  4. Cara merawat bunga levender

Jika tanaman buah dalam pot mulai tumbuh besar  anda bisa mengganti potnya sesuai dengan tanaman yang penting dapat menopang ruang gerak tanaman. Media tanamnya juga harus di ganti jika melakukan pemindahan tersebut, ini bertujuan untuk memberikan nutrisi yang baru bagi tanaman.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *