Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka

Posted on
Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka – Bunga cempaka merupakan tanaman hias yang memiliki ciri khar dan memiliki aroma harum sekali. Bunga cempaka berasal dari Negara india dan asia tenggara ini memang banyak sekali yang menyukainya, selain dapat mempercantik perkarangan rumah bunga juga sangat sedam bila di pandang mata.
Tanaman bunga cempaka termasuk golongan yang memiliki batang keras atau kayu-kayuan. Bunga cempaka dapat tumbuh tinggi dan besar, biasanya tanaman ini memiliki umur yang panjang. Tanaman ini sangat popular sekali di kalangan ibu-ibu, bunga cempaka memiliki warna putih, kuning dan merah. Namun yang paling popular adalah cempaka kuning, sedangkan cempaka merah jarang sekali dapat kita jumpai.
Ada di suatu daerah yang di Indonesia yang menjadikan bunga cempaka untuk melakukan ritual adat maupun sembahyang. Cara penanaman dan perawatan bunga ini sangat mudah sekali, perawatannya tidak akan menyita waktu anda, karena begitu mudahnya. Berikut ini cara menanam dan merawat bunga cempaka.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka
Cara menanam bunga cempaka
Menanam bunga cempaka dapat anda lakukan di media pot, polibet, atau tanah langsung yang ada di halaman rumah anda. Yang perlu di ingat dalam menanam bunga cempaka adalah menanam di area yang mudah terkena sinar matahari. Berikut langkah-langkahnya:
  • Siapkan benih bunga cempaka dapat anda menggunakan biji bunga atau menggunakan bibit bunga cempaka dari cara penyangkokan atau stek.
  • Media tanam yang di gunakan adalah media tanah yang baik , subur dan mengandung unsur hara yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Anda dapat menggunakan tanah berpasir yang baik dengan di campurkan pupuk kompos untuk menambah kandungan nutrisi tanah.
  • Jika anda menggunakan pot atau polibet sebagai wadah untuk menanam bunga cempaka, sebaiknya wadah tersebut memiliki lubang di bagian bawahnya yang tidak terlalu besar. Tujuannya untuk keluarnya air pada saat waktu penyiraman.
  • Lubangi bagian tengah tanah dengan kedalam yang sesuai dengan bibit bunga cempaka, kemudian masukan bibit bunga dan tutup kembali dengan tanah. Janga lupa untuk memberikan tiang penyangga agat dapat berdiri tegak, anda bisa menggunakan kayu atau pun bamboo yang lurus.

Cara merawat bunga cempaka

Untuk perawatan sendiri bunga cempaka tidaklah sulit, ada beberapa cara alternative untuk merawat bunga cempaka agar mendapatkan bunga yang lebih maksimal. Langsung saja berikut ini cara merawat bunga cemapaka.
Pencahayaan sinar matahari
Bunga cempaka merupakan tanaman hias yang membutuhkan asupan sinar matahari yang cukup banyak. Untuk sebaiknya anda meletakan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari baik di pagi hari maupu di sore hari.
Pemupukan secara teratur
Karena memang pohon dari bunga cempaka ini dapat tubuh besar dan batang-batangnya yang keras, tidak menutup kemungkinan bunga cempaka membutuhkan asupan nutrisi dari pupuk yang cukup banyak di bandingkan tanaman hias lain. Anda dapat memberikan pupuk dalam waktu satu sampai dua bulan sekali, pupuk yang dapat anda berikan seperti pupuk organic maupun kimia.
Pengairan bunga cempaka
Pada saat musim hujan anda tidak melakukan penyiraman bunga cempaka tidak apa-apa, karena memang bunga cempaka berbeda dengan tanaman hias lainnya. Namun jika pada waktu musim panas anda harus tetap menyiram bunga cempaka agar dapat tumbuh subur dan memiliki bunga yang sangat cantik dan harum. Jika bunga cempaka kekurangan air maka tanaman akan kering dan bunga tidak akan tumbuh sempurna. Jadi tidak ada salahnya melakukan penyiraman.
Pemangkasan
Untuk pemangkasan bunga cempaka anda dapat melakukan pemangkasan batang-batang atau daun yang sudah layu dan kering saja. Sehingga batang yang baru dapat tumbuh dengan cepat,selain itu anda juga dapat memetik tunas-tunas yang baru tumbuh tersebut.

Baca juga:

  1. Merawat Tanaman agar tumbuh subur
  2. Tips Mudah merawat bunga dahlia
  3. Panduan Cara Merawat Bunga Bougainvillea
  4. Tanaman hias yang menyerap racun
Sekian ulasan mengenai Cara Menanam dan Merawat Bunga Cempaka semoga ulasan singkat ini bermanfaat. Terimakasih

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *