Cara Menanam Biji Bunga matahari

Posted on

Cara Menanam Biji Bunga matahari – Bunga matahari bisa dimanfaatkan sebagai bunga hias dan berbagai fungsi yang sangat baik bagi kesehatan. Bunga matahari diketahui sangat baik untuk menurunkan darah tinggi dan juga mengurangi rasa sakit atau nyeri.

sekarang kami akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana cara menanam bunga matahari dengan menggunakan media biji matahari itu sendiri. Berikut cara-cara untuk menanam biji bunga matahari.

Pemilihan benih bunga matahari
pilihlah atau beli benih bunga matahari yang bagus dan sehat, karena pemilihan ini menentukan kualitas bunga matahari yang nantinya akan tumbuh.

Persiapan Media Tanam Bunga Matahari
Pilihlah area yang terkena sinar matahari langsung karena bunga matahari dapat tumbuh dengan baik, bunga ini harus mendapatkan sinar 6-8 jam perhari. jangan ada objek seperti dinding atau pohon dan lainnya yang dapat menghalangi sinar matahari.
Jangan lupa pula untuk memerikasa drainase dalam tanah agar akar tunggang yang panjang dari bunga matahari tidak busuk dikarenakan tanah yang sangat basah.
Persiapan media tanam untuk biji bunga matahari disiapkan sebelum membuat bibit bunga, agar nutrisi dalam kompos yang di camputrkan dengan tanah dapat  menyatu dengan baik dan subur untuk menanam bunga matahari.

Gemburkan tanah yang akan menjadi media tanam, lalu galilah lubang sedalam 2,5 cm dengan jarak 45 cm anatara satu benih dengan benih yang lainnya. jarak tergantung dengan jenis bunga matahari yang akan kita tanam. Bunga matahari memerlukan jarak atau tenpat luas agar tumbuh dengan baik. Berikan jarak 45 cm pada setiap benih untuk ukuran bunga matahari yang besar, dan jarak 30 cm untuk bunga matahari ukuran sedang.

Masukkan Benih Pada Lubang
Setelah media tanam untuk benih matahari telah siap lalu masukkan benih bunga matahari pada lubang yang telah disediakan dan tutupi dengan tanah pada setiap lubang yang sudah diberikan benih. Agar bunga matahari dapat bermekaran pada waktu yang berbeda maka kalian dapat mengatur masa penanaman bunga matahari dalam beberapa minggu selama musim panas, agar kita dapat menikmati mekarnya bunga matahari lebih lama. dan karena bunga ini tumbuh pada musim panas.
Jika kita tidak memiliki tanah yang luas untuk menanam bunga matahari, sebaiknya jangan tanam bunga matahari terlalubanyak. karena hal ini dapat menyebabkan perebutan nutrisi dalam tanah, dan akan mengakibatkan pertumbuhan yang kurang baik pada bunga matahari.

Campurkan Pupuk
pilihla pupuk organik untuk tanaman bunga matahari anda, berikan lapisan tipis pada area tanaman setelah menanam benih bunga matahari. ini juga digunakan agar mengembangkan batang bunga yang kuat. anda juga bisa mencampurkannya dengan Mulsa yaitu sekitar 7,5 sampai 10 cm untuk membantu tanah menyerap dan mencegah tanah lembab.

Berikan Air Secukupnya
Setelah selesai menanam dan memberikan pupuk secukupnya pada tanaman benih bunga matahari tersebut, maka siramlah tanaman trsebut dengan air secukupnya agar tidak sampai membasahi hingga membanjiri benih bunga matahari yang ditanam.

Setelah selesai dalam proses penanaman benih bunga matahari, jangan luapa untuk selalu merawatnya hingga bunga matahari dapat tumbuh dengan baik dan berbunga. ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menanam bunga matahari yaitu menanam bunga matahari pada saat cuaca hangat, karena bunga matahari tidak cocok pada cuaca dingin, hindari dari gangguan hewan yang suka memakan biji matahari seperti burung dan rusa. buatlah pelindung untuk tanaman ini.
demikian penjelasan tentang bagaimanacara menanam biji bunga matahari, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *