Cara Merawat dan Menanam Bunga Lavender

Posted on

Cara Merawat dan menanam Bunga Lavender – Lavender adalah salah satu jenis bunga dengan warna bunga bewarna ungu dan termasuk tumbuhan dalam suku Lamiaceae yang setidaknya memiliki 25-30 spesies di dunia. Bunga lavender ini memiliki asal dari selatan laut tengah hingga Afrika tropis hingga ke bagian India. Walaupun bukan asal tumbuhan Indonesia namun tumbuhan ini sangat cocok ditanam di Indonesia sebab mudah untuk di kembangkan dan ri budidayakan.

Selin ciri dengan bunga yang bewarna ungu lavender juga memiliki wangi yang semebrak sehingga memiliki daya tarik sendiri bagi pecinta bunga ini walaupun mudah dibudidayakan namun bunga lavender juga tidak bisa hidup di tempat-tempat tertentu.

Selain dapat kita rasakan keharumannya bunga lavender juga dapat mengusir nyamuk dirumah kita itulah sebabnya mengapa banyak orang memanfaatkan bunga ini sebagai salah satu cara mengusir nyamuk terutama saat musim penghujan dimana genangan air terdapat dimana-mana.

Cara Merawat dan Menanam Bunga Lavender

Menanam dan merawat lavender


Menanam Lavender

  1. Hal pertama untuk menanam bunga lavender adalah menyiapkan wadah, media atau tempat untuk penyemaian bibit bunga lavender.
  2. Bila bibit lavender yang anda tempatkan tadi sudah tumbuh menjadi kecambah maka langkah selanjutnya adalah memindahkannya ke tempat yan lebih besar dengan tujuan agar pertumbuhannya tidak terganggu.
  3. Bila sudah ditempatkan atau di migrasikan ke tempat yang lebih baik maka selanjutnya letakkan di tempat yang merupakan tempat tidak terkena sinar matahari langsung hal ini di karenakan lavender merupakan bunga yang berasal dari temat-tempat dingin yang tidak tahan akan panas,
  4. Untuk tanahnya satu banding satu dengan pupuk kompos jadi harus seimbang dalam penanamanya.
Merawat Lavender
  1. Perawatan yang pertama adalah dengan tidak membiarkan media tanam lavender yaitu tanah kering namun juga jangan terlalu basah intinya kita harus menyesuaikan dan usahakan selalu embab keadaan tanah terutama saat masih dalam proses pembibitan.
  2. Untuk pemupukan sebaiknya ilihlah pupuk kandang atau yang lebih dikenal pupuk kompos sebab jenis pupuk ini lebih bersahabat dan pemupukan cukup dilakukan dua minggu sekali.
  3. Jika pertumbuhan bunga lavender sudah mencapai 10 cm maka sebaiknya lebih ditekankan ke cahaya matahari namun jangan terlalu karena juga seperti yang kita tahu asal mula bunga ini yang tidak begitu bersahabat dengan matahari
  4. Walaupun harus tekena sinar matahari namun juga tetap di letakkan di tempat yang lembab sehingga lebih lama untuk hidup dari bunga lavender itu sendiri.
Baca juga:
  1. Menanam dan merawat bunga aster
  2. Cara merawat bunga kertas
  3. Merawat bunga anggrek supaya berbunga
  4. Menanam tomat dalam pot
Itulah sedikit kilasan mengenai penanaman dan perawatan bunga lavender. Jika memang hobi kita menanam bunga maka ini bukanlah sesatu hal yang memberatkan apalagi memiliki manfaat sebagai saah satu tumbuhan yang tidak disukai oleh nyamuk.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *