Cara Merawat Tanaman Bunga di Halaman Rumah

Posted on

Cara Merawat Tanaman Bunga di Halaman Rumah – Tanaman bunga adalah tanaman hias yang digemari oleh kaum Hawa mulai dari anak-anak hingga lansia. Rumah tinggal dikatakan indah dan sempurna jika memiliki cukup halaman dengan beragam tanaman bunga yang ditata secara rapi dan tumbuh subur. Tidak hanya di halaman rumah, saat ini telah banyak dirancang taman indoor dengan beragam bunga yang ditanam secara langsung di tanah atau di masukkan ke dalam pot.

Bunga memiliki banyak arti. Seringkali bunga digunakan sebagai media untuk mengungkapkan perasaan yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata. Selain itu, bagi para pecinta bunga yang kebetulan juga berbakat menjadi enterpreneur akan menjadikan bunga ini sebagai media untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Apapun tujuannya, apakah Anda hanya ingin mengoleksinya di rumah atau pun ingin dikomersilkan, cara sederhana dalam merawat bunga berikut ini bisa Anda terapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Merawat Tanaman Bunga di Halaman Rumah

1. Sinar matahari dan udara yang cukup
Tanaman apapun jenisnya akan memerlukan air, udara, dan cahaya matahari. Ketiga elemen tersebut membantu dalam proses fotosintesis dimana tumbuhan akan mendapatkan makanannya yang dipakai untuk proses pertumbuhan. Jika tanaman bunga Anda berada di taman terbuka pastinya sudah mendapatkan cukup sinar matahari dan juga udara. Namun jika tanaman Anda berada dalam pot dan Anda letakkan di dalam rumah, sebaiknya sesekali Anda keluarkan agar keadaan bunga lebih segar.

2. Penyiraman secara rutin
Setiap hari tumbuhan membutuhkan air untuk proses pembentukan makanan. Siramlah tanaman bunga Anda dua kali sehari di pagi dan sore hari. Usahakan untuk tidak menyiramnya lebih dari jam 9 pagi sebab ini justru akan membuat bunga Anda gampang loyo dan kering. Menyiram tanaman bunga juga harus melihat situasi dan kondisi. Penyiraman bisa dimaksimalkan di musim kering sedangkan pada saat musim penghujan penyiraman tidak perlu dilakukan karena telah digantikan oleh air hujan.

3. Proses pemangkasan
Agar tanaman bunga Anda tampil cantik dan tertata rapi segera lakukan pemangkasan pada bagian cabang maupun batangnya. Ini juga akan membantu mempertahankan tanaman dari serangan hama dan merangsang terbentuknya cabang dan ranting-ranting baru.

4. Proses pemupukan
Pemupukan tanaman bunga sebaiknya dilakukan dengan pupuk berbahan organik yaitu pupuk yang berasal dari kotoran hewan. Selain itu, pupuk buatan yang disarankan apabila tidak tersedia pupuk kandang adalah pupuk NPK. Nitrogen di dalamnya adalah unsur hara utama yang sangat dibutuhkan tumbuhan sedangkan kandungan kaliumnya memicu proses pembentukan bunga dan buah.

5. Proses penggantian pot
Jika Anda menanam tanaman bunga dalam pot, maka lakukan pengantian pot lebih kurang 3-4 bulan sekali. Salah satu tujuannya adalah untuk mengganti medium tanahnya dan juga membersihkan akar tumbuhan yang biasanya menjadi sarang semut. Pot yang kecil tidak akan muat jika tanaman bunga Anda telah tumbuh besar.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *