Cara Mudah Menanam Bunga Kertas

Posted on

Cara Mudah Menanam Bunga Kertas – Bunga kertas merupakan tanaman hias yang paling popular di kalangan masyarakat. Karena keindahan bunganya yang rimbun dan banyak sekali memiliki pilihan warna, ada merah, kuning, putih, ungu dan lainnya. Bunga kertas memiliki nama ilmiah yaitu Bougainvillea, bentuk pohonnya berukuran kecil yang bisa tumbuh tegak dan yang membuatnya begitu popular adalah cara merawatnya yang terbilang sangat mudah sekali.

Bunga Bougainvillea berasal dari benua amerika serikat yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia. Tanaman ini biasanya di tanam di taman dan halaman rumah untuk mempercantik halaman rumah. Tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah di daerah yang beriklim tropis, dalam membudidayakan bunga kertas agar tumbuh dengan cepat dan baik. Dapat menggunakan teknik penanaman yang bisa dilakukan atau dengan cara teknik stek, teknik sambung putus atau bisa menggunakan teknik pembibitan, namun teknik pembibitan biasanya akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Untuk cara menanam bunga kertas yang perlu kita perhatikan adalah media tanamnya yang baik seperti tanah yang gembur, baik, subur dan memiliki pH yang normal serta memiliki unsur hara yang baik untuk segi pertumbuhan tanaman bunga kertas. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara menanam bunga kertas yang baik dan benar.

Cara menanam dengan teknik stek batang

Cara menanam dengan teknik stek batang ini merupakan teknik yang paling banyak sekali digunakan. Seperti yang digunakan pada bunga melati, dalam teknik stek batang anda dapat memilih batang yang sudah terlihat dewasa, kemudian anda bisa memotong batang yang sudah dipilih tadi dengan bentuk menyerong dan runcing. Setelah itu anda bisa menancapkan batang tersebut ke media tanam dengan kedalaman maksimal lima centimeter. Cara menanam bunga kertas dengan menggunakan teknik stek batang lebih baik anda lakukan pada saat pagi hari atau malam hari, karena pada waktu itulah tingkat harapan untuk hidup dan berhasil tumbuh tunas sangat tinggi.

Cara menanam dengan media campuran

Cara menanam bunga kertas dengan media campuran ini dapat anda lakukan dengan cara mencampur media tanamnya dengan pasir. Karena tanaman bunga kertas sangat menyukai dan dapat tumbuh dengan baik jika di tanam di media tanah yang di campur dengan pasir. Media pasir sangat cocok dengan bunga kertas karena memiliki sifat porous, yang dapat menjadi media tanam yang memiliki pori-pori dan lubang kecil yang dapat berfungsi sebagai keluar masuk udara dan aliran air. Metode ini sangat baik sekali digunakan karena bisa menjaga tingkat kelembaban media tanah dan mempengaruhi pertumbuhan bunga kertas, lebih baik lagi jika anda menggunakan pasir sepertiga dari tanah dan posisikan pasir di paling bawah.

Cara menanam dengan teknik sambung pucuk

Cara menanam Bungan kertas dengan menggunakan teknik sambung pucuk memang sangat popular dan paling banyak dilakukan oleh orang. Karena dengan menggunakan teknik sambung pucuk kita bisa mendapatkan beragam warna di dalam satu pohon bunga kertas, pada umumnya menanam dengan menggunakan teknik ini perlu memiliki keahlian karena tingkat kegagalannya yang sangat besar, namun tidak ada salahnya juga anda mencobanya. Teknik sambung pucuk biasanya dilakukan dengan cara menyambungkan cabang bunga muda kejenis bunga kertas yang lainnya ke cabang bunga kertas yang sudah berusia dewasa. Jika berhasil dia akan menyatu dan tumbuh pada batang utamanya.

Cara merawat dan memilihara bunga kertas

Menjaga kelembaban tanah dengan baik
Menjaga kelembaban tanah dapat dilakukan dengan memilih media tanam yang baik dan memiliki undur hara untuk pertumbuhan tanaman bunga kertasnya.

Melakukan penyiraman dua kali sehari
Melakukan penyiram secara teratur juga sangat bermanfaat untuk menjaga media tanah agar tidak mudah kering. Anda hanya perlu melakukan penyiraman pada saat pagi hari dan sore hari.

Memangkas dengan teratur
Agar bunga kertas terlihat lebih indah dan teratur anda dapat melakukan pemangkasan ranting-rantingnya. Anda hanya perlu memangkas ranting yang sudah tumbuh memanjang dan daun yang tumbuh dengan rimbun agar tanaman terlihat lebih indah serta tetap memperhatikan factor estetika tanaman bunga kertas.

Melakukan pemupukan
Setiap tanaman yang hidup pasti memerlukan pupuk untuk meningkatkan pertumbuhannya. Tidak jauh beda dengan tanaman lain, bunga kertas juga memerlukan pupuk untuk menjaga kesuburan. Anda bisa menggunakan pupuk organic ataupun pupuk anorganik, tapi untuk lebih baiknya anda menggunakan pupuk organic saja. Pemupukan yang ideal dapat dilakukan selama sebulan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *