Menanam dan Merawat Anggrek Bulan

Posted on

Menanam dan Merawat Anggrek Bulan – Angrek bulan atau dengan nama latin Phalaenopsis amabilisis merupakan satu bunga nasional Indonesia. Angrek bulan sering di sebut sebagai persona puspa, bunga angrek bulan sendiri pertama kali di temukan oleh orang belanda yang bernama Dr. C. L. Blume. Penyebaran angrek bunga sekarang sudah sampai ke Negara tetangga seperti Malaysia, Filipina dan Australia.

Di habitat aslinya di hutan angrek bulan hidupnya biasa menempek pada batang atau pohon lain. Angrek bulan dapat tumbuh subur di daerah yang memiliki ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Angrek bulan termasuk kedalam jenis angrek monopodial yaitu artinya angrek bulan tidak terlalu membutuhkan sinar matahari untuk menunjang kehidupannya.

Karakter dari bunga angrek bulan adalah memiliki bentuk daun yang memanjang berwarna hijau, sedangkan akarnya memiliki warna putih berbentuk bulat memanjang dan memiliki tekstrur seperti daging. Bunganya sendiri membutuhkan waktu mekar yang cukup lama dan tidak terlalu memiliki aroma harum.

Kelopak bunganya memiliki warna yang varian, yang tidak dimiliki oleh bunga-bunga lainnya. Saat mata kita memandang kelopok bunga angrek bulan benar-benar dapat membuat orang terpesona dengan keindahan bunganya. Dengan keindahan bunga yang dimiliki oleh angrek bulan membuat tanaman hias yang satu ini begitu popular di kalangan pencinta tanaman hias. Selain itu juga angrek bulan dapat mempercantik tampilan rumah anda.

Menanam dan merawat bunga angrek bulan memang gampang-gampang susah. Anda memerlukan cara yang tepat untuk menanam dan merawat tanaman hias ini supaya dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan bunganya. Untuk penanamannya sendiri ada dua cara yang dapat anda praktikan yaitu yang pertama menanam menggunakan media pot, sedangkan yang kedua yaitu menempelkan ke batang atau ranting pohon lain. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini:

Menanam dan Merawat Anggrek Bulan

Menanam angrek bulan dalam pot

  • Pertama memilih pot yang sesuai dengan angrek bulan, biasanya pot yang sesuai untuk digunakan adalah pot ukuran kecil. Anda dapat menggunakan pot plastic, pot tanah, dan pot transparan. Lebih baik anda menggunakan pot transparan karena untuk melihat pertumbuhan akar bunga angrek bulan.
  • Kedua media tanah yang digunakan biasanya menggunakan sabut kelapa atau kayu, pecahan batu bata atau genteng, arang, dan lainnya.
  • Ketiga siapkan kawat atau bamboo untuk menjadi tiang penyanga bibitnya nanti.
  • Untuk penanamnya sendiri anda tinggal memasukan bibit yang sudah anda beli ke dalam media tanam yang sudah siap, usahakan dalam memindahkan bibit jangan sampai merusak akar bunganya.
  • Terahir yang itu mengikat bibit angrek ke kawat atau bamboo yang sudah di siapkan tadi.

Menanam angrek bulan dengan menempel ke ranting atau batang pohon
Karena tanaman angrek bulan pertumbuhannya dengan cara merambat, jadi ada baiknya menempelkan bibit angrek bulan ke ranting atau batang pohon sebagai media tanamnya seperti di habitat aslinya. Cara dengan cara menempelkan bibit ke ranting atau batang pohon kemudian anda dapat mengikatnya menggunakan tali plastic atau rapia. Kemudian dengan sendirinya angrek bulan akan tumbuh, angrek akan beradaptasi dengan menjalarkan helai-helai akarnya ke permukaan ranting atau batang pohon sebagai media tanamnya. Cara ini terbilang lebih mudah di bandingkan dengan menanamnya kedalam pot.

Cara merawat bunga angrek bulan
Dalam perawatannya bunga angrek memang membutuhkan perhatian khusus, jika tidak angrek tidak akan dapat tumbuh dengan baik. Dan berikut ini cara mudah dalam merawat angrek bulan.

  1. Pemupukan – Dalam pemberian pupuk bunga angrek berbeda dengan bunga-bunga lainnya, jika bunga yang lain dalam melakukan pemupukan biasanya di tujukan pada akar tanaman. Sedangkan bunga angrek dalam pemberian pupuk lebih baik di arahkan ke daun. Pupuk yang biasa digunakan untuk bunga angrek adalah pupuk jenis dekastar. Karena pupuk dekastar mampu mempercepat pertumbuhan tunas, dan menyuburkan tanaman. Selain itu anda juga dapat memberikan pupuk NPK. Lakukan cara terbut minimal dua kali sehari yaitu pada waktu pagi dan siang hari. Untuk media tanam menggunakan pot, ketika tunas sudah memenuhi pot dan menyebabkan pot berlumut, itu artinya anda perlu mengganti media tanam dengan yang baru.
  2. Penyiraman – Pada umumnya bunga angrek tidak terlalu menyukai air yang berlebihan. Karena hal ini dapat membuat media tanam basah dan becek sehingga dapat menyebabkan akar bunga membusuk dan rontong. Untuk penyiramnya sebaiknya anda menggunakan teknik sprayer, anda dapat melakukan penyiraman pada waktu pagi dan sore hari. Namun jika musim kemarau sebaiknya penyiraman di lakukan tiga kali sehari.
  3. Penyinaran cahaya matahari – Bunga angrek bulan membutuhkan cahaya matahari cukup banyak sekitar 20% sampai 30% itupun hanya waktu sinar matahari pagi. Jadi jika matahari sudah naik ke atas sebaiknya anda memberikan jaring-jaring atau naungan untuk berteduh bunga angrek. Agar bunga tetap segar dan tidak layu.
Baca juga :
  1. Menanam dan merawat cempaka
  2. Merawat tanaman agar subur
  3. Tips merawat bunga dahlia
  4. Tanaman hias yang merawat racun
Dengan melakukan perawatan dan penanaman dengan baik dan benar maka akan membuat bunga anggrek bulan anda semakin terlihat indah dan pastinya mempercantik taman Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *