Cara menanam bunga matahari hingga berbunga

Posted on

Cara menanam bunga matahari hingga berbunga – Sesuai dengan namanya, bunga matahari merupakan jenis bunga yang memiliki bentuk seperti matahari yang ada di bumi kita. Bunga matahari termasuk dalam kategori bunga yang cukup mudah untuk ditanam. Dalam menanamnya pun tidak membutuhkan keahlian khusus.

Bunga matahari sangat cocok ditanam diluar ruangan karena ia membutuhkan sinar matahari yang cukup besar. Namun jika anda tidak memiliki area taman yang cukup luas,anda dapat menanam bunga matahari di dalam pot. Anda dapat menanam bunga matahari ini dengan waktu kurang lebih 2-3 bulan,tergantung dari jenis bunga matahari yang kamu tanam dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan bunga. Berikut adalah cara menanam bunga matahari hingga menjadi bunga :

Cara menanam bunga matahari hingga berbunga

Pengenalan Benih

Perhatikan jenis benih bunga matahari apa yang akan kamu tanam. Karena ini nantinya akan menentukan cara perawatannya. Karena setiap jenis benih bunga matahari berbeda perawatannya.

Media Tanam

Pada saat penyemaian pilihlah tanah yang gembur dan susbur agar dapat mengikat air dengan baik karena bunga matahari membutuhkan air dan sinar matahari yang lebih untuk mempercepat pertumbuhannya.

Tunas

Letakkan pot penyemaian ditempat yang hangat minimal 25 derajat celcius dan usahakan tidak terlalu terang. Lakukan penyiraman dua kali sehari pagi dan sore hari. Setelah berumur 3-4 hari maka benih yang kamu tanam tadi akan terlihat sedikit karena sudah tumbuh akar dibawahnya.

Tunas Muda

Setelah benih bunga matahari yang kamu tanam tadi sudah menjadi tunas muda setinggi 5cm maka kamu dapat memindahkan nya agar tunas muda tidak bengkok. Perhatikan tempat penyemaiannya,jangan meletakkan penyemaian didalam rumah karena akan mengakibatkan tunas menjadi tumbuh bengkok karena ia mencari sinar matahari. Pada saat pemindahan tunas usahakan jangan sampai ada akar yang patah.
Tanamlah bunga matahari ditempat yang terkena sinar matahari langsung.

Bayi Tanaman Bunga

Ketika sudah ditanam ditempat terbuka,lindungi bunga bayi bunga matahari dari serangga,hujan dan bahaya kekeringan apabila lupa kamu siram. Perlindungannya dapat menggunakan botol plastic yang dipotong.

Bunga Matahari Memasuki Usia Remaja

Pada saat ini umur bunga matahari sudah memasuki 2 bulan. Pada umur ini berikan pupuk yang maksimal seperti pupuk kandang atau pun NKP.

Memasuki Pertumbuhan Bunga

Memasuki usia 3 bulan maka akan muncul tunas bunga di ujung pucuk tanaman. Potonglah tunas yang tumbuh tersebut karena akan membuat pertumbuhan bunga matahari menjadi tidak efektif.

Bersiap Untuk Mekar
Jika sudah ditahap ini bersabarlah untuk menunggu bunga matahari mekar, karena sebentar lagi bunga matahari akan memperlihatkan warna indahnya

Bunga Matahari pun Mekar
Akhirnya bunga matahari pun mekar dengan baik dan indah.

Pada tanaman dengan tinggi sekitar 1 meter, penggunaan batang bambu untuk penopang tanaman dapat dilakukan. Untuk penyiraman,semakin tinggi tanaman bertambah kurangi pemberian air menjadi 2 hari sekali namun jika cuaca panas atau kering anda bisa menyiram tanaman setiap hari saat pagi atau sore hari.

Baca juga:

  1. Merawat Tabulampot dengan baik dan benar
  2. Cara menanam biji bunga matahari
  3. Cara mudah merawat bunga adenium
  4. Merawat dan menanam bunga lavender

Setelah periode berbunga, tanaman akan menjadi coklat dan menghasilkan biji. Jika anda ingin memanfaatkan biji untuk dikonsumsi sebagai kwaci atau sebagai bibit tanaman baru, maka tutuplah bunga dengan paper bag atau kertas Koran untuk melindunginya dari burung atau pemakan biji lainnya. Potong bunga jika bunga mongering seluruhnya. Demikian cara menanam bunga matahari hingga berbunga. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *