Cara Merawat Bunga Anggrek Agar cepat Berbunga

Posted on

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar cepat Berbunga – Anggrek adalah tanaman yang memilii bunga yang begitu indah dan merupakan kalangan atas dari bunga-bunga lainnya. Anggrek sendiri dalam bahasa latin disebut dengan Orchidaceae, tanaman ini memiliki banyak jenis. Dalam melakukan perawatan anggrek memang tidak sulit namun hal ini juga tidak bisa disepelekan butuh pengalaman dan ketreramilan dalam melakukan perawatan. Perawatan yang kurang baik dan cendrung salah akan membuat anggrek sulit untuk berbunga.

Anggrek dapat ditanam atau di budidayakan di banyak tempat karena memang banyak sekali media tanam untuk anggrek yang bisa menjadikan alternatif. Berbicara tentang meawat bunga anggrek supaya cepat berbunga, maka ada beberapa poin khusus yang akan dibahas berkaitan dengan judul. berikut ini adalah beberapa cara merawat bunga anggrek agar cepat berbunga :

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar cepat Berbunga

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar cepat Berbunga


Pengaturan Anggrek
Kiat pertama supaya tanaman anggrek yang Anda sayangi sebaikna memperhatikan pengaturan tanamannya, Maksudnya adalah pengaturan rak-rak anggrek, usahakan anggrek ditanam dengan ketinggian 1 meter dan hindari penempatan yang dapat mengganggu mengalirnya udara. Agar anggrek juga mudah untuk berbunga dibutuhkan kelembapan dengan persentase 60-80%. Jika ingin menjaga kelembapan tetap stabil penanaman anggrek bisa dilakukan dengan membuat kolam di bawah rak anggrek.

Media Tanam
Media tanam menjadi salah satu pengaruh terhadap cepat atau tidaknya berbunga pohon anggrek Anda. Untuk penanaman yang tepat pastikan bunga anggrek tersusun menjadi dua sisi dimana 1/3 dibagian bawah media tanam berisi potongan batu bata dan 2/3 atau sisanya adalah pakis. Tak hanya itu pot juga sangat berpegaruh terhadap bunga yang dihasilkan. Pot yang baik untuk digunakan adalah pot yang terbuat dari tanah dan banyak memiliki lobang.

Penyiraman
Hampir semua tumbuhan membutuhan air tak terkecuali anggrek. Jika ingin anggrek rajin berbunga maka penuhi kebutuhan air tenaman tersebut, apalagi bila cuaca panas dan tidak ada hujan penyiraman yang baik adalah pukul 07.00-09.00 untuk pagi hari dan 15.00-17.00 untuk sore hari. Bila angrek sudah terkena hijan maka tidak lagi dibutuhkan melakukan penyiraman.

Pemupukan
Pemupukan menjadi salah satu syarat penting menjadikan tanaman Anda cepat berbunga begitu juga dengan Anggrek. Banak jenis pupuk yan baik untuk membuat pancingan agar anggrek cepat berbunga namun Anda bisa menggunaan pupuk kompos atau kandang.

Pemberian ZPT/Hormon
ZPT/Hormon yang umum dipakai untuk meningkatkan pembungaan anggrek yaitu Giberelin. Anda juga bisa menggunakan Air kelapa 15% lalu dlarutkan kedalam air 150ml dan disemprotkan ke tanaman anggrek anda.

Hama dan penyakit
Membuat anggrek ceat berbunga adalah salah satu cara dengan membersihkan terutama dari hama dan penyakit. Anda bisa membersihkan kotoran-kotoran yang ada pada pot seperti samah-sampah dedaunan, rumput-rumput atau gulma pengganggu.

Baca juga :

Demikianlah artikel bagaimana cara membuat anggrek cepat berbunga semoga bermanfaat dan dapat menjadikan panduan Anda untuk Anggrek ditaman rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *