Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Tepat di Pot dan di Tanah

Posted on

Bunga anggrek merupakan tanaman hias yang paling banyak jenisnya di dunia. Semua jenis-jenis anggrek banyak tersebar di seluruh penjuru daerah, terutama daerah yang beriklim tropis. Bunga anggrek merupakan jenis bunga yang sangat mempesona dan indah bagi siapa saja yang meliriknya, bunga ini memiliki ciri khas dalam penanaman dan perawatannya. Bagi anda pencinta bunga hias, anggrek wajib menjadi salah koleksi bunga yang menghiasi perkarangan rumah anda.
Selain bisa menghiasi rumah, bunga anggrek juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang untuk anda yang senang dalam berbisnis bunga, selain mempesona harga bunga anggrek terbilang mahal dibandingkan bunga hias lainnya. Untuk cara membudidayakan bunga anggrek di pot atau di pohon, akan kami beritahu triknya.

Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Tepat di Pot dan di Tanah

Cara menanam bunga anggrek di pot

Pemilihan pot

Dalam pemilihan yang akan digunakan untuk menanam bunga anggrek, haruslah pot yang baru. Kenapa? Karena jika anda menggunakan pot bekas untuk menanam bunga anggrek, ada kemungkinan pot bekas ada bakteri dan sudah ditumbuhi jamur. Jika anda tetap masih ingin menggunakan pot bekas, anda harus membersihkan terlebih dahulu potnya dengan cermat.

Kawat

Kawat digunakan untuk menyanggah bunga anggrek yang akan di tanah di pot. Kawat dipilih karena tanah lama dan kokoh dibandingkan dengan kayu atau bamboo yang mudah patah. Tujuannya adalah agar bunga anggrek dapat tumbuh tegak dan dapat berdiri, jika akar bunga anggrek sudah melekat pada pot anda bisa melepas kawat tersebut.

Media tanam

Media tanam yang digunakan untuk penanaman bunga anggrek adalah serabut kelapa, arang kayu, batu dan potongan pakis.

Cara penanamnya:

Letakan kawat sampai didasar pot dan usahakan berdiri tegak. Masukan batu, arang kayu dan sabut kelapa di dalam pot, kemudian masukan bibit anggrek dan atur akar bunga anggrek usahakan menyebar dan ikat batang bunga anggrek di kawat yang sudah disediakan tadi. Setelah itu gunakan media tanam lainnya untuk menutupi akarnya tetapi jangan sampai menutupi batang bunga. Khusus untuk pot plastik gunakan pecahan genting atau batu bata di paling bawah pot, gunakan seperti dari potnya tujuannya agar menjadi pemberat dan penyaring.

Cara menanam bunga anggrek pada batang pohon

Cara menanam bunga anggrek pada batang pohon terbilang lebih mudah di bandingakan menggunakan pot:

Caranya gunakan batang bunga anggrek, agar batang bunga tidak patah anda bisa mengikat batang bunga pada batang pohon yang sudah anda pilih sebagai tempat bersandarnya. Gunakan tali plastik untuk mengikatnya agar tidak menimbulkan karat pada bunga anggrek ataupun batang pohon. Jika akar bunga anggrek sudah menempel pada batang pohon dengan kuat anda bisa melepaskan ikatannya.

Cara menanam bunga anggrek di tanah

Menyiapkan lubang tanah

Untuk lubang yang akan digunakan dalam menanam bunga anggrek anda dapat membuat lubang dengan kedalam sekitar 10 cm dengan diameter 30 cm. Untuk jarak antar bunga anggrek anda dapat menyesuakan dengan bidang tanah. Janga lupa untuk membuat jalan agar mudah untuk melakukan perawatan bunga anggrek.

Memasang tiang penyanggah/ajir

Tiang penyanggah atau ajir digunakan untuk menopang bunga anggrek agar tidak mudah tertiup angin. Ajir biasanya menggunakan bamboo atau kayu yang lurus, panjang ajir sekitar 2 meter sampai 2,5 meter. Tancapnya anjir sedalam 50 cm ke dalam tanah, tiap lubang biasa menggunakan dua buah ajir.

Pemberian ajir tidak semata-mata hanya menyanggah bunga anggrek dari tiupan angina, ajir juga dapat memberikan kita kemudahan dalam melakukan perawatan seperti pemberian pupuk dan saat melakukan penyiraman bunga.

Cara menanam bunga anggrek

Bibit bunga anggrek yang anda gunakan sebaiknya memiliki tinggi sekitar 30 cm sampai 1 meter jika ingin menanam di tanah. Bibitnya juga harus dari bibit stek anggrek tujuannya agar bunga anggrek lebih cepat berbunga sebulan kemudian.

Menanamnya lubang yang sudah disiapkan tadi diberi pupuk kandang terlebih dahulu, setelah itu masukan bibit bunga anggrek dan ikat batang bunga di tiang penyanggah atau ajir, tutupi akar bunga dengan sabut kelapa sampai menutupi semua akarnya. Jika anda tidak memiliki sabut kelapa anda bisa menggunakan serabut kayu sebagai alternative lainnya.

Baca juga :

  1. Agar Pohon bunga melati subur
  2. Menanam dan merawat tanaman hias
  3. Agar pohon melati cepat berbunga
  4. Menanam dan merawat bunga melati
  5. Menanam dan merawat bunga krisan

Demikanlah Cara Menanam Bunga Anggrek Yang Tepat di Pot dan di Tanah semoga ulasan ulasan diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi pecinta bunga anggrek yang akan menanam atau membudidayakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *