Cara Tepat Menanam dan Merawat Bunga Krisan

Posted on

Bunga krisan adalah sejenis bunga hias petik atau potong yang dapat tumbuh lebih dari satu kali. Bunga krisan biasa disebut juga sebagai bunga seruni dan krisantenum, bunga ini bukan berasal dari Indonesia. Melainkan bunga nasional dari Negara Matahari Terbit atau Jepang. Bunga seruni atau krisan biasanya di tanam di pekarangan, memiliki aroma yang wangi sehingga orang jepang biasa menggunakan bunga ini sebagai campuran untuk minum teh.

Di Indonesia sendiri bunga krisan mendapatkan respon yang sangat baik, selain bunganya yang memiliki warna bernuansa hangat dalam berbagai bentuk dan akan mekar dalam beberapa minggu. Selain itu, bunga krisan tergolong sangat mudah untuk dibudidayakan di halaman rumah, dan pot. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara menanam dan merawat bunga krisan baca penjelasannya dibawah ini.

Cara Tepat Menanam dan Merawat Bunga Krisan

Cara menanam  bunga krisan

Pilih lokasi
Lokasi yang tepat untuk menanam atau membudidayakan bunga krisan adalah di daerah yang beriklim tropis. Karena bunga krisan dapat hidup di daerah yang suhunya mencapai 20 sampai 25 derajat C, namun ternyata bunga krisan juga bisa hidup di suhu 170 sampai 30 derajat C, tinggi daerah yang sesuai untuk bunga krisan sekitar 800-1200 meter dpl. Ini karena bunga krisan memerlukan suhu yang lembab, terutama saat proses pembibitan suhu kelembaban harus sekitar 90% sampai 95%, namun jika sudah tumbuh dewasa bunga krisan dapat tumbuh pada suhu 75%.

Persiapan lahan
Lahan yang baik untuk menanam bunga krisan harus memiliki tanah yang gembur dan subur. Anda harus memperhatikan sekali media tanahnya, anda juga bisa menambahkan arang sekam dan pupuk kompos pada media tanamnya untuk mendapatkan lahan yang subur dan gempur. Untuk meningkatkan kesuburan dan tingkat keasaman tanah anda bisa menambahkan dolomit. Bunga krisan juga membutuhkan sistem pengairan yang baik, jadi tanah yang digunakan untuk media tanam harus memiliki daya serap air yang baik juga, sehingga air tidak menggenang di akar yang dapat menyebabkan pembusukan akarnya.

Proses penanaman bibit bunga
Bibit bunga yang akan ditanam haruslah bibit bunga yang berkualitas, bebas dari hama, sehat  dan tentunya berasal dari induk bunga yang berkualitas juga. Setelah anda menyiapkan lahan yang baik dan subur, anda juga sudah memiliki bibit bunga yang berkualitas dan baik juga, kemudian anda bisa menanam bunga krisan dengan jarak bunga antara 70 tan/m2. Sebelum melakukan penanaman ada baiknya anda menyiram terlebih dahulu lahan yang akan di tanami. Proses penyiraman pada awal-awal minggu pertama anda harus menggunakan penyiraman overhead irigasi, namun jika daun-daun bunga krisan sudah saling merapat anda melakukan peyiraman menggunakan drip irigasi.

Penyinaran yang baik
Bunga krisan memang membutuhkan sinar matahari lebih banyak dibandingkan dengan baik, namun jika terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan bunga menjadi tidak segar dan layu. Untuk itu anda harus memperhatikan penyinaran untuk bunga krisan, bila perlu anda menambahkan lampu sebagai penyinaran di malam hari.

Cara merawat bunga krisan

Siram bunga krisan dengan teratur
Melakukan penyiraman bunga krisan secara teratur adalah salah satu cara merawat bunga krisan dengan baik. Penyiraman bunga dapat anda lakukan di pagi hari agar bunga dapat melewati waktu sepanjang hari, namun anda tidak boleh membasahi pohonnya dan jangan lakukan penyiraman pada saat sore hari, karena di waktu malam bunga krisan tidak akan mendapatkan sinar matahari dan air yang menggendap dapat merusak  akar bunganya. Dan hindari juga melakukan penyiraman pada saat matahari terik dan menyengat.

Berikan pupuk
Pemberian pupuk pada bunga dapat membuat pertumbuhan bunga krisan menjadi lebih baik. Namun yang perlu anda perhatikan adalah jika anda menanam bunga krisan pada musim semi maka pemupukan dapat anda lakukan dalam satu kali sebulan, tapi jika penanaman bunga pada saat musim gugur anda tidak perlu melakukan pemupukan.

Lakukan pinching
Pinching atau memetik tunas bunga krisan yang baru saja tumbuh bertujuan untuk memicu tunas-tunas yang baru, sehingga pohonnya akan tumbuh bulat seperti yang anda inginkan dan agar tidak tumbuh tegak lurus. Ini akan membuat pohon bunga krisan lebih menarik dari yang biasanya.
Membantu bunga krisan melawati musim dingin
Bunga krisan yang di tanam di media pot tidak akan sanggup dalam menghadapi musim dingin. Tugas anda adalah membantu bunga krisan untuk melalui musim dingin, caranya anda bisa menambahkan jerami atau potongan kayu disekitar tanaman bunga krisan, tujuannya untuk melindungi akar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *