Menanam dan Merawat Bunga Aster

Posted on

Menanam dan Merawat Bunga Aster –  Bunga Aster merupakan bunga yang asalnya dari Tiongkok dengan memiliki ketinggian 30-70 cm dan tinggi ini merupakan rata-rata dari bunga tersebut. Bunga aster hampir mirip dengan bunga kertas dan bunga matahari. Ciri dari bunga aster adalah memiliki daun bunga yang bersusun dan memiliki banyak warna seperti putih, biru, ungu dan warna lain dengan warna tengah adalah kuning.

Bunga ini cukup memiliki umur yang panjang yaitu satu tahun dan merupakan tumbuhan penting di Indonesia. Dalam satu jabang bunga aser memiliki beberapa cabang yang memiliki kuntum bunga. Aster mudah hidup dan mudah untuk didapatkan dan dirawat.

Bila Anda baru ingin memulai melakukan penanaman munkin perlu beberapa refrensi untuk mengetahui bagaimana kiat-kiat untuk melakukan penanaman sekaligus erawatan yang tepat untuk bunga aster ini. Seperti yang kita tahu setiap bunga memiliki karakter sendiri sehingga jelas ini akan memiliki perbedaan antara penanaman dan perawatannya.

Menanam dan Merawat Bunga Aster

Menanam dan Merawat Bunga Aster


Melakukan Penanaman

  1. Sebelum menanam bunga aster sebaiknya kamu perlu menyiapkan alatnya diantaranya adalah Skop mini , media tanam (tanah humus), wadah media tanam biasanya pot atau polybag, serta air. 
  2. Memilih tempat yang cocok untuk pertumbuhan bunga aster biasanya tempatnya adalah yang memiliki kesejukan namun terkena sinar matahari penuh.
  3. Bila sudah menemukan tempat yang cocok maka siapkan wadah untuk menanam bunga aster yaitu pot atau polybag dengan diisi tanah:kompos:pasir. Perbandingan semuanya adalah 1:1:1 berarti itu sama banyaknya setelah tercamur siram dengan air hingga lembab atau gembur.
  4. Buat lobang pada media tanam yang sudah di buat tadi yaitu di pot atau polybag dengan kedalaman 2-3cm dan tanam biji benih bunga aster.
  5. Bila sudah maka letakkan hasil tanam Anda tadi kedalam ruangan selama 4-6 minggu hingga tanaman mengeluarkan 4 helai daun, dan jangan lupa selama 4-6 minggu tadi anda perhatikan kelembapannya. Bila sudah tumbuh seerti yang dijelaskan maka bisa dipindah ke tempat media tanam baru.
  6. Untuk cara memindahkannya anda tidak erlu mencabut benih yang sudah tumbuh tadi tetapi dengan cara memindahkan sekaligus dengan tanahnya dan letakkan pada tempat yang sudah disiapkan dan yang sudah diberilubang sesuai dengan ukuran tanah pada polybag atau pot.
  7. Bila Anda menanam bunga aster lebih dari satu maka letakkan antara bunga aster yaitu dengan jarak 25cm. 
  8. Usahakan jangan sampai media tanam kering, maka berjagalah untuk menyiramnya dan setidaknya dalam satuhari Anda siram satu kali.
  9. Setelah selesai atau dalam proses pertumbuhan maka jangan lua untuk menaburkan mulsa, mulsa disini bisa menggunakan serpihan plastik atau kayu dengan tujuan menghindari tumbuhnya rumput pengganggu atau gulma.
Melakukan perawatan
  1. Anda siapkan mulsa dengan ketebalan 4-5cm lalu taburi dengan ompos dengan tipis dan merata dan taburkan ada area tanaman bunga aster anda.
  2. Jangan samapai media tanam menjadi kering sehingga anda perlu memperhatikan tanah pada tanaman aster Anda karena bunga aster akan sangat mudah terengaruh bila tanah yang kering
  3. Untuk menyiramnya jangan terlalu basah karena akan tidak baik juga bagi bunga usahakan siram dengan sewajarnya atau cukup membasahi tanahnya saja.
  4. Jika takut bunga aster Anda tidak tumbuh dengan tegak maka tancapkan kayu antara bunga aster anda dan pasan tali untuk memastikan atau membuat bunga aster Anda tumbuh dengan tegak.
  5. Untuk merangsang timbuhnya cabang baru potong ujung batang kira-kira 2-3 cm.
  6. Cabut daun daun pada aster Anda terutama yang sudah layu karena ini bisa menjadi pengganggu
  7. Jika terdapat serangga atau debu pada bunga aster Anda maka semrotlah hingga air dan hama hilang namun jangan terlalu kencang tekanan airnya.
  8. Jika tanaman terdapat siput maka lindungai dengan memberikan pengusir hama yaitu melilitkan kawat atau lempeng tembaga pada bagian tanaman aster seperti batang pangal aster Anda.
Baca juga:
Demikianlah Menanam dan Merawat Bunga Aster tidak begitu sulit bukan Anda hanya butuh mencoba dan mungkin tidak ada kegagalan bila anda mencobanya. semoga bermanfaat

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *