Agar Batang atau Pohon Bunga Melati Subur

Posted on

Menyuburkan Bunga Melati – Salah satu tanaman bunga hias yang paling banyak di gemari adalah Melati yang memiliki ciri batang tegak dan hidup yang menahun. Tanaman melati merupakan jenis dari keluarga zaitun yang merambat. Jenis melati sangat banyak lebih dari 200 spesies tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis. Rata-rata orang membudidayakan melati karena harumnya yang khas. Bunga melati di Indonesia banyak di jadikan sebagai tanda kesucian dan kemurnian oleh beberapa suku dan budaya. Dalam acara perkawinan atau engantin bunga melati menjadi suatu keharusan dari berbagai adat di Indonesia. Melati merupakan nama umum yang terkenal di Indonesia karena biasanya setiap daerah memiliki nama-nama yang berbeda untuk tanaman melati ini.

Bunga melati sangat mudah untuk di budidayakan atau dirawat baik di tanah maupun dalam pot dan perawatanya sama saja. Untuk terlihat indah bunga melati harus tetap berbunga atau sering berbunga jelas ada beberapa tips untuk membuat bunga melati cepat berbuga. Namun tidak hanya itu membuat bunga melati agar cepat berbunga yaitu dengan nenbuat subur batang mauun daunnya yang juga akan berpengaruh terhadap bunga yang di hasilkan.

Agar Batang atau Pohon Bunga Melati Subur

Berikut ini kiat-kiat menyuburkan pohn bunga melati :

Pemberian Pupuk 
Untuk membuat pohon melati Anda subur sebaiknya kiat pertama yang di lakukan adalah memberikan puuk pada batang atau tanah yang ditanami pohon melati. Untuk pemberian pupuk sebaiknya jangan terlalu sering dan yang paling tepat adalah 1-2 bulan sekali dan jangan terlalu banyak kurang lebih 5-7gram perbatang. Dengan pemberian pupuk yang rutin akan memenuhi kebutuhan dari batang melati. Untuk jenis pupuk bisa menggunakan pupuk kompas atau pupuk bahan kimia.

Sinar Matahari Cukup
Memberikan cahaya matahari kepada tanaman Anda sangat penting begitu juga dengan pohon melati yang ada dirumah anda. Jika ingin menanam di tanah tanpa media pot pilihlah temat yang terkena sinar matahari pada pagi hari. Namun bila penanaman yang di lakukan dengan pot Anda bisa meletakan di halaman atau temat-tempat yang terkena sinar mata hari pada pagi hari.

Mencukupi Kebutuhan Air
Memberikan air pada tanaman melati sangat baik di lakukan. Penyiraman dilakukan setelah melakukan penanaman atau sudah memiliki umur yang panjang namun bila musim penghujan dan melati di tanam di tempat yang terbuka tidak perlu dilakukan tetapi bila tidak musim penghujan alias kemarau Anda bisa melakukan hal ini. Penyiraman dilakukan yang baik adalah pada pagi hari da sore hari.

Pemangkasan
Melakukan pemangkasan pada pohon melati juga dapat membuat melati terlihat subur. Pemangkasan akan membuat lebih lebatnya daun. Tidak hanya itu dengan pemangkasan akan membuat batang tidak panjang dan mengganggu sehingga ini akan memaksimalkan pertumbuhan. Anda bisa memangkas batang yang panjang namun sedikit daun atau yang sudah layu dan akan membusuk.

Pembersihan
Melakukan pembersihan ada sekitar area tanam melati juga penting, Anda bisa menyabut rumput-rumput kecil yang tumbuh si sekitaran melati. Biasanya rumput tumbuh dengan subur ketika setelh melakukan pemupukan jadi harus rajin-rajin melihat tanaman Anda yang satu ini.

TIPS : Untuk melakukan pemupukan ada baiknya saat pohon melati belum berbunga atau sudah dipetik karena jika saat berbunga jelas ini akan mengganggu bunga yang kurang sedap karena efek dari pupuk.

Baca Juga :

  1. Menanam dan Merawat Tanaman Hias
  2. Cara Agar pohon melati cepat berbunga
  3. Cara menanam dan merawat bunga melati
  4. Cara menanam dan merawat bunga krisan
  5. Cara menanam bunga kertas

Demikianlah beberapa tips enyuburka pohon melati, Semoga informasi sederhana ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi yang suka akan bercocok tanam dengan bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *