Merawat Bunga Mawar agar Tumbuh dan Berbunga

Posted on

Bunga mawar adalah bunga yang penuh makna. Bunga ini seringkali dipakai untuk mengutarakan berbagai bentuk perasaan kepada seseorang, entah itu rasa tulus, rasa cinta, persahabatan, kebencian dan kemarahan, dan lain sebagainya. Selain itu, dalam kehidupan sehari-hari bunga mawar juga sering digunakan untuk hiasan yang mempercantik halaman rumah kita.

Bahkan ada sebagian besar dari kita yang hobby mengoleksi bunga mawar dengan berbagai macam warna. Mengoleksi tanaman bunga mawar tidak hanya sekedar hobby tetapi jika ditekuni terus-menerus, maka peluang untuk mengkomersilkan bunga yang Anda senangi ini cukup besar. Jika Anda ingin tahu bagaimana caranya merawat tanaman bunga mawar agar tumbuh subur dan berbunga, berikut tipsnya!

Merawat Bunga Mawar agar Tumbuh dan Berbunga

1. Siram secara teratur
Salah satu nutrisi yang diperlukan tanaman berasal dari air. Oleh karena itu, selalu sempatkan diri untuk menyiram bunga mawar Anda setiap hari. Jika pada musim panas, siramlah dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Jika cuaca sedang dingin maka cukup sekali siram di pagi hari saja. Dan pada waktu musim penghujan, Anda tidak perlu menyiramnya lagi karena kebutuhan air telah digantikan oleh air hujan.

Perlu diingat bahwa maskimal waktu penyiraman yang baik di pagi hari adalah sebelum jam 9. Siramlah bunga mawar tersebut tepat di bagian tanahnya yang akan diserap oleh akar dan di angkut ke seluruh bagian tubuh bunga oleh jaringan xilem.

2. Letakkan di tempat teduh
Bunga mawar adalah tanaman yang tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Jika cuacanya sangat terik dan langsung mengenai tubuh mawar bunga ini akan rawan kering. Letakkan di tempat teduh. Jika Anda memang ingin membudidayakannya, siapkan pula penaung seperti yang sering Anda temui di taman bunga.

3. Beri pupuk
Selain kebutuhan air dan sinar matahari, tanaman juga memerlukan pupuk. Penggunaan pupuk organik yang berasal dari pupuk kandang (kotoran hewan) lebih dianjurkan. Namun bila tidak tersedia pupuk kandang, Anda bisa menggantinya dengan pupuk NPK atau pupuk buatan yang kaya akan unsur nitrogen. Nitrogen adalah nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan vegetatif sedangkan kalium dalam pupuk ini akan mendorong pembuahan dan pembentukan bunga.

4. Berantas gulma
Gulma adalah tanaman liar yang tumbuh subur di sekitaran tanaman utama. Bersihkan gulma tersebut agar kebutuhan nutrisi dan unsur hara bunga mawar tercukupi. Selain itu, Anda juga bisa menyemprotkan cairan pestisida maksimal 2 x seminggu atau satu bulan sekali.

5. Potong ranting dan daun yang kering
Saat memotong daun dan ranting mawar yang kering, pastikan Anda menggunakan gunting yang tajam. Jangan memotong bagian tersebut dengan cara miring melainkan guntinglah dengan posisi lurus.

Itulah 5 tips sederhana merawat bunga mawar yang bisa Anda terapkan di kediaman Anda. selamat mencoba!

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *