Cara Menanam Tomat Dalam Pot

Posted on

Cara Menanam Tomat Dalam Pot – tanaman tomat merupakan salah satu jenis tanaman buahyang mempunyai siklus hidup yang terbilang cukup singkat, kira-kira berusia 4-5 bulanan saja,tetapi pada umumnya dari mulai tanam smpai berbuah sekitar 3 bulanan, tergantung dengan lokasi dan perlakuan. Tinggi batang pohon tomat setinggi 1 ssampai 3 meter. Setelahitu tidak produktif lagi.
Sebagaimana yang kita ketahui, tomat merupakan salah satu jenis sayuran dan terkenal dengan kandungan nutrisinya yang melimpah.

Tomat juga dapat di konsumsi secara langsung, dan tomat juga bisa diolah menjadi jus, saus, dan masih banyak lagi. Selain untuk makanan tomat juga bisa digunakan untuk perawatan wajah. Jenis tomat ada tomat buah, tomat sayur dan tomat cherry. Tomat bisa di tanam dengan menggunakan media tanam yaitu pot dan polybag, bisa juga di lahan terbuka, hdroponik dan taman vertikultur.

Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana menanam tomat dengan media pot atau polybag. Cara menanam tomat di polibag ataupun pot sangat mudah, yaitu:

Cara Menanam Tomat Dalam Pot

Cara Menanam Tomat di Pot


Memilih bibit tomat
Langkah pertama dalam menanam tomat yaitu memilih benih tomat yang baik, agar kelak tanaman tomat dapat berbuah lebat. Pilihlah bibit yang bebas dari hama dan penyakit.
Kriteria bibit yang baik yaitu buag tomat yang benar-benar matang, memiliki ukuran besar dibanding lainnya, tidak terdapat luka cacat atau bekas, memeiliki kepadatan biji yang merata jika dibelah, dan biji tomat tampak besar dan jika direndam tidak terapung.

Menyemai biji tomat
Setelah bibit tomat dipilih, maka langkah selanjutnya yaitu penyemaian bibit tomat. Sebelum itu rendam dulu bibit tomat di dalam air yang sudah dicampur dengan fungisida, fungsinya agar penyakit mau pun hama dapat mati. Setelah itu masukkan benih ke dalam media semai.

Pemilihan pot
pemilihan tempat atau pot sebagai media tanam sangat penting dalam proses penanaman tomat. Pilihlah pot yang terbuat dari tanah, karena pori-pori yang terbuat dari tanah liat lebih mudah ditembus oleh air dan sirkulasi udara yang dibutuhkan oleh akar tanaman tomat. Media tanam yang dapat digunakan yaitu kasih, tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.
Jangan lupa pula untuk melubangi bagian bawah pot, agar air dapat keluar dan tidak menggenang karena bisa menyebabkan kebusukan pada akar tanaman tomat.

Proses penanaman dan perawatan tomat pada pot atau polibag
Setelah proses persiapanselesai, kita dapat menanam tomat pada media tanam yang telah di masukkan pada pot atau plybag. Pencabutan bibit tomat harus dilakukan dengan hati-hati agar akar tomat tidak putus.

Setelah pemindahan anda harus melakukan perawatan pada tomat tersebut, lakukan penyiraman rutin agar pohon tomat tidak kekurangan air, setelah itu cukup dua hari sekali saja. Berikan juga pupuk kompos pada tanaman tomat sekitar satu minggu setelah pemindahan. Jangan lupa untuk memberikan bambu untuk tomat merambat agar dapat tumbuh dengan baik.

Masa panen tomat
Tanaman tomat dalam polybag atau pot sudah bisa dipanen dalam waktu kurang dari 100 hari, pemanenan tomat bisa dibilang cukup cepat. Ciri yang menandakan bahwa tomat bisa dipanen yaitu dari warnanya yang berubah menjadi kekuning-kuningan yang aalnya hijau. Pemetikan hanya dapat dilakukan pada buah yang sudah matang saja, karena tomat tidak berbuah secara serentak. Lakukan pemanenan setiap 2 – 3 hari sekali, untuk menghindari kerusakan tanaman. Dan waktu pemanenan yang baik adalah waktu pagi dan sore hari ketika sinar matahari tidak terlalu terik.

Baca Juga :

  1. Ciri-ciri dan jenis bunga anggrek
  2. Macam macam media tanam anggrek
  3. Tips merawat rumput jepang
  4. Merawat bunga agar tidak layu
  5. Cara menanam bunga anggrek di pot dan tanah

Demikianlah tips untuk menanam tomat. Jika anda ingin menanam tomat untuk menjadikan kebun anda lebih produktif lagi, cobalah tips di atas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *