Tips Merawat Tanaman Bunga dalam Pot

Posted on

Tips Merawat Tanaman Bunga dalam Pot – Berkebun tidak selalu membutuhkan lahan yang luas. Jika saat ini Anda berdomisili di area perkotaan dimana kepadatan penduduknya sangat tinggi dan ukuran hunian cukup sempit, Anda bisa berkebun dengan menggunakan media pot. Media ini sangat cocok bagi Anda yang ingin  menanam bunga namun ukuran lahan yang tersedia cukup terbatas. Dengan media pot Anda akan mendapatkan hasil yang tidak kalah maksimal dengan tanaman bunga di perkebunan yang luas. Mau tahu bagaimana caranya? Simak tips berikut ini ya!

Tips Merawat Tanaman Bunga dalam Pot

1. Pilih pot yang sesuai dengan jenis dan ukuran bunga yang akan ditanam. Kriteria pemilihan pot sebagai berikut. 

Ukuran pot

Jika Anda amati antara bunga muda dan dewasa tidak terlalu mencolok perbedaan ukurannya, maka Anda bisa memilih ukuran pot yang tidak terlalu besar. Namun jika antara keduanya perbedaanya terlalu mencolok, Anda bisa menggunakan pot dengan ukuran yang lebih besar.

Bentuk pot

Bentuk pot yang bisa Anda pilih cukup bervariasi. Ada yang bentuknya bulat, segi empat, segi enam, persegi panjang dan lain sebagainya. Silahkan pilih sesuai dengan selera Anda. Akan tetapi satu hal yang harus dimiliki pot tersebut adalah memiliki lubang drainage di bagian bawahnya. Lubang ini akan membantu proses pernafasan tumbuhan dan juga bisa digunakan untuk jalur menyiram air.

Bahan pot

Terkait bahan pot Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jika Anda ingin yang simple, tidak berat dan ekonomis, Anda bisa memilih bahan pot dari plastik. Sebaliknya, jika Anda ingin bahan yang lebih berat dengan kesan yang elegan, bahan pot dari semen lebih direkomendasikan.

Peletakkan pot

Ada sebagian orang yang lebih suka dengan desain pot gantung yang diletakkan di plafon teras rumah. Desain tersebut biasanya dipakai untuk bunga merambat dengan gerakan batang yang tumbuh menjulur ke bawah. Nah, jika Anda ingin meletakkan pot ini diatas sebaiknya pilihlah jenis pot yang lebih ringan agar tidak membahayakan keselamatan Anda dan juga memudahkan Anda untuk mengambilnya.

2. Proses pengepotan

Isi pot dengan medium tanaman lebih kurang sepertiga dari total volume pot. Setelah itu, ambil tanaman sembari menyertakan sedikit medium awalnya lalu letakkan tanaman tersebut di medium yang baru. Kosongkan 2 cm bagian atas pot untuk memudahkan proses penyiraman.

3. Proses penyiraman

Proses penyiraman dengan pot sebaiknya dilakukan melalui lubang drainage pada bagian alas pot. Untuk memudahkan proses tersebut, pasang pipa pada lubang drainage sehingga medium tidak tergenang air tetapi kebutuhan atas air tetap terpenuhi.
Selain cara itu, bisa juga dilakukan dengan menaruh pipa kecil pada bagian atas medium tanaman. Alirkan air sebanyak yang dibutuhkan.

4. Pencahayaan

Jika Anda meletakkan pot tersebut di dalam rumah atau di tempat yang teduh, sesekali keluarkan pot agar terkena cahaya matahari agar tanaman tampak lebih segar. Lakukan ini setiap satu minggu sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *